Anda Vegan? Kenali Manfaat dan Resiko nya

Anda Vegan? Kenali Manfaat dan Resiko nya

Ekafarm.com – Menjadi vegan adalah ketika dalam daftar menu makannya tidak ada daging-daging yang bisa dikonsumsi. Vegan ini merupakan jenis vegetarian yang paling ketat karena benar-benar hanya memakan buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Beberapa vegan juga menerapkan gaya hidup yang benar-benar menghindari penggunaan barang-barang dari hewan, seperti pakaian yang terbuat dari wol, kulit hewan, maupun sutra.

Baca Juga: Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Jadi Vegan memberikan banyak manfaat, diantaranya ialah:

  1. Menurunkan berat badan

Reed Mangels, seorang ahli gizi sekaligus dosen Ilmu Gizi di University of Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan bahwa diet vegan adalah solusi untuk menurunkan berat badan dengan hasil nyata. Hal ini dikarenakan pangan nabati mengandung lebih sedikit kalori daripada bahan pangan hewani. Selain itu, asupan serat tinggi dari buah dan sayuran akan membuat lebih kenyang.

  1. Menghidari dari penyakit jantung

Dengan menjadi vegan akan menghindarkan dari penyakit jantung. Karena mengonsumsi makanan dari nabati akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang akan menyebabkan penyakit jantung.

Jual Makanan Vegan

  1. Menurunkan risiko kanker

Penyakit kanker yang sudah tidak asing di telinga masyrakat ini dapat menyerang siapapun, apabila pola makannya tidak dijaga. Seorang vegan yang dilakukan dapat menurunkan risiko kanker yang merupakan penyakit bahaya. Seorang vegan dipercaya dapat menurunkan risiko kanker dikarenakan dalam sayuran dan buah-buahan mengandung banyak zat gizi yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Salah satu kandungan zat gizi yang ada dalam sayuran dan buah-buahan adalah fitokimia kompleks yang telah diketahui berguna mencegah kanker. Fitokimia adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab pembentukan sel kanker.

Dari berbagai manfaat diet vegan pastinya ada juga beberapa resiko yang dihasilkan pula

Banyak orang pasti berpikiran bahwa diet secara vegan itu baik, asupan gizinya tetap tercukupi. Eits, tunggu dulu. Tidak semua diet yang dilakukan itu akan menyehatkan untuk tubuh, misalnya diet vegan ini. Orang yang melakukan diet vegan pasti akan kehilangan komponen penting yang tidak terdapat dalam pangan nabati, misalnya vitamin B12 yang hanya terdapat dalam protein hewani.

Salah satu resiko yang akan ditimbulkan oleh para diet vegan apabila ada beberapa vitamin yang tidak terpenuhi  adalah terkena anemia ini diakrenakan kurangnya zat besi yang terdapat dalam pangan hewani.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *