Cendol Tepung Garut

Cendol Tepung Garut

Cendol Tepung Garut – Siapa yang tidak menyukai es cendol? Tentu diantara Anda sekalian suka sekali minum yang namanya es cendol. Es cendol sendiri menjadi salah satu minuman di Indonesia yang paling digemari banyak orang. Minuman ini terdiri dari cendol, santan, es dan sirup gula. Es cendol memang minuman yang sangat menyegarkan ya. Minum es cendol terasa sangat nikmat saat cuaca sedang panas-panasnya. Selain itu, es cendol juga menjadi minuman enak di kala berbuka puasa.

Nah, bagi Anda yang suka minum es cendol, Anda bisa membuat es cendol di rumah lho. Ketika Anda membuat cendol sendiri Anda juga bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan. Tahukah Anda bahwa cendol pun dapat dibuat dari tepung pati garut? Berikut informasi lengkapnya.

Apa itu Tepung Garut?

Tepung pati garut merupakan tepung yang diolah dari tanaman umbi garut. Tepung pati garut memiliki warna putih. Tidak ada aroma khusus pada tepung pati garut. Tekstur tepung pati garut sangat halus. Disamping itu, tepung pati garut juga tidak mempunyai rasa. Sehingga, tepung pati garut tepat dijadikan berbagai bahan kudapan dan makanan. Tepung pati garut bisa dibuat menjadi bubur, jenang, biskuit, kue tradisional dan cendol.

Tepung pati garut bisa menjadi bahan pangan alternatif untuk Anda semua. Pati garut juga memiliki manfaat kesehatan yang banyak antara lain mencegah diabetes, menyehatkan bayi Anda dan mengatasi penyakit maag. Tepung pati garut juga menjadi bahan makanan pengganti terigu. Apalagi tepung pati garut tidak mengandung gluten sama sekali. Alhasil, tepung pati garut aman untuk Anda yang memiliki alergi pada gluten.

Resep Buat Cendol Tepung Garut

Bahan :

  1. 6 sendok makan tepung pati garut
  2. 4 sendok makan tepung beras
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 sendok teh gula
  5. 625 mililiter air
  6. beberapa tetes pasta pandan/air daun pandan
  7. es batu

Cara Membuat Cendol Tepung Garut:

  1. Sebelum Anda membuat cendol, Anda perlu menyiapkan sebaskom air es dan sebuah piping bag. Mengapa Anda membutuhkan piping bag? Alat ini membantu Anda membuat cendol, jika Anda tidak memiliki cetakan cendol.
  2. Untuk membuat adonan cendol, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah campur tepung pati garut, tepung beras, garam, gula, air dan sari pandan atau pewarna pandan. Aduk campuran tersebut ke dalam wadah dan pastikan tepung-tepung sudah terlarut.
  3. Saring adonan cendol ke dalam panci. Masak adonan cendol menggunakan api sedang. Selama Anda memasak cendol, jangan lupa untuk terus mengaduknya agar adonan tidak bergerindil di bagian bawahnya. Anda dapat memakai pengaduk spatula silikon.
  4. Ketika adonan cendol sudah mulai mengental dan warnanya menjadi lebih terang, menandakan cendol sudah matang. Segera matikan api Anda dan tunggu cendol agak dingin.
  5. Tuang adonan cendol ke dalam piping bag atau cetakan cendol. Apabila Anda menggunakan cetakan cendol, Anda bisa menekannnya ke arah air es. Namun, jika Anda memakai piping bag, Anda bisa membentuk cendol dengan panjang berkisar 3-4 sentimeter. Lakukan sampai adonan cendol habis. Dinginkan selama 10-15 menit di air es.
  6. Cendol Anda pun siap Anda gunakan. Anda bisa menempatkan cendol ke dalam gelas. Tambahkan es, santan dan sirup gula semut organik. Es cendol yang segar dapat Anda nikmati.

Tepung Garut membuat cendol Anda mempunyai tekstur agak kenyal. Nah, itulah resep buat cendol untuk Anda.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *