fbpx

Kisah Hipertensi Saat Hamil Sembuh Karena Konsumsi VCO

Definisi Hipertensi

Darah tinggi atau hipertensi, sebuah penyakit yang diakibatkan tekanan darah terlalu tinggi. Dan jika dibiarkan terus menerus bisa tidak mungkin penderita darah tinggi akan mengalami stroke.

Berikut ini adalah kisah seorang wanita hamil yang penderita darah tinggi yang sembuh setelah terapi menggunkana minyak VCO.

Berikut kutipannya :

Resah dan gelisah dan rasa khawatir inilah kondisi yang sering menyelinap dalam benak Desi Baeddiana. Dia memang cukup resah dan bahkan muncul rasa khawatir yang teramat sangat. Bahkan malam itu betul-betul menjadi suatu malam yang sangat megkhawatirkan bagi Desi Baeddiana.

Bukan akibat derasnya air hujan atau suara petir yang menggelegar di daerah Bogor. Itu karena nasehat dokter kandungan, dr Namrah Sanin, di Klinik Satria, Bogor. “Jika tekanan darah Anda tetap tinggi seperti ini, 170/100, anak Anda bisa mati keracunan. Kalau lahir mungkin akan cacat seumur hidup,” kata Desi menirukan ucapan dokter itu. Air mata pun mengalir deras sederas air hujan pada malam itu.

Dengan langkah lemas ia keluar dari kamar periksa. Raut muka sedih bercampur ketakutan tampak jelas terlihat di raut wajahnya. Tidak terbayangkan sebelumnya jika ia tidak mampu mencegah darah tinggi pada saat usia kehamilan mendekati kelahiran.

Baca Juga : VCO Mencegah Hipertensi

Risiko yang harus ditanggung sungguh berat: janin meninggal di dalam kandungan atau hidup cacat selama-lamanya. Operasi caesar yang disarankan dokter juga menjadi momok yang menakutkan saat melahirkan nanti.

Selama jalan pulang, ia terus memikirkan nasib janin berusia 8 bulan yang dikandungnya. “Ini baru pertama kali terjadi. Saat hamil sebelumnya tidak pernah seperti ini. Tekanan darah tetap normal 120/70,” tutur Desi. Menurutnya sejak usia kandungan 1 – 7 bulan, ia tidak mengalami gangguan kesehatan. Ia rajin mengecek kesehatan 2 minggu sekali.

Gejala kepala pusing, tengkuk tegang, dan pegal-pegal gejala darah tinggi pun tidak dialami. Dia juga selalu berusaha untuk berpola hidup sehat untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan seperti mencegah hipertensi atau darah tinggi dan lainnya.

Tetapi, saat usia kandungan 8 bulan terjadi pembengkakan di kedua punggung kaki. Rasa nyeri itu tidak hanya ia rasakan di kaki. Tegang di tengkuk dan pegal-pegal menjalar di seluruh tubuh. “Seluruh persendian juga terasa sakit dan tubuh cepat lelah,” katanya. Tidak hanya ganguan fisik, emosinya juga gampang meledak. Kadang-kadang ia marah dan ngomel kepada suami dan anak-anaknya tanpa sebab. Aktivitas mengajar di lembaga pendidikan komputer berhenti total.

Desi menduga tensi darah naik secara drastis dari 120/70 menjadi 170/100 disebabkan pola makan yang tidak terkendali dan stres pada akhir akhir ini. “Saya sering makan menu daging kambing dan makanan berlemak lainnya. Selain itu saya suka makanan yang asin,” kata alumnus Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Pondoklabu, Jakarta Selatan, itu.

Hingga pada suatu hari ia membesuk temannya, Ati Suprobowati Suratman yang mengidap penyakit kista ovarium stadium 4 di RS Salak, Bogor. Di sana, ia melihat sebotol VCO yang sering diminum oleh Ati. “Ini bagus juga untuk mengobati darah tinggi. Coba aja,” kata Dr Joko Sulistyo, APU, suami Ati. Menurut peneliti bagian enzimologi dan bioteknologi, LIPI, Bogor, minyak VCO mampu menurunkan kadar kolesterol penyebab hipertensi.

Untuk mengatasi darah tinggi yang dideritanya, Ia pun mengikuti saran Joko. Desi rutin mengkonsumsi VCO 2 kali sehari dengan takaran 2 sendok makan saat sesudah sahur dan berbuka puasa. Ia juga memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Daging, makanan berlemak, dan garam dikurangi sesuai petunjuk dokter.

Setelah seminggu ia meminum larutan minyak VCO itu kesehatannya mulai berangsur pulih. Bengkak di kaki perlahan mulai mengecil. Rasa tegang dan pegal-pegal berkurang. “Badan jadi fit dan tidak mudah lelah. Tidur pun nyenyak,” ungkapnya

Untuk mempercepat upaya mengobati darah tingginyanya, ia meningkatkan kuantitas konsumsi VCO menjadi 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, dan malam. Dua minggu kemudian Desi mengecek kondisi kandungan ke bidan. Angka tensimeter menunjukkan 130/90. “Wah ini sudah bagus bu, tekanan darah sudah turun,” ucap Desi meniru ucapan bidan itu.

Ucapan itu membuat semangat hidup kelahiran Surabaya 1966 itu pulih kembali. Sebab ia bisa melahirkan secara normal tanpa harus mengeluarkan biaya 3 juta –  4 juta untuk operasi caesar.

Tepat  pada tanggal 23 Desember 2004, 3 hari sebelum bencana tsunami terjadi di Aceh, Raihan Herdian, putra ke-5 nya lahir dengan normal dan sehat. Proses persalinan pun berjalan lancar tanpa harus operasi caesar. Berat badan Raihan mencapai 3,1 kg. “Ia lahir normal, justru kulitnya lebih bersih dan cerah dibanding dengan saudaranya yang lain,” ucap Desi. Selang beberapa hari setelah Raihan lahir, tensi darah kembali normal 120/70. Tak heran bila konsumsi VCO terus dilanjutkan hingga sekarang.

Ref: Pusatminyak

Satu pemikiran pada “Kisah Hipertensi Saat Hamil Sembuh Karena Konsumsi VCO”

Tinggalkan komentar