Kandungan VCO

Kandungan VCO

Kandungan VCO- Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah minyak yang dibuat dari bahan kepala murni dengan proses yang unik, sehingga bisa menjaga kandungan zat-zat penting didalamnya tetap utuh.

Menurut beberapa referensi, kandungan utama dari vco ini terdiri dari kurang lebih 90 persennya adalah asam lembak dengan struktur rantai sedang. Asam lemak rantai sedang ini ternyata diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Sederhananya, asam lemak rantai sedang ini bisa langsung lolos dari proses-proses pencernaan dalam lambung, pankreas dan sebagainya. Kandungan terbesar dalam komposisi zat-zat penting dalam minyak kelapa murni (vco) ini adalah asam laurat, yang diketahui memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan.

Hampir separuh dari komposisi zat-zat yang terkandungan dalam vco adalam asam laurat. Asam laurat ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur serta sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Asam lemak rantai sedang lainnya yang terdapat dalam vco adalah asam kaprat, asam kaplirat dan asam kaproat.

Pada umumnya semua jenis asam lemak rantai sedang ini memiliki fungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, anti virus bahkan anti kanker.

Berikutnya, vco juga banyak mengandung polifenol. Senyawa organik ini diketahui memiliki manfaat sebagai zat antioksidan, sehingga sangat baik bagi proses regeneras sel-sel tubuh yang telah rusak. Polifenol dapat mengurai kandungan kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya menyumbatan dalam pembuluh darah.

Berikutnya, VCO juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Jenis vitamin lain yang terkandung dalam vco adalah vitamin K. kedua jenis vitamin ini sama-sama memiliki sifat sebagai zat anti oksidan yang sangat baik dalam proses regenerasi sel tubuh, terutama sel-sel kulit. Vitamin E dan K dapat menjaga kelembaban dan kesegaran kulit. Minyak kelapa murni (VCO) juga mengandung asam lemak yang dapat berfungsi sebagai antijamur.

Kandungan VCO- Menurut Hasil Penelitian

Hasil kromatografi gas spektrometri massa, asam lemak yang terkandung dalam VCO tersebut yaitu asam kaproat (0,187%), asam oktanoat (1,12%), asam siklopropanapentanoat (0,54%), asam laurat (32,73%), asam miristat (28.55%), asam palmitat (17,16%), asam oleat (14,09%), dan asam stearat (5,68%). Asam lemak jenuh dan tidak jenuh dalam VCO terbukti dapat menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans.

VCO mendukung sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi minyak kelapa bisa membantu melawan penyakit karena kandungan anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau infeksi apapun, cobalah mengonsumsi minyak ini.

VCO baik untuk kesehatan kardiovaskuler. Walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi menemukan bahwa memakan virgin coconut oil tidak memiliki efek merugikan untuk jantung. Sebaliknya, virgin coconut oil dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *