Kue Lapis Beras Coklat

Kue Lapis Beras Coklat

Resep Kue Lapis Beras Coklat– Menyantap cemilan atau jajanan tradisional memang selalu nikmat. Terlebih ketika Anda ditemani secangkir kopi dan teh hangat. Rasanya tentu saja bertambah enak. Salah satu jajanan tradisional yang selalu menjadi favorit adalah kue lapis beras. Biasanya kue lapis beras dibuat dari bahan utama tepung beras putih.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa tepung beras putih mengandung indeks glikemik yang tinggi. Sehingga, tidak bisa dikonsumsi secara jangka panjang. Indeks glikemik tinggi tepung beras putih dapat menyebabkan gula darah naik secara cepat dan memicu diabetes. Agar, Anda bisa mengonsumsi kue lapis beras yang enak tanpa khawatir, Anda dapat menggunakan tepung beras coklat.

Cara Membuat Tepung Beras Coklat

Tepung beras coklat bisa Anda konsumsi tanpa takut terkena penyakit diabetes. Selain itu, Anda dapat membuat tepung beras coklat sendiri dengan mudah. Tepung beras coklat menyediakan nutrisi yang lebih banyak untuk anak-anak hingga orang tua dibandingkan tepung beras putih.

  1. Cuci beras coklat Anda sampai benar-benar bersih. Rendam beras coklat Anda semalaman atau minimal selama 10 jam.
  2. Buang air rendaman beras coklat dan tiriskan beras coklat. Keringkan beras coklat Anda sehingga tidak ada air yang tersisa.
  3. Langkah selanjutnya Anda harus kembali mengeringkan beras coklat Anda di dalam panci. Sangrai beras coklat Anda dengan api kecil di permukaan wajan. Jangan lupa untuk mengaduk-aduk sambil Anda menyangrainya. Sangrai beras coklat selama 10-15 menit.
  4. Biarkan beras coklat dingin. Haluskan beras coklat Anda misalnya dengan mengggunakan blender. Anda juga bisa menumbuknya sampai teksturnya halus.
  5. Simpan tepung beras coklat Anda di dalam wadah.

Dimana Membeli Beras Coklat?

Agar Anda bisa membuat tepung beras coklat, Anda harus membeli beras coklat terlebih dahulu. Sebaiknya Anda memilih beras coklat organik Eka Farm. Beras coklat organik Eka Farm adalah beras yang bebas dari zat-zat kimia seperti herbisida, pestisida dan pupuk buatan. Tanaman padi hanya diberi pupuk hijau dan kompos.

Beras coklat adalah beras yang hanya dihilangkan bagian sekamnya, bukan beras poles. Itulah mengapa beras coklat lebih kaya gizi daripada beras putih. Selain itu, beras coklat Eka Farm menggunakan varietas Beras Menthik Wangi Susu. Dijamin rasanya enak, aromanya khas beras dan pulen saat dijadikan nasi.

Cara Membuat dan Resep Kue Lapis Beras Coklat

Berikut adalah resep kue lapis beras coklat yang disadur dari resep Riska berjudul kue lapis beras di Cookpad. Resep ini mengalami sedikit perubahan.

Bahan :

  1. 300 gram tepung beras coklat
  2. 100 gram tepung tapioka
  3. 125-175 gram gula pasir (sesuai selera Anda)
  4. ½ sendok makan garam
  5. 1,5 liter santan
  6. beberapa tetes pewarna alami makanan. Anda bisa memakai warna hijau pandan.

Cara Memasak

  1. Didihkan santan, gula dan garam. Aduk hingga gula dan garam larut. Matikan kompor lalu dinginkan santan.
  2. Masukkan tepung beras coklat dan tepung tapioka ke dalam baskom. Tuang santan dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2 warna. Satu bisa diberi warna hijau pandan dan satunya dibiarkan original.
  4. Panaskan kukusan Anda cukup menggunakan api sedang. Siapkan loyang yang sudah dilapisi minyak sayur.
  5. Buat 1 lapis adonan original dan kukus kurang lebih selama 5 menit. Gunakan takaran yang sama untuk 1 lapis warna lainnya nanti.
  6. Setelah itu, tuang 1 lapisan berwarna hijau dan kembali kukus 5 menit. Ulangi langkah ini hingga adonan habis. Untuk yang terakhir kukus lebih lama sekitar 15 menit.
  7. Angkat dan dinginkan kue lapis beras coklat.
  8. Potong dengan pisau yang sudah diberi minyak goreng.
  9. Sajikan.

Itulah resep kue lapis beras coklat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *