Diet Ekstrim Apa Untungnya?….

Diet Ekstrim Apa Untungnya?….

Awam meyakini diet adalah cara paling ampuh untuk membuat tubuh menjadi langsing ideal? Benarkah ?

Jika itu pendapat anda maka mari kita lihat para atlit, olahragawan, atau sosok tubuh orang tua kita yang tetap sispek sampai tua. Mereka makan banyak, tetapi bandannya bagus. Kenapa? Ternyata bekerja keras secara fisik, olah raga, dan makan makanan rendah lemak adalah kunci menjaga tubuh tetap langsing sispek sampai tua.

Sehingga, diet tidak perlu program. Cukup berolah raga, kerja fisik, makan makanan sehat , makanan rendah lemak, dan menjaga asupan makanan tidak berlebihan

Itu diet alamiah, yang selama ini dianut oleh nenek moyang. Jika anda sekarang harus diet, maka diet yang di lakukan sebaiknya tidak membebani tubuh sehingga membuat tubuh mudah terserang penyakit. Seperti diet ektrim. Hanya makan buah, hanya minum sari buah, makan hanya sekali, dan sejenisnya.

Karena diet ekstrim, hanya mengejar ingin tampil ramping, sungguh berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Bahaya yang akan muncul karena melakukan diet ekstrim :

  1. Menyebabkan kematian, karena kurangnya asupan zat-zat yang di perlukan oleh tubuh. Biasanya orang yang melakukan diet tanpa mengetahui pentingnya kandungan gizi untuk tubuh. Makanan yang di hentikan pengkonsumsiannya akan membuat kinerja organ tubuh menurun dan kurangnya zat yang di butuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Akibatnya semua proses dalam tubuh terhenti dan menyebabkan kematian.
  2. Timbulnya penyakit, Karena konsumsi makanan yang kurang dan tidak memenuhi standar kesehatan ketika diet akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.
  3. Menghambat proses pertumbuhan, Akibat kekurangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pertumbuhan pada tulang dan otot tubuh akan terhambat. Hingga menyebabkan tubuh yang anda inginkan menjadi tak ideal.
  4. Membuat diri jadi tertekan atau depresi, Diet yang di lakukan terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama bukan hanya mempengaruhi tubuh tapi juga pikiran anda. Sehingga anda akan merasa tertekan baik secara mental dan fisik.
  5. Penuaan dini, Kurang asupan nutrisi tak hanya berdampak bagi kesehatan tapi juga kulit. Hal ini akan menyebabkan penuaan dini karena sel-sel kulit baru sulit untuk tumbuh akibat kekurangnya nutrisi untuk kulit.

Diet ekstrim atau ketat sangat merugikan kesehatan. Banyak yang sudah menjadi korban dari diet ekstrim bahkan biasanya hal ini terjadi di kalangan menengah ke atas karna tekanan lingkungan dan gaya hidup. Beberapa korbannya juga ada yang berasal dari panggung hiburan.

Penyakit Yang Muncul Karna Diet Ekstrim

  • Anorexia – Penyakit gangguan mental penderitanya kehilangan selera untuk makan dan menolak memiliki berat badan yang sehat karena takut dirinya akan menjadi gemuk.
  • Bulimia Nervosa – Penyakit mental di mana penderitanya memiliki nafsu untuk makan dengan porsi besar, berlebihan, dan beulang-ulang tapi setelah itu ingin cepat mengeluarkanya.  Biasanya dikeluarkan dengan cara dimuntahkan atau dengan meminum obat pencerna makanan.
  • Depresi – Tekanan yang di terima oleh pelaku diet biasanya membuat pikiran menjadi tidak tenang. Anda akan merasa bentuk tubuh yang di dapatkan setelah diet belum ideal dan ingin melakuakan diet dengan jangka waktu yang lebih lama.
  • Amenorrhea – Terhentinya siklus menstruasi dalam jangka panjang akan mengganggu sistem reproduksi dan eklektrolik tidak seimbang

Selain penyakit di atas diet dengan cara yang ekstrim juga akan memicu penyakit lain karena kurang gizi. Gizi di perlukan oleh tubuh baik itu vitamin, kalsium, mineral, kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Biasanya seseorang yang akan melakuakan diet akan mengkonsumsi banyak serat saja dan tidak memperhatikan zat-zat lain yang di butuhkan juga oleh tubuh. Padahal tindakan ini adalah hal yang salah.

Baca Juga: Jangan Korbankan Kesehatan Anda hanya Untuk Slim…!!!

Baca Juga : Diet Ekstrim Hanya Ada Dua Kemungkinan, Sakit Parah Atau Mati

 

Tinggalkan Balasan