5 MANFAAT VCO UNTUK KUCING DAN CARA PENGGUNAANNYA

5 MANFAAT VCO UNTUK KUCING DAN CARA PENGGUNAANNYA

Moms, sudah tahu tentang VCO atau virgin coconut oil? Bahasa Indonesianya, minyak kelapa murni. Apa itu VCO? Virgin Coconut Oil atau sering disingkat menjadi VCO adalah minyak kelapa murni yang terbuat dari bahan baku kelapa segar. Kemudian, diambil minyaknya atau bagian kernelnya. Minyak ini kemudian diproses dengan proses pemanasan terkendali atau bahkan tanpa melalui proses pemanasan. Minyak kelapa murni tidak mengandung bahan kimia dan RDB (Refined, Bleached, and Deodorized) sehingga aman untuk dikonsumsi oral maupun digunakan untuk bagian luar tubuh. Namun, tahukah Anda jika VCO tidak hanya dapat dimanfaatkan pada tubuh manusia? Ya, VCO merupakan minyak multifungsi yang bahkan bisa digunakan untuk merawat dan menjadi obat untuk kucing kesayangan Anda.

Mengutip dari kucingpedia.com, berikut merupakan manfaat VCO untuk kucing dan cara penggunaannya.

VCO untuk kucing

1. Menghilangkan bau

Meskipun kucing selalu menjilat badannya sendiri sebagai caranya ‘mandi’ (kecuali jika kucing sakit parah), tetapi ada kalanya kucing Anda berbau tidak sedap. Memandikan kucingpun sebaiknya tidak boleh terlalu sering, sekitar 2-3 minggu sekali. Moms bisa mengoleskan VCO pada tubuh kucing agar terhindar dari bau tidak sedap. Wangi alami dari minyak kelapa murni memberikan bau yang menenangkan.

Selain diaplikasikan pada tubuh kucing, VCO juga dapat digunakan untuk membersihkan gigi  dan mulut kucing agar tidak berbau dan lebih sehat. Mulut kucing rentan berbau tidak sedap, maka dari itu VCO dapat digunakan untuk menetralisir baunya. VCO memiliki aroma yang menenangkan. Moms tidak perlu khawatir jika VCO tertelan oleh kucing karena VCO aman, bahkan untuk konsumsi oral.

2. Melebatkan dan melembabkan bulu kucing

VCO terkenal sebagai bahan untuk melembabkan kulit dan melebatkan serta merawat rambut pada manusia. Tidak hanya terbatas di manusia, efek melembabkan VCO pun berlaku pada bulu kucing.  Minyak kelapa murni mengandung asam lemak jenuh berupa asam laurat yang mempermudah penyerapan ke dalam batang rambut bulu kucing sehingga kelembaban bulu terjaga serta terhindar dari kerusakan. Selain itu, asam laurat juga merupakan stimulan pertumbuhan sel baru sehingga kerontokan bulu dapat berkurang dan memberi kesan bulu yang lebih tebal.

3. Menyembuhkan luka

Moms, pernah melihat kucing peliharaan terluka karena dicakar oleh kucing lainnya? Atau karena main dan kulitnya tergesek benda tajam (misal duri dan sebagainya) sehingga berdarah? Meskipun luka pada kucing tidak parah, tetapi jika tidak segera diobati, luka tersebut bisa menjadi sarang bakteri dan jamur yang akan menginfeksi dan memperparah luka. VCO dapat menjadi solusi untuk mengobati luka pada kucing.

Caranya, bersihkan luka pada kucing terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan air hangat, air campuran antiseptik, atau dengan rivanol. Kemudian, olesi VCO pada luka kucing. Lakukan hal ini secara rutin, misal 2 – 3 kali dalam sehari hingga luka pada kucing membaik.

4. Mencegah dan mengobati penyakit kulit

Kulit kucing rawan ditumbuhi jamur dan diinfeksi bakteri jika tidak dijaga kebersihannya. Masalah jamur merupakan salah satu masalah paling lumrah jika Moms memelihara kucing. VCO dapat digunakan untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit kulit pada kucing. Kandungan asam laurat dan turunannya, monolaurin, dapat  membunuh patogen seperti bakteri, virus, dan jamur. Oleh karena efeknya tersebut, maka VCO dijuluki sebagai antimikroba, antivirus, dan antijamur.

5. Mengobati mencret

Selain dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, VCO juga dapat mengobati mencret pada kucing. Bagaimana caranya? Berikan 1 ml VCO untuk dikonsumsi oleh kucing. Jika mulut kucing susah dibuka, Anda dapat membeli suntikan kecil tanpa jarum atau pipet, lalu memberikan VCO lewat suntikan/ pipet tersebut ke mulut kucing. Setelah itu, jangan berikan makan pada kucing selama 12 jam. Namun, tetap beri kucing minum agar tidak kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

VCO dapat mengobati mencret ringan pada kucing. Akan tetapi, jika kondisi kucing mencret dan tak kunjung sembuh, kemungkinan mencret tersebut menandakan kucing menderita sakit tertentu. Sebaiknya, segera Anda periksakan kucing peliharaan ke dokter hewan terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Ternyata, VCO sangat multifungsi ya, Moms. Bahkan bisa menjadi obat untuk hewan peliharaan kita. So, yuk pesan VCO dari Eka Farm untuk persediaan P3K di rumah agar Anda tidak perlu kelabakan jika keluarga maupun kucing Anda sewaktu-waktu membutuhkannya.

BACA:

Khasiat VCO untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

VCO Mengobati Leukimia dan Aids

Tinggalkan Balasan