APA ITU BERAS MENTIK WANGI SUSU?

APA ITU BERAS MENTIK WANGI SUSU?

Beras mentik wangi susu – Pagi, Moms. Sudah siap untuk menghadapi dan menaklukan hari ini? Tentunya, jangan lupa penuhi kebutuhan karbohidrat Anda dan keluarga untuk penuhi sumber energi tubuh. Pernah mendengar atau melihat beras mentik wangi susu di pasaran? Beras satu ini patut dipertimbangkan untuk minimal sesekali mengisi menu makan Anda karena rasa, tekstur, dan wanginya yang khas. Selain itu, beras ini pun mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Yuk, langsung simak ulasannya.

Apa sih, beras mentik wangi susu?

Jika Anda pernah mendengar jenis beras mentik wangi ataupun jenis beras mentik susu, maka Anda sudah selangkah lebih dekat untuk mengetahui tentang beras mentik wangi susu. Beras jenis ini merupakan beras organik produk pertanian unggulan Jawa Tengah, khususnya Magelang. Meskipun merupakan varietas beras lokal, karakteristik dan kualitas berasnya sebanding dengan beras premium.

Seperti namanya, beras mentik wangi susu adalah perpaduan antara beras mentik wangi dengan beras mentik susu. Bulir padi mentik wangi susu mirip dengan beras ketan. Warnanya putih susu, bukan bening cenderung transparan, seperti bulir beras yang umum dijumpai. Jenis beras yang mirip dengan beras mentik wangi susu yaitu beras pandan wangi. Akan tetapi, warna beras mentik wangi susu lebih putih daripada pandan wangi. Selain itu, bulir berasnya lonjong, gemuk, dan sedikit lebih panjang dibandingkan beras pandan wangi.

Bagaimana dengan kandungan gizinya? Tiap 100 gram beras mentik wangi susu mengandung gizi berupa:

  • karbohidrat 77,78 gram
  • protein 8,33 gram
  • lemak 0,91 gram
  • serat 1,10 gram

Kelebihan beras mentik wangi susu dibandingkan beras lainnya

Seperti namanya, beras ini memiliki aroma yang khas dan wangi, begitu pula dengan nasinya. Kadar zat amilosa pada beras ini pun rendah sehingga teksturnya setelah dimasak menjadi empuk dan pulen. Selain itu, mirip seperti ketan, beras mentik wangi susu ini pun cenderung lengket (sticky) setelah dimasak sehingga dalam penggunaanya, nasi mentik wangi susu dapat digunakan sebagai bahan nasi sushi, lontong. Karakter nasi mentik wangi susu yang lengket tersebut membuat beras ini dijuluki ‘beras jepang’. Kelebihan nasi yang dihasilkan dari beras mentik wangi susu yaitu nasinya tidak mudah bau. Selain itu,  aroma wangi dari beras ini sudah tercium sejak Anda mencuci berasnya.

Beras mentik wangi susu merupakan beras organik. Beras unggulan lokal ini pun ditanam dari benih padi lokal tanpa rekayasa genetika (GMO) dan di budidayakan secara organik tanpa menggunakan pestisida maupun bahan kimia lain. Selain itu, beras mentik wangi susu organik pun memiliki kandungan nutrisi yang lebih utuh dengan kandungan serat yang relatif tinggi serta mineral yang terjaga. Dengan demikian, kualitas beras ini lebih baik dan lebih aman serta sehat untuk menjadi bahan konsumsi harian Anda sekeluarga.

Manfaat beras mentik wangi susu

  1. Membantu program penggemukan badan

Aroma nasi mentik wangi susu yang wangi  mampu membantu menggugah selera makan. oleh karenanya, beras ini efektif menjadi menu untuk program penggemukan berat badan. Kombinasi beras merah dan beras mentik wangi susu dapat menjadi menu untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mampu mengontrol kadar gula darah

  2. Membantu melancarkan fungsi sistem pencernaan

  3. Aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi/ tekanan darah tinggi

Cara penyimpanan beras mentik wangi susu

  • Setelah di buka, usahakan segera dikonsumsi sebab beras organik lebih disukai kutu daripada beras biasa.
  • Simpan di dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Jika tidak di konsumsi dalam waktu waktu yang cukup lama, simpanlah di dalam kulkas.

BACA: Mengenal Beras Putih Organik: Beras Pandan Wangi

Tinggalkan Balasan