Bahaya Maag, Apa Tanda-Tandanya?

Bahaya Maag, Apa Tanda-Tandanya?

Ekafarm.com – Maag kronis atau disebut juga gastritis kronis adalah gangguan pencernaan akibat dari peradangan dinding lambung yang berkembang tidak mendapatkan penanganan yang baik.

Orang yang mengalami maag kronis biasanya akan kambuh dalam waktu yang lebih singkat. Kambuhya penyakit maag inilah yang dapat membuat penderitanya menjadi tersiksa dan tentunya dapat berakibat pada menurunnya produktifitas kerja. Meskipun penyakit maag ini tergolong ke penyakit ringan, namun apabila dibiarkan akan menjadi maag kronis.

Baca Juga : Gejala Maag

Tanda – Tanda Maag Menyerang

Maag kronis menyerang apabila memunculkan tanda-tanda sebagai berikut

*Nyeri perut pada bagian atas

Ciri yang pertama ialah sakit perut pada bagian atas yang memang sering terjadi pada penderita maag, rasa ini bisanya terjadi seperti melilit, perih serta rasa tidak nyaman.

*Rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan

Para penderita maag kronis biasanya akan merasakan tidak nyaman pada saluran pencernaan sehugga mengalami penurunan nafsu makan drastis yang mengakibatkan tubuh menjadi sangat lemah, wajah pucat, keringat dingin, dan pusing.

*Perut terasa kembung

Tanda-tanda maag kronis yang berikutnya yaitu perut terasa kembung atau sering disebut begah pada perut. Penderita maag kronis biasanya sering merasakan perutnya seperti penuh dan terasa kencang walaupun tidak sedang makan dalam jumlah banyak. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan asam lambung sehingga menimbulkan gas yang mengisi ruangan lambung. Akibat perut kembung ini tentunya akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, gairah atau semangat menurun, dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

*Mual dan muntah

Mual atau muntah merupakan tanda-tanda maag kronis karena adanya respon alamiah dari dalam perut akibat adanya peradangan di lambung maupun karena peningkatan asam lambung. Mual merupakan suatu perasaan tidak nyaman di perut dengan sensasi rasa ingin mengeluarkan isi perut. Sedangkan muntah adalah kelanjutan dari rasa mual di mana ditandai dengan mengeluarkan olahan makanan dari dalam lambung melalui mulut. Mual atau muntah ini biasanya dibarengi dengan keluar keringat dingin, terjadinya kontraksi pada otot perut, dan peningkatan produksi air liur.

*Berkurangnya nafsu makan

Nafsu makan yang menurun merupakan tanda adanya maag kronis yang diakibatkan oleh rasa tidak nyaman di perut berupa rasa penuh atau timbulnya mual muntah. Ditambah lagi dengan sensasi rasa seperti adanya gas yang tidak sedap yang dikeluarkan dari dalam lambung melalui sendawa yang biasanya semakin membuat penderitanya tidak nafsu makan.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Maag

*Penurunan berat badan

Penurunan berat badan ini merupakan tanda-tanda dari adanya maag kronis karena berkurangnya nafsu makan yang berlangsung secara terus menerus.

Cara Mengobati Sakit Maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *