Cara Mengobati Sakit Maag

Cara Mengobati Sakit Maag

Urgensi Cara Mengobati Sakit Maag

Kali ini Saya akan membahas Cara Mengobati Sakit Maag karena jumlah penderita maag sangat banyak di dunia. Cara ini penting untuk dibahas agar penyakit ini tidak merenggut nyawa kita. Tips ini bertujuan untuk mengatasinya sampai tidak kambuh sama sekali. Jadi bukan hanya sekedar untuk mengatasi rasa sakitnya saja. Semoga bermanfaat.

Apa itu Maag?

Sebelum saya bahas langsung ke solusi, saya ingin meluruskan beberapa hal tentang maag itu sendiri. Maag adalah radang atau luka pada dinding lambung. Oleh karena itu maag biasa disebut di dunia kedokteran sebagai Gastritis. Artinya ada peradangan pada lambung. Peradangan Lambung yang terjadi sudah lama dan berulang serta keparahannya meningkat dengan perlahan biasa disebut sebagai Maag Kronis. Sedangkan Peradangan Lambung yang baru terjadi, tiba-tiba muncul dan menghilang sendiri disebut sebagai Maag Akut.

Apa Saja Gejala Sakit Maag?

Maag Akut mempunyai gejala sebagai berikut  nyeri pada perut bagian ulu hati, perut terasa terbakar atau panas (heartburn), perut kembung, mual dan muntah dan pada bentuk yang berat dapat terjadi perdarahan pada saluran cerna yang ditandai muntah darah bewarna hitam dan tinja yang bewarna hitam akibat pengikisan yang berlebihan pada dinding dalam lambung.
Jika suatu saat Anda menemui seseorang yang muntah darah, cek dulu warna darahnya. Jika warna darahnya merah segar berarti darah bukan berasal dari lambung. Biasanya darah berasal dari paru-paru. Sedangkan seperti yang sudah saya jelaskan tadi, jika warna darahnya hitam pekat maka darah berasal dari lambung.
Sedangkan Maag Kronis gejalanya muncul tanpa gejala yang berat, yaitu rasa mual, perut kembung, banyak bersendawa, penurunan nafsu makan dan kadang nyeri ulu hati dan muntah, namun keluhan-keluhan tersebut dirasakan berulang dan dapat menghilang selama beberapa hari lalu muncul lagi. Meskipun gejalanya bersifat ringan, bukan berarti maag kronis adalah penyakit yang ringan, karena penyakit maag kronis inilah yang sebenarnya memiliki risiko yang dapat berkembang menjadi tukak lambung hingga kanker lambung atau penyakit sindrom metabolik. Seperti yang pernah terjadi pada pembawa acara dokter OZ yaitu dokter Ryan Tamrin

Apakah Maag Berbahaya?

Maag jika didiamkan saja tanpa diobati atau diterapi dapat menjadi penyakit yang berbahaya. Paling mengerikan kalau sampai terjadi tukak lambung atau kanker lambung. Sedangkan penyakit-penyakit sindrom metabolik juga mengintai. Apa itu sindrom metabolik? Sindrom Metabolik adalah penyakit yang diakibatkan oleh metabolisme tubuh yang tidak seimbang. Contohnya adalah kolesterol tinggi, diabetes, asam urat dan berbagai penyakit yang berkaitan erat dengan metabolisme tubuh.

Beda Maag dengan GERD

Maag dan GERD jauh berbeda. Maag adalah gastritis, sedangkan GERD adalah penyakit tersendiri. GERD merupakan singkatan dari Gastro Esofageal Refluks Disorder. GERD biasa kita sebut sebagai asam lambung berlebih. Nah, jika Anda menemukan obat maag yang dijual di warung, kebanyakan adalah obat untuk menetralkan asam lambung. Padahal menetralkan asam lambung ini berbeda dengan menyembuhkan lambung yang luka. Inilah yang menyebabkan orang yang sakit maag minum obat maag tapi tidak sembuh. Jadinya hanya seperti kecanduan obat maag.

Bahaya Obat Maag Antasida

Terlalu sering minum obat maag, dapat menyebabkan penyakit lain yang mengintai. Asam lambung yang netral membuat bakteri mudah masuk ke dalam saluran usus manusia. Sehingga malah memunculkan masalah pencernaan.
Fungsi antasida adalah untuk menghambat sekresi lambung alias untuk menekan asam lambung. Padahal, asam lambung itu penting untuk membantu menyerap zat besi & mineral, seperti kalsium & magnesium. Penghambatan asam lambung mengacaukan keseimbangan bakteri di dalam usus, sehingga mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh.
Di permukaan mukosa lambung, terdapat tonjolan2 sangat kecil bernama Vili atau jonjot2 yg mengeluarkan asam lambung. Namun, jika seseorang terus menerus konsumsi Antasida untuk menekan sekresi lambung, maka jonjot2 ini akan semakin pendek saja sehingga fungsi mereka melemah.
Sementara atrofi (penyusutan) mukosa atau lendir pada dinding lambung berlanjut, mukosa lambung menjadi tipis, dan menyebabkan peradangan atau Gastritis Atrofi. Lambung yg menderita Gastritis atrofi dapat dengan mudah menjadi tempat berkembang biaknya H. Pylon & bakteri jenis lain yg secara perlahan memperburuk peradangan lambung, dan pada akhirnya menyebabkan Kanker Lambung.
Karena itulah, sebisa mungkin HINDARI lah konsumsi Antasida.

Apa Saja Penyebab Sakit Maag?

1. Stress

Stress adalah musuh utama para penyandang sakit maag. Lebih dari 90% orang yang sakit maag disebabkan karena masalah bukan fisik, melainkan psikologis. Jadi hanya 10% fisik yang sangat berpengaruh terhadap maag.

2. Bakteri

Bakteri yang dicurigai sebagai penyebab maag adalah  H. pylori yang merupakan singkatan dari Helicobacter pylori. Sakit maag akibat bakteri ini sudah sangat umum. Meski begitu kadang-kadang infeksi yang diakibatkan oleh bakteri ini tidak selalu menimbulkan gejala signifikan sehingga ada beberapa penderita yang tidak sadar bahwa dirinya telah terinfeksi.

3. Makan atau minum yang membuat iritasi lambung

Makanan dan Minuman penyebab maag yang dapat membuat iritasi pada lambung antara lain
a. Teh
b. Makanan Pedas
c. Minuman Bersoda
d. Minuman Beralkohol
e. Kopi

4. Makan tidak teratur

Makan yang tidak teratur juga merupakan faktor penyebab sakit maag. Namun, makan yang tidak teratur jika dibandingkan dengan stress belum ada apa-apanya. Orang yang stress menghasilkan 100 kali lebih banyak asam lambung daripada orang yang lapar.

Adakah hubungan Maag dengan Obesitas?

Ya Ada. Maag dan Obesitas ternyata juga sangat erat hubungannya. Mayoritas orang yang sebelumnya kurus atau langsing maag terlebih dahulu sebelum kemudian jadi kegemukan. Jadi jika Anda tidak ingin kegemukan, sebaiknya segera atasi maag Anda sekarang juga.

Maag dengan Sakit Jantung?

Maag dan Sakit Jantung menurut Ilmu Kedokteran Cina Kuno sangat berhubungan, terutama Maag yang berasal dari organ liver yang bermasalah. Lambung yang bermasalah bisa disebabkan karena Organ Liver. Organ liver yang sedang kurang sehat bisa menyebabkan Lambung menjadi iritasi atau meradang. Jika tidak segera ditindak lanjuti, jantung pun jadi kena imbasnya. Oleh karena itu beberapa kali kami menemukan pasien kami salah diagnosa oleh dokter. Pasien tersebut sebenarnya Maag, tetapi didiagnosa sebagai penyakit jantung.
Kedokteran atau Medis konvensional memang tidak bisa menemukan hubungannya. Namun dari TCM (Traditional Chineese Medicine) atau Kedokteran Cina Kuno telah menemukannya sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Jadi untuk Anda yang sakit Maag, baiknya segera diatasi ya.

Maag dengan Diabetes?

Maag dan Diabetes sangat erat kaitannya. Cobalah tanyakan kepada orang-orang yang mengidap diabetes. Rata-rata bahkan mayoritas mengatakan bahwa sebelumnya punya masalah di Lambung, terutama Maag. Mengapa demikian? Karena Lambung dan Limpa bekerjasama untuk mengatur kadar Gula di dalam tubuh. Limpa dalam TCM sangat erat dengan Pankreas dalam Kedokteran Konvensional. Makanan yang mengandung Indeks Glikemik rendah seperti Beras Merah, Tepung Garut dan Beras Diet sangat nyaman serta baik di lambung.

Bagaimana cara mencegah penyakit Maag?

Mencegah penyakit maag dapat dimulai dari sekarang. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Perbanyak Ibadah yang Khusyuk

Memperbanyak Ibadah yang khusyuk ya. Bukan hanya sekedar ibadah dari segi kuantitas, tetapi juga kualitasnya. Bahkan kualitas ini sangatlah penting. Kalau belum bisa kuantitas dulu tidak apa-apa. Seseorang yang dekat dengan Tuhannya terbukti lebih tahan terhadap pencetus stress. Sehingga orang tersebut tidak gampang stress.

2. Refreshing

Hilangkan penat dengan aktifitas lain yang membuat fresh pikiran sangat efektif untuk mencegahnya. Workaholic adalah kebiasaan yang sangat tidak baik. Sebaiknya atur waktu untuk melakukan refreshing. Refreshing tidak harus mahal, bisa dilakukan di rumah dengan bercanda bersama keluarga, melakukan hobi, jalan-jalan pagi dan lain-lain.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang paling efektif adalah tidur di malam hari. Terganggunya waktu tidur malam dapat menyebabkan tubuh lebih mudah merasa lapar. Sehingga lambung menjadi kurang seimbang. Asam lambung yang diproduksi jadi lebih banyak. Jika mukus sudah tipis, ditambah asam lambung yang meningkat, dapat menyebabkan maag.

4. Silaturahim

Melakukan Silaturahim dengan rutin sangat baik untuk membuat diri Anda menjadi lebih bugar dan sehat. Sering-seringlah silaturahim untuk melepaskan penat dan masalah yang mengganggu Anda. Tidak hanya stressnya yang hilang, tetapi sangat mungkin masalah yang sedang Anda hadapi juga terpecahkan.

5. Senyum

Ketika saya belajar NLP (Neuro Linguistic Psichology/ Programming) ada suatu temuan yang menarik, yaitu ketika Anda tersenyum membuat Anda bahagia. Setidaknya ketika Anda bahagia kemudian tersenyum. Melakukan sebaliknya juga membuat Bahagia. Jadi mulai sekarang tersenyumlah, maka Anda jadi lebih bahagia.

6. Minum Air Putih

Air Putih adalah air terbaik untuk diminum. Air putih tidak hanya baik untuk menggantikan cairan tubuh. Air putih ternyata sangat baik untuk mencegah maag. Asalkan minumnya sebelum makan. Air Putih adalah pelarut terbaik ketika Anda mengalami asam lambung yang berlebih (GERD) dan membuat nyaman lambung ketika telat makan.

7. Makan Buah dan Sayuran Organik

Buah dan Sayuran saat ini sudah banyak disemprot Pestisida beracun. Pestisida Beracun ini sering kali tidak bisa hilang 100% ketika dicuci. Pestisida ini juga dicurigai terakumulasi ke dalam tubuh dan menyebabkan pencernaan bermasalah. Salah satunya adalah lambung menjadi Maag. Jika Buah dan Sayur Organik sulit dan mahal, Anda bisa memulainya dengan mengganti Beras Anda dengan Beras Organik.
Buah yang baik untuk maag antara lain : mangga, jeruk, jeruk nipis, nanas, semangka dan pepaya. Sebaliknya buah yang sebaiknya Anda hindari adalah buah durian, nangka, pisang dan kelengkeng. Sedangkan sayuran yang sementara Anda hindari sebaiknya adalah kubis.

8. Biasakan Mengunyah lebih lama

Kebiasaan Mengunyah dengan 30-40 kali kunyahan membuat makanan lebih mudah dicerna di lambung. Makanan yang sudah dikunyah dengan sempurna tercampur dengan enzym amilase, lipase dan tripsin sehingga memudahkan lambung mencernanya.

Tepung Garut sebagai salah satu cara mengobati Sakit Maag

Tepung Garut sangat baik untuk mengatasi Sakit Maag. Tepung Garut mempunyai indeks glikemik hanya 12 saja. Sehingga lambung lebih nyaman mencerna tepung garut. Rasanya dingin di lambung yang panas karena maag. Indeks Glikemiknya yang rendah juga memberi kesempatan Lambung untuk istirahat lebih lama. Sehingga Anda menjadi tidak mudah lapar.

Cara Konsumsi Tepung Garut untuk untuk menyembuhkan Maag

    1. ambil air sebanyak 1 gelas 150 cc,
    2. beri 2 sendok makan tepung kerut, campur hingga larut,
    3. beri gula semut secukupnya dan sedikit garam
    4. lalu masak dengan api kecil, aduk terus hingga matang.
    5. Setelah matang, siap di hidangkan…

Beras Merah juga salah satu cara mengobati sakit Maag

Nasi atau beras merah mempunyai keunggulan dibanding nasi putih karena di kulitnya terdapat: serat, vitamin B, mineral-mineral dan antioksidan yang tidak terdapat pada nasi putih.  Kandungan serat dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga makanan lebih lama ada di dalam perut. Efek baiknya adalah tahan lapar sehingga dapat membantu penurunan berat badan.
Kondisi fisik beras merah yang lebih keras dan tidak pulen juga dapat membantu diet karena kita jadi harus mengunyah lebih lama dan memberikan waktu bagi lambung untuk mengirim signal kenyang ke otak sebelum terlanjur makan banyak. Serat dari Beras Merah ini sangat baik untuk maag Anda.

Cara Masak Beras Merah yang Enak untuk Maag

    1. Rendam Beras Merah Organik Eka Farm dengan air selama 30 menit
    2. Tambahkan sedikit air secukupnya
    3. Tanak Beras Merah seperti Beras Putih
    4. Nasi Merah siap disantap.
Anda ingin mendapatkan manfaat Beras Merah tapi ingin yang praktis? Minum Red Fit – Tepung Beras Merah (sereal) dengan cara diseduh.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *