Khasiat VCO untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Khasiat VCO untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

ekafarm.com – Berbagai masalah sering muncul pada kulit kepala dan rambut. Masalah yang sering muncul seperti gatal pada kulit kepala, atau bahkan rambut rontok maupun mudah patah. Gatal pada kulit kepala tidak selalu disebabkan karena kulit kering atau ketombe, bisa juga disebabkan oleh adanya kutu. Rasa gatal yang sangat dan terlalu sering bisa mengakibatkan reaksi alergi pada kulit di sekitar kepala, seperti telinga, leher, dsb. Selain menimbulkan rasa gatal, kulit kepala yang kering juga menyebabkan rambut mudah rontok maupun patah karena rambut kekurangan nutrisi. Perawatan rambut yang berlebihan seperti keramas, creambath, mengecat, mencatok, juga bisa merusak bagian rambut yang disebut kutikula sehingga bagian tengah rambut berkurang perlindungannya. Hal ini menyebabkan rambut kehilangan beberapa protein berserat yang membuat rambut menjadi tipis, kusam, rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan minyak kelapa murni atau minyak kelapa dara. Minyak kelapa murni atau biasa disebut VCO (Virgin Coconut Oil) dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB sehingga kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. kandungan utama dalam minyak kelapa murni adalah asam laurat yang memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

VCO untuk kesehatan kulit kepala dan rambut :

  • Pencegahan kutu

Suatu penelitian sederhana menemukan bahwa ketika dikombinasikan dengan adas manis dalam semprotan, VCO 40% lebih efektif untuk mengobati kutu dibandingkan bahan kimia permethrin.

  • Perlindungan dari sinar matahari

Filter UV dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa penelitian telah menemukan VCO memiliki SPF 8, jadi menaruhnya di rambut Anda bisa berguna.

  • Perawatan ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Asam laurat dalam VCO memiliki sifat antijamur sehingga diduga dapat mengobati ketombe. Selain untuk dewasa, VCO juga bermanfaat untuk mengatasi cradle crap atau kerak kepala pada bayi (link artikel manfaat VCO untuk bayi).

  • Pencegahan kerontokan rambut

Perawatan berlebihan dapat merusak batang rambut, yang dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan kerontokan rambut. VCO dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah kerontokan rambut.

Penggunaan VCO harus dengan kadar yang tepat. Penggunaan VCO yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala sehingga membuat rambut tampak berminyak dan kusam terutama pada rambut yang sangat halus.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *