Jangan Salah! Ternyata Vegan vs Vegetarian Itu Beda

Jangan Salah! Ternyata Vegan vs Vegetarian Itu Beda

Ekafarm.com РVegan dan Vegetarian merupakan sama-sama  jenis diet. Namun, banyak orang tidak mengetahui vegan dengan vegetarian ini berbeda karena kebanyakan orang melihat dari namanya antara vegan dan vegetarian hampir sama. Sehingga kebanyakan orang melihat baik itu vegan dan vegetarian itu sama-sama diet yang memberikan keharusan untuk mengonsumsi sayuran dengan menghindari daging. Untuk lebih mengetahui perbedaan antara vegan dan vegetarian, mari kita tenggok satu persatu antara vegan dan vegetarian.

Vegan dan Vegetarian Bedanya Apa?

Veganisme adalah gaya hidup yang peduli dan menjalani kehidupan tanpa eksploitasi hewan. Baik itu penolakan untuk mengonsumsi hewan, untuk memakan makanan dari hewaan, mengenakan pakaian dari bahan hewan, serta penolakan uji coba pada hewan. Orang-orang yang mempraktikkan gaya hidup veganisme disebut dengan vegan. Berbeda dengan diet vegetarian, diet vegan bisa dibilang sebagai jenis vegetarian yang lebih ketat. Ketika menjalani diet vegan juga harus menghindari gelatin, madu, albumin, protein dan beberapa bentuk vitamin D3. Seorang vegan pun juga menghindari pakaian yang berbahan sutra, wol, dan kulit.

Vegetarian bisa diartikan sebagai seseorang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas. Meskipun vegetarian merupakan diet yang menghindari dari mengonsumsi makanan yang dari hewan. Namun diet vegetarian masih mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju atau susu.

Meskipun keduanya sama-sama memberikan manfaat kesehatan namun secara spesifik manfaat yang dihasilkan dari diet vegan antara lain kesehatan jantung, enyehatkan kardiovaskuler karena terhindari dari lemak dan kolesterol dalam makanan, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu dalam memerangi diabetes, mencegah kanker payudara  serta degeneratif tulang yang terkait dengan usia, artritis atau osteoporosis. Sedangkan diet vegetarian ini memberikan manfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, membantu menurunkan berat badan, mengurangi kemungkinan terkena kandung kemih serta masalah batu empedu.

Jadi, sudah tau perbedaan dari vegan dan vegetarian kan. Untuk mengawali diet, baik secara vegan maupun vegetarian tetap harus melakukannya secara bertahap dan menyesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jangan sampai memaksakan tubuh sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh.

Baca Juga : Tips diet enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *