Bukti Minyak Kelapa Bisa Turunkan Gula Darah

Bukti Minyak Kelapa Bisa Turunkan Gula Darah

Ekafarm.com – Seiring perkembangan jaman, minyak kelapa tidak lagi dibuat secara tradisional. Dahulu banyak dijumpai ibu-ibu yang mengolah kelapa untuk dijadikan minyak kelapa. Minyak kelapa sering dijadikan sebagai minyak rambut oleh orang-orang jaman dulu, tapi sekarang minyak kelapa juga digunakan sebagai obat penurun gula darah.

Pada tahun 2009 sebuah majalah menerbitkan hasil penelitian tentang manfaat minyak kelapa untuk penderita diabetes. Minyak kelapa mengandung trigliserida tingkat menengah atau bisa disebut Medium-chain triglycerides (MCT). Selain meningkatkan kemampuan kognitif, MCT dalam minyak kelapa juga membantu menjaga gula darah tetap stabil.

MCT yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan toleransi tubuh terhadap glukosa. Hal ini berarti, MCT dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses gula menjadi energi yang bisa digunakan dengan efek samping yang lebih sedikit.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana tubuh memproduksi insulin tetapi tidak bisa menggunakannya dengan benar. Resistensi insulin dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan resiko diabetes tipe 2 karena tubuh tidak bisa menyerap glukosa tanpa bantuan insulin. Sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan MCT dari minyak kelapa dalam diet membuat tubuh mengalami penurunan sensitivitas insulin. Hal ini juga mengakibatkan lemak yang menumpuk di perut akan berkurang dan tubuh tidak akan mengalami resistensi insulin.

Bukti Minyak Kelapa Turunkan Gula Darah

Minyak kelapa mengandung lebih dari 85 persen minyak jenuh. Menurut The American Diabetes Association, beberapa studi sedang meneliti hubungan antara jumlah lemak jenuh dalam makanan dengan tingkat gula darah. Ternyata, ditemukan bahwa lemak jenuh menyebabkan tubuh mengalami peningkatan resiko penyakit jantung daripada risiko diabetes. The American Diabetes Association menyarankan agar Anda tidak mengonsumsi lebih dari 10 persen lemak jenuh dari total konsumsi kalori harian untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Menambahkan minyak kelapa pada masakan, akan membuat masakan Anda kaya akan rasa. Minyak kelapa akan memberikan rasa gurih kepada sayuran pahit seperti pare. Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa untuk tumisan bawang merah dan bawang putih yang akan menambah aroma harum. Selain itu, meskipun minyak kelapa mengandung lemak jenuh, mengonsumsi 1 hingga 2 sendok makan minyak kelapa dalam sehari tidak akan menyebabkan kesehatan Anda terganggu.

LAITCO merupakan salah satu merk minyak kelapa yang diolah tanpa pemanas, hasilnya sangat murni dan soal rasa enak dan tidak tengik. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang bagus cek di Toko Eka Farm, atau KLIK DISINI

Baca Juga: Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *