Cara Memasak Beras Hitam

Cara Memasak Beras Hitam

Saya sering ditanya oleh sahabat-sahabat saya dan para pelanggan Beras Organik Eka Farm, tentang bagaimana cara memasak beras hitam yang enak. Mereka pernah mendapatkan foto-foto masakan nasi dari beras hitam yang saya masak. Sejak saat itu lah mereka mulai sering bertanya.

Mereka juga bertanya karena Beras Hitam masih kalah populer dengan Beras Merah. Padahal masih banyak juga yang belum tahu cara masak beras merah, apalagi Beras Hitam. Langsung saja ke cara memasak beras hitam. Semoga bermanfaat.

Langkah-langkah Cara Memasak Beras Hitam

  1. Cuci Beras Hitam seperti mencuci beras putih, tetapi cukup 1-3 kali saja. Beras hitam mempunyai kandungan gizi yang tinggi pada kulit arinya. Jika terlalu banyak dicuci akan membuat kandungan gizi, terutama anti oksidan-nya, menjadi berkurang (larut dalam air).
  2. Tanak beras hitam dengan air yang sedikit lebih banyak. Beras hitam walau tidak sekeras beras merah tetapi juga tidak selunak beras putih. Sehingga air yang dibutuhkan sedikit lebih banyak.
  3. Jika belum terbiasa dengan nasi dari beras hitam, sangat dianjurkan untuk mencoba memasak dengan campuran beras putih. Kebutuhan beras hitam sebagai campuran beras putih hanyalah sejumput beras hitam saja. Sedangkan jika tanpa campuran, beras hitam dapat menjadi dua kali lipatnya ketika sudah jadi nasi beras hitam.
  4. Masak dengan menggunakan api yang kecil. Tunggu sampai airnya sudah habis.

Gimana? Gampang kan cara memasak beras hitam? Ayo segera dipraktekkan saja. Oya, Beras Hitam yang berkutu bukan berarti beras hitam yang sudah tidak enak. Kutu itu adalah konsekuensi dari Beras Hitam organik. Tandanya Beras Hitam tersebut tidak terkena Pestisida. Sehingga kutu bisa membedakan mana beras yang sehat dan tidak. Saya pernah memasak beras hitam yang sudah berkutu. Alhamdulillah nasinya baik-baik saja. Tidak ada kutunya juga kok. Kutunya sudah ngacir ketika saya cuci dengan air.

Ingin tahu lebih banyak tentang Beras Hitam?

Yuk kepoin web www.ekafarm.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *