Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur – Kualitas tidur yang tidak baik yang disebabkan karena terlalu sering begadang dapat berpengaruh terhadap aktivitas sehari – hari seperti, menurunkan daya tahan tubuh, produktivitas menurun, kurangnya konsentrasi, serta emosi tidak stabil. Tapi hal tersebut minimal 1 jam sebelum tidur, olahraga teratur 3 sampai 4 kali dalam seminggu minimal 30 menit.

Banyak faktor yang eksternal dan kurangnya pemahaman mengenai dampak dari kebiasaan begadang yang menyebabkan kualitas menjadi buruk. Sehingga masyarakat khususnya remaja masih mengatakan tentang pentingnya menjaga kualitas tidur yang baik.  Hindari beberapa Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur berikut in : 

 

Kelelahan 

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur yang pertama adalah kelelahan. Salah satu faktor yang sering dialami oleh beberapa orang. Kelelahan akan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Semakin lelah seseorang maka akan semakin kurang kualitas tidurnya

 

Lingkungan

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur yang kedua adalah lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan ketika anda tidur seperti temperatur tempat tidur, ventilasi, penerangan ruangan, dan kondisi kebisingan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur yang baik. 

Kondisi suhu yang buruk dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada diri seseorang. Temperatur atau suhu yang panas maupun dingin, serta ventilasi yang buruk dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka. Pada umumnya, mereka yang merasakan kegerahan maupun kedinginan dapat memicu gangguan pada saat akan tidur saat mereka sedang tidur. 

 

Gaya Hidup

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur yang ketiga adalah gaya hidup. Faktor ini biasanya sering dialami oleh orang yang bekerja shift dan sering berubah sifatnya harus mengatur kegiatan agar dapat tidur pada tepat waktu yang tepat. Keadaan rileks sebelum istirahat merupakan faktor yang berpengaruh terhadap seseorang untuk dapat tidur.

Salah satu gaya hidup yang mempengaruhi kualitas tidur adalah kebiasaan penggunaan gadget. Gadget atau yang biasa lebih dikenal sebagai telepon genggam ini dapat memacu seseorang untuk tetap aktif dalam menggunakan perangkat tersebut hingga larut malam. Sehingga menyebabkan kan banyak orang yang terjaga hingga larut malam yang seharusnya waktu tersebut digunakan untuk istirahat.

 

Olahraga

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur yang keempat adalah olahraga. Kebiasaan olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dapat berperan serta mengatur siklus tidur seseorang. Mereka yang kurang dalam beraktivitas olahraga akan memicu seseorang menjadi sulit untuk masuk pada fase kedalam tidur. Selain itu seseorang yang biasa berolahraga maka akan lebih mudah untuk tidur dan dapat mengatur pola tidur yang lebih baik.

 

Obat – obatan dan alkohol

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur yang kelima adalah obat – obat dan alkohol. Beberapa obat – obatan yang mengandung diuretic menyebabkan insomnia, anti depresan akan mem supersi kualitas tidur. Dan juga seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi alkohol sering kali mengalami gangguan tidur. 

 

Merokok

Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur yang terakhir adalah merokok. Merokok merupakan suatu kebiasaan yang pada umumnya dapat ditemukan dalam kehidupan sehari – hari. Nikotin dalam rokok mempunyai efek menstimulasi tubuh dan perokok seringkali mempunyai lebih banyak kesulitan untuk bisa tidur dibandingkan dengan yang tidak merokok. dengan menahan tidak merokok setelah makan malam, orang biasanya akan tidur lebih baik. Banyak perokok melaporkan pola tidurnya menjadi lebih baik ketika mereka berhenti merokok. 

 

Nah, itu dia Faktor Yang mempengaruhi Kualitas Tidur. Jika anda mengalami susah tidur saran saya anda dapat minum VCO LAITCO dari EKA FARM. anda dapat membeli VCO LAITCO melalui Whatsapp 0811-2650-296 atau kunjungi website kami di PRODUSEN VCO YOGYAKARTA

Tinggalkan Balasan