Bagi Anda Yang Diabetes… Coba Aja Beras Coklat

Bagi Anda Yang Diabetes… Coba Aja Beras Coklat

Menurunkan level insulin mungkin juga berkontribusi terhadap efek-efek perlindungan dari whole grain.

Di banyak orang, resiko penyakit atherosclerotic cardiovascular, diabetes dan obesitas itu berhubungan dengan resistensi insulin. asupan whole grain yang tinggi itu berhubungan dengan peningkatan sensitivitas terhadap insulin dalam studi-studi populasi dan percobaan-percobaan klinis. Kenapa?

Sebab whole grain meningkatkan sensitivitas insulin dengan menurunkan glycemic index dari diet sambil meningkatkan kandungan serat diet, magnesium, dan vitamin E nya.

Baca Juga: Beras Coklat Untuk diabetes 2

Deskripsi

Beras adalah salah satu makanan terpenting di dunia, menyuplai sebanyak setengah dari kalori harian bagi separuh populasi dunia.

Jika ditanya mengenai jenis beras yang mereka kenal, orang-orang mungkin akan mampu untuk mengingat satu atau dua jenis. Padahal, sebenarnya ada sangat banyak jenis beras—lebih dari 8.000 varietas.  Tidak heran jika di negara-negara Asia, misalnya Indonesia, beras itu begitu berharga sehingga arti dari kata “ingin makan” itu secara harfiah berarti “ingin makan beras.”

Seringkali, beras itu dikelompokkan menurut ukurannya sebagai short grain, medium grain atau long grain.

Short grain, yang memiliki kandungan starch tertinggi, menghasilkan nasi terlengket, sedangkan long grains itu lebih ringan dan cenderung tetap terpisah saat dimasak. Kualitas medium grain berada diantara kedua jenis.

Nama ilmiah untuk beras adalah Oryza sativa.

Cara lain untuk mengelompokkan beras adalah menurut tingkat penggilingannya. Inilah yang membuat beras coklat berbeda dibanding beras putih.

Beras coklat, yang seringkali disebut sebagai beras utuh atau beras cargo, itu adalah whole grain dengan hanya bagian kulit terluarnya saja yang dibuang. Beras coklat masih mempertahankan bran dan germ nya yang kaya akan gizi.

Sebaliknya, beras putih, itu sudah digiling dan dipoles, yang membuang bran dan germ beserta semua gizi yang berada di kedua lapisan penting ini.

 

Tinggalkan Balasan