Catat Makanan untuk Diet, Efektif Kurangi Berat Badan

Catat Makanan untuk Diet, Efektif Kurangi Berat Badan

Makanan untuk diet – Diet memang menjadi suatu kebiasaan baru yang tidak mudah bagi sebagian orang. Jika pada saat belum diet kita masih bisa makan apa saja, namun ketika menjalani diet kita menjadi terbatas pilihan makannya. Namun poin pentingnya bukan itu. Melainkan bagaimana kita bisa memilih makanan untuk diet. Memilih makanan saat diet ini penting sebab di sini kita dituntut makan yang enak namun juga tetap aman untuk program diet kita. Oleh karena itu artikel ini akan rekomendasikan beberapa makanan yang cocok dikonsumsi ketika menjalani diet atau penurunan berat badan. 

Bagi sebagian orang merasa bahwa berat badan menjadi masalah yang serius jika kelebihan. Sehingga mereka memutuskan untuk menjalani diet agar berat badan menjadi seimbang kembali sehingga mudah melakukan aktifitas sehari-hari. Ada banyak tahapan diet yang harus kita jalani. Salah satunya adalah mengatur pola makan dan juga porsinya. Namun diet bukan sekadar menjaga pola makan dan porsinya saja. Melainkan juga mengatur asupan gizi yang benar-benar hanya dibutuhkan oleh tubuh. Kita tak boleh makan makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sebab zat makanan yang tersisa tersebut berpotensi menjadi simpanan lemak jenuh di dalam tubuh. Oleh karena itu ketika menjalani diet anda harus tahu apa saja makanan untuk diet yang cocok anda konsumsi. 

Dalam artikel soal makanan untuk diet ini kita nanti tak hanya membahas soal makanan saja melainkan juga soal gaya hidup apa yang harus kita terapkan ketika menjalani diet. Lalu artikel ini juga akan bagikan tips kepada anda agar selalu kenyang setiap saat. Ketiga hal pokok itulah yang menjadi penentu dalam program diet kita. Jika salah satunya belum anda pahami maka itu menimbulkan potensi diet anda gagal dan tidak berhasil. Oke tanpa berlama-lama lagi mari kita bahas soal apa saja sebaiknya makanan untuk diet agar bergizi seimbang dan cukup. 

menu makanan untuk diet

 

Menu Makanan Untuk Diet Sehat

Makanan adalah sumber kehidupan bagi banyak manusia di dunia. Namun makanan juga bisa menjadi sumber penyakit jika masuk ke dalam tubuh tanpa kontrol. Di sinilah pentingnya menjalankan program diet. Supaya diet kita bisa berjalan lancar maka anda harus tahu apa saja makanan untuk diet. Inilah beberapa rekomendasi makanan yang bagus mendukung program diet anda. 

  • Sayuran Hijau

Pertama tentu saja sayuran hijau. Segala sayuran yang berwarna dasar hijau patut menjadi makanan pokok anda ketika menjalankan program diet. Sebab sayuran hijau ini tinggi akan serat sehingga bisa mengganjal perut anda saat kenyang. Pengganjal perut ini penting sebab ketika anda lapar maka cenderung untuk makan makanan yang berat seperti nasi dan gula. Jika itu anda lakukan maka program diet anda menjadi terganggu. Oleh karenanya jika anda diet sebaiknya konsumsi sayur yang lebih sebab bisa menjadikan tubuh anda sehat dan tetap langsing. 

  • Telur Rebus

Telur rebus juga salah satu sumber protein yang murah dan gampang kita temukan. Jika anda diet maka usahakan tetap memakan telur minimal satu butir dengan cara direbus. Konsumsi telur ini bisa menjaga asupan protein anda. Cukupnya asupan protein bisa membuat program diet anda berjalan lancar. Sebab anda menjadi tidak gampang lapar ketika menjalani diet. Memakan telur rebus ini juga bagus untuk anda karena putih telurnya bisa menjadi pengganti nasi. Pun kandungan karbohidrat dalam putih telur tak sebanyak dengan yang ada di nasi jadi tetap aman. 

  • Ikan Salmon

Lalu makanan untuk diet selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah ikan salmon. Jadi ikan salmon ini mempunyai kandungan protein tinggi dan lemak yang tidak begitu tinggi. Sebuah kombinasi yang cocok bagi anda yang hendak menjalani program diet. Tingginya protein bisa membuat anda tidak gampang lapar. 

  • Kacang-kacangan

Bagi anda yang tidak mau ribet dan ingin gampang maka makanan berupa kacang-kacangan ini patut menjadi opsi ketika menjalani diet. Sebab kacang-kacangan bisa menjadi sumber protein sekaligus pengganti nasi. Misalnya anda konsumsi kacang hijau atau kedelai maka itu bisa menjadi sumber protein yang tinggi. Efek kenyangnya juga menyamai nasi. Jadi makanlah cukup kacang kacangan jika menjalani program diet ini. 

  • Ikan Tuna

Lalu makanan untuk diet selanjutnya adalah ikan tuna. Jadi ini sama seperti salmon alias sama sama mempunyai kandungan protein yang tinggi. Di sini jika anda makan tuna setara dengan makan banyak protein. Maka dari itu makanan ini patut menjadi selingan ketika anda diet. Namun jangan sampai setiap hari karena kandungan lemaknya juga cukup banyak di ikan tuna ini. 

  • Dada Ayam

Kadang kita menemukan banyak orang yang sedang menjalani program gym sering memakan dada ayam guna menurunkan kadar lemak dan memperberat massa otot. Ini tidak ada salahnya anda coba saat menjalani program diet. Dada ayam adalah salah satu bagian daging ayam yang tinggi protein. Asupan gizi anda menjadi tercukupi jika anda memakan dada ayam. Di sini anda bisa membuat makanan berupa gorengan dada ayam ataupun dengan dibuat semur. Itu menjadikan program diet anda lancar tanpa harus menyingkirkan kenikmatan. 

  • Daging Sapi Tanpa Lemak

Lalu makanan untuk diet selanjutnya yang bisa menjadi opsi anda adalah daging sapi tanpa lemak. Kita tahu bahwa daging sapi adalah sumber protein hewani yang utama. Meskipun tak setinggi yang ada di ikan laut tapi makanan ini juga bagus untuk metabolisme dan pembentukan otot anda. Semakin besar massa otot anda maka semakin berkurang pula lemak sehingga  berat badan anda menjadi turun. 

  • Daging Domba

Sama seperti daging sapi, maka daging domba juga bisa menjadi pilihan anda ketika diet. Jangan takut tinggi kolesterol asalkan anda memasak dagingnya tanpa santan. 

  • Alpukat

Alpukat adalah makanan untuk diet yang andalan. Sebab selain enak, makanan ini juga tinggi protein sehingga anda tetap bisa merasakan kenyang ketika menahan tidak makan nasi. Namun anda tidak boleh mencampurnya dengan gula ketika konsumsi. 

  • Kentang dan Ubi Rebus

Jika anda diet juga bisa mencoba opsi kentang serta ubi rebus untuk menggantikan posisi nasi. Makanan ini juga enak untuk kita konsumsi karena mudah dan murah. 

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa dalam jumlah yang tidak kebanyakan juga bisa menjadi bahan makanan untuk diet lho. Asalkan anda bisa mengolahnya menjadi sesuatu yang enak dikonsumsi dan rendah kalori. 

  • Buah-Buahan

Tentu saja buah buahan adalah makanan untuk diet yang utama. Buah buahan mengandung serat yang tinggi sehingga menjadikan anda tetap kenyang saat diet. Anda bisa membuatnya menjadi jus. Namun kalau ingin membuatnya tetap tinggi serat sebaiknya anda tidak mengolahnya melainkan memakannya apa adanya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet

 

makanan untuk diet seminggu

Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Selain menjaga pola makan ternyata kita juga harus menerapkan beberapa kebiasaan baru ketika diet. Ibaratnya makanan untuk diet itu harus dijaga namun kita juga tak boleh melupakan pola hidup untuk mendukung program diet. 

Berikut beberapa pola hidup sehat agar diet anda berjalan lancar dan berhasil. 

1. Menghitung Kebutuhan Kalori

Bila program diet anda selama ini sering hancur karena gagal makan makanan bergizi seimbang maka tidak ada salahnya anda mengatur kebutuhan kalori. Kebutuhan kalori ini bisa anda hitung dengan beracuan pada berat badan. Jadi tiap orang kebutuhan kalorinya berbeda beda. Jika anda tahu kebutuhan kalori anda tiap hari maka bisa menentukan berapa banyak makanan yang sebaiknya anda konsumsi setiap hari. 

2. Mengatur Porsi Makan

Anda juga harus bisa mengatur porsi makan. Dalam artian ketika siang hari anda bisa makan dalam jumlah yang lebih banyak. Namun ketika malam anda harus mengatur atau mengontrolnya agar makanan yang anda konsumsi tidak menjadi cadangan dalam badan yang mengganggu diet anda.

3. Mengatur Jadwal Makan yang Teratur

Ketika diet maka jadwal makan anda harus paten dan teratur. Anda tidak bisa sembarangan makan di luar jam yang sudah anda tentukan apalagi memakan makanan berat tinggi kalori atau karbo.  Ada baiknya anda mengatur jam makan sekaligus menunya. Misal untuk pagi lebih banyak kandungan karbonya sedangkan siang lebih banyak kandungan protein lalu untuk malam lebih banyak kandungan vitamin. Semua itu harus terjadwal dan sesuai hitungan kalori di atas. 

Baca Juga : Pentingnya Mengatur Jam Makan Pada Saat Diet

4. Makan Pelan-pelan

Makan dengan pelan juga bisa menjadi pola hidup sehat anda ketika diet. Jadi ketika kita makan secara pelan maka makanan akan tercerna dengan sempurna sehingga pencernaan anda tak begitu bekerja terlalu ekstra. 

Berbeda jika anda makan dengan cepat. Hal itu bisa membuat banyak zat makanan tak tercerna dengan sempurna sehingga membuat terbuang percuma dan bahkan mengendap dalam tubuh. Bahan makanan yang mengendap dalam tubuh bisa menjadi pemicu obesitas. Tentu hal ini akan merusak program diet anda bukan?

5. Olahraga Teratur

Ketika memutuskan untuk diet maka anda harus membuat resolusi untuk berolahraga secara rutin. Sebab dengan berolahraga bisa membuat kalori anda terbuang sehingga tidak menyebabkan timbunan dalam tubuh. Minimal anda berolahraga sebanyak dua kali sepekan itu sudah cukup untuk membuat program diet anda berjalan lancar. Selain itu olahraga juga bisa membakar lemak dalam tubuh anda. Jika lemak terbakar secara rutin maka potensi obesitas bisa kita minimalisir. 

6. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ketika anda menjalani diet maka tidak boleh sering begadang. Sebab dengan begadang bisa membuat siklus istirahat anda terganggu. Jika siklus istirahat terganggu maka potensi untuk menjadi kegemukan itu semakin tinggi. Selain itu anda juga harus mulai menjaga tidur cukup, misalnya dengan tidur 8 jam sehari. Jika kekurangan itu juga tidak baik karena menyebabkan metabolisme dalam tubuh terganggu. Jika kebanyakan juga bisa menyebabkan badan anda menjadi jenuh karena tidak ada kalori yang terbakar. Jadi semuanya harus seimbang terutama soal gaya hidup ini. 

Itulah beberapa gaya hidup yang harus mulai anda terapkan ketika menjalani diet. Kalau pola makan tidak diimbangi dengan pola hidup maka sama saja bohong. Keduanya harus berjalan sempurna dan beriringan. 

Plus dalam artikel  ini akan kami share juga soal cara agar perut anda selalu terasa kenyang saat menjalani diet. 

Menu untuk diet seminggu

Cara Agar Kenyang Lebih Lama Saat Diet

Anda sering merasa kelaparan ketika diet? Diet yang sebenarnya menggembirakan ini jangan sampai membuat anda merasa tertekan. Oleh karenanya kami akan share soal tips bagaimana tetap merasa kenyang meskipun tidak makan nasi di saat diet. Bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga tuntas. 

Yang perlu anda perhatikan adalah ketika menjalani diet anda sudah harus menerapkan kedua aspek di atas. Jika ternyata nanti anda tetap merasa kelaparan maka anda bisa terapkan beberapa tips berikut ini. Semoga berhasil. 

1. Pilih Makanan yang Padat atau Bervolume

Makanan untuk diet yang bagus adalah makanan yang padat atau bervolume. Ini berarti bukan anjuran bagi anda untuk makan makanan yang mengandung kayu atau besi ya. Di sini anda bisa memakan makanan yang berat namun tinggi protein dan rendah lemak. Contohnya adalah telur rebus atau kentang. Bisa juga jika anda menyukai rebung maka makan rebung adalah solusi untuk makanan yang padat dan bervolume.

Anda juga bisa memakan makanan yang mengandung karbo namun tidak begitu tinggi kandungannya seperti jagung atau ketela. Semua itu begitu mudah anda dapatkan dan proses pengolahannya pun tidak begitu sulit. Selain itu bahan makanan tersebut juga enak dan nikmat untuk kita konsumsi ketika diet. 

2. Menambah Asupan Protein

Lalu anda juga bisa menambah asupan protein jika ingin diet tanpa rasa lapar yang berarti. Jika anda makan makanan tinggi protein maka potensi lapar itu semakin kecil. Mungkin di awal diet kalian akan merasa kelaparan karena belum makan nasi. Namun jika anda bisa survive dan bisa mencari makanan pengganti maka itu adalah sebuah keberhasilan. 

Cara menambah asupan protein itu bisa berasal dari daging, alpukat, maupun sayuran tinggi protein. Semuanya gampang untuk kita olah menjadi makanan yang nikmat. Catatannya adalah meskipun semua makanan itu tinggi protein tapi jangan sampai memakannya kebanyakan. Sebab kelebihan protein juga tidak baik untuk tubuh. Secukupnya dan sewajarnya saja.

3. Menambah Asupan Serat

Untuk menahan dan mengganjal rasa lapar itu bisa anda atasi dengan memakan makanan yang mengandung tinggi serat. Contohnya yang paling gampang adalah sayuran dan buah buahan. Tidak ada salahnya anda ngemil buah buahan untuk menjaga perut tetap kenyang. Namun pilihlah buah buahan yang sekiranya rendah gula seperti buah pear atau anggur. Jangan makan buah buahan yang tinggi gula seperti mangga atau semangka. Semua itu bisa menjadi pengganjal dari rasa lapar ketika anda diet. 

Untuk sayuran utamanya anda bisa memilih sayuran yang terdiri dari sayur berwarna hijau seperti bayam, daun singkong, atau kangkung. Semuanya membuat tubuh anda cukup serat sehingga bisa mengganjal perut dari rasa lapar yang menyerang. Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus atau bahkan membuatnya menjadi tumis. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan untuk diet yang bisa anda coba ketika menjalani program diet. Tidak hanya makanan yang harus anda perhatikan tetapi juga pola hidup dan siasat jitu mengalihkan rasa lapar. Kombinasikan ketiganya menjadi kebiasaan baru anda. Insyaallah diet anda akan lebih gampang dan tidak terasa memberatkan. 

Untuk membiasakan diet memang tidak mudah. Di sini anda bisa melakukan percobaan atau challenge selama 21 hari pertama. Jika selama itu anda bisa menjalankan ketiga tips di atas maka bisa kami pastikan anda akan berhasil di bulan bulan selanjutnya. Selamat mencoba.Semoga artikel dapat membantu masalah kamu dan dan dapat bermanfaat untuk kedepannya. Jika kamu sedang diet dan mencari makanan yang masih bisa kamu konsumsi saat diet hubungi Minka atau Hubungi nomor 08112650296

 

Tinggalkan Balasan