RESEP BUBUR TEPUNG GARUT

RESEP BUBUR TEPUNG GARUT

Pernah mencoba memakan umbi garut atau makanan yang terbuat dari tepung garut? Kali ini Eka Farm akan membagikan resep sederhana bubur tepung garut untuk Moms. Bubur ini bebas gluten yang menjadi musuh anak autis dan penderita gangguan pencernaan seperti celiac serta diare. Oleh karenanya, bubur ini relatif aman dimakan semua kalangan mulai dari usia muda hingga tua. Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, apa itu tepung garut.

Apa itu tepung garut? Jenis tepung ini terbuat dari ekstrak pati tanaman umbi garut (Maranta arundinacea L.). Jika Anda memiliki masalah pencernaan ataupun ingin menghindari tepung terigu, tepung dari umbi garut dapat menjadi opsi sehat alternatif pengganti tepung terigu karena sifatnya yang bebas zat gluten atau gluten free. Tepung garut bersifat mudah dicerna oleh sistem pencernaan dibandingkan dengan tepung lainnya. Tepung garut juga digunakan untuk pengobatan penyakit iritasi usus. Selain itu, tepung garut juga dapat membantu mengobati diare. Yuk, langsung saja Moms kita coba buat olahan tepung garut sederhana, yaitu bubur tepung garut.

Bahan bubur:

  • 3 sdm tepung garut (larutkan dalam air)
  • 100 gram gula arens, sisir halu (Anda dapat menggantinya dengan gula semut)
  • 450 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Bahan kuah/ juruh:

  • 4 sendok makan santan kental (bisa ganti dengan fiber crème)
  • ½ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat:

  1. Masak kuah terlebih dahulu agar kuah sudah mendingin saat bubur tepung garut matang. Masukkan semua bahan kuah/ juruh ke dalam panci. Masak dengan api sedang dan aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata. Sisihkan kuah.
  2. Untuk memulai membuat bubur tepung garut, rebus 400 ml air, gula aren yang telah disisir menjadi tipis-tipis (atau gula semut) dan sejumput garam. Masak dengan api sedang dan aduk hingga larutan berubah warna menjadi kecokelatan. Matikan kompor.
  3. Masak dan panaskan kembali air gula yang telah dimasak tadi. Masukkan campuran tepung garut dengan 50 ml air ke dalamnya dan tambahkan dain pandan. Aduk hingga adonan tercampur rata, kemudian matikan api. Saat kondisi panas, bubur akan terlihat agak encer, tetapi saat sudah lebih mendingin, bubur tepung garut akan mulai mengental.

Cara penyajian:

Masukkan bubur tepung garut ke dalam mangkung hingga 3/4 mangkuk terisi, kemudian siram dengan kuah hingga bubur tepung garut terendam.   Resep bubur tepung garut di atas dapat membuat 2 porsi bubur tepung garut. Jika Anda ingin membuat dalam porsi yang lebih banyak, Anda hanya perlu menambah bahan sesuai dengan perbandingan resep ini.

Apa saja nutrisi yang ada dalam bubur tepung garut?

Tepung garut dapat menjadi sumber karbohidrat harian yang aman bagi keluarga Anda.  Zat pati tepung garut banyak mengandung saponin dan flavonoid (antioksidan) yang berguna untuk membantu tubuh melawan efek negatif dari radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Kandungan asam folat yang tinggi dalam umbi garut (bahan dasar tepung garut) pun dapat menunjang kebutuhan nutrisi harian. Zat ini umumnya sangat dibutuhkan untuk ibu hamil guna mendukung tumbuh kembang janin. Dalam 100 gram umbi garut terdapat 338 mg atau 84% dari total kebutuhan harian asam folat. Asam folat berperan penting dam periode prakonsepsi dan masa kehamilan guna membantu mencegah cacat tabung saraf serta malformasi kongenila lainnya pada janin.

Garut mengandung vitamin B kompleks, seperti niasin, thiamin, piridoksin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin B kompleks tersebut terikat sebagai subtrat untuk enzim karbohidrat, protein, dan metabolisme lemak dalam tubuh.

So, masih ragu-ragu mencoba tepung garut? Jangan takut Moms, Anda dapat menjajalnya dalam porsi sedikit terlebih dahulu. Pastikan tepung garut yang Anda gunakan 100% terbuat dari pati garut, bukan campuran dengan pati singkong. Pilih tepung garut organik untuk menjamin kemurnian dan keamanan tepung garut yang Anda dan keluarga konsumsi.

 

 

Tinggalkan Balasan