Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan – Jaman sekarang ini mempunyai berat badan yang lebih sudah tidak asing lagi. Hal tersebut tentunya tak terlepas dari polahidup tidak sehat yang dijalani serta tuntutan jaman yang serba instan dan cepat. Maka jangan heran jika saat ini makanan cepat saji semakin ngetren dan digemari. Padahal menurut penelitian para ahli makanan cepat saji ini merupakan salah satu faktor penyebab berat badan berlebih.

Sayangnya, juga banyak orang yang menginginkan tubuh ideal walaupun pola makannya tidak benar. Demi mewujudkan impiannya, banyak orang yang memiliki berat badan yang dirasa tidak ideal akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Cara diet sehat tidak hanya membuat Anda mendapatkan berat badan ideal, tapi juga memiliki tubuh yang sehat. Ada banyak cara yang bisa ditempuh sebagai langkah menjalankan tips diet sehat mulai dari yang berat sampai yang ringan, mulai dari yang berdampak besar sampai yang hanya memberi dampak kecil saja.

Kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan ini sebenarnya terletak pada tekad masing-masing individu. Maka dari itu dukungan sosial dari orang-orang terdekat juga sangat berperan penting. Nah, berikut tips diet sehat menurunkan berat badan yang baik dan benar dan yang tidak menyiksa.

Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

1. Jangan Lewatkan Makan Pagi

Sebagian besar orang awam yang belum mengerti tentang diet dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan mereka cenderung untuk tidak melakukan sarapan. Padahal pemahaman yang seperti itu merupakan kesalahan besar dalam program diet.

Melewatkan sarapan merupakan kesalahan yang berdampak besar pada keberhasilan diet. dampak dari tidak sarapan adalah melambatnya metabolisme tubuh yang mana akan berdampak pada kesuksesan diet anda. Maka dari itu tetap lakukan sarapan namun dengan makanan yang kaya serat, protein, dan gizi, seperti sayuran, putih telur, serta susu.

2. Mengunyah Makanan dengan Benar

Tips diet sehat yang benar yang satu ini munngkin sering tidak di perhatikan. Sebisa mungkin kunyah makanan dengan benar. Oleh karena itu, mengunyah dengan benar dapat membantu Anda merasa kenyang dan tidak makan berlebihan.

Contohnya Anda harus bisa mengatur durasi makan. Misalnya dalam waktu 15 Anda menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan metode ini, Anda dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses penyampaian sinyal kenyang menuju otak.

3. Kurangi Konsumsi Garam

Dalam hal ini mengkonsumsi garam hanya dikurangi saja, bukan berarti sama sekali tidak mengkonsumsi garam. Karena pada dasarnya tubuh membutuhkan garam.Mengurangi konsumsi garam merupakan salah satu cara diet sehat yang terkenal ampuh. Mengapa demikian? Konsumsi sodium berlebihan bisa membuat tubuh kesulitan untuk memproses metabolisme lemak. Tentu, Anda tidak mau perut dan pipi terus menggembung kan? Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah Anda pun bisa ikut terkontrol.

4. Rajin untuk Berolahraga

Jangan mimpi ya kalau diet Anda bisa berhasil tanpa berolahraga. Apapun jenis diet Anda harus juga di imbangi dengan berolahraga. Guna berhasil mencapai berat badan idaman, menyeimbangkan kalori yang masuk dengan kalori yang dibakar merupakan hal yang penting.

Luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga, dan lebih aktif. Misalnya dengan lari selama 150 menit per minggu, beralih menggunakan tangga dibandingkan lift, atau rajin berjalan kaki karena berjalan kaki memiliki banyak manfaat. Olahraga tidak hanya dapat membantu cara diet sehatmu, tapi juga bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, terutama organ jantung.

5. Menjadikan Apel sebagai Cemilan

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah apel berkontribusi banyak dalam proses cara diet sehat. Sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh Anda untuk menahan nafsu makan. Selain itu, apel juga mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan siap membuat Anda tetap bertenaga. Konsumsi apel paling tidak dua kali sehari sebagai cara diet sehat, jangan lupa untuk ikut memakan kulitnya karena terdapat banyak serat di sana.

6. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Cara diet sehat didasari dengan memerhatikan asupan nutrisi. Tubuh setidaknya membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang Anda butuhkan. Pilihlah buah yang cocok untuk diet, dan konsumsi secara rutin. Anda cukup membagi porsinya ke dalam beberapa waktu. Misalnya pada saat sarapan atau makan siang. Anda juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam.

Penyebab Kegagalan Dalam menurunkan Berat Badan

Kurang Tidur

Pola tidur yang benar dapat mempengaruhi program menurunkan berat badan. Normalnya manusia tidur 8 jam sehari atau minimal 7 jam sehari. Sedangkan jika Anda tidur kurang dari 7jam akan memicu tubuh menjadi cepat lapar serta menjadikan resistensi insulin dimana resistensi tersebut akan membuat tubuh menyimpan banyak lemak.

Balas Dendam Setelah Olahraga

Kesalahan fatal yang sering menjadi faktor kegagalan diet namun tidak disadari yaitu “balas dendam” setelah berolahraga dengan makan berlebihan. Setelah berolahraga biasanya tubuh memang merasa lebih lapar karena kalori dalam tubuh telah dibakar.

Telat Makan

Hal ini sering dianggap sepele oleh yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Padahal ketika Anda menahan lapar kemudian Anda makan akhirnya porsi yang di makan malah lebih banyak dari yang seharusnya.

Baca Juga:
Jenis Diet Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *