Makan Malam untuk Diet yang Direkomendisikan Ahli Gizi

Makan Malam untuk Diet yang Direkomendisikan Ahli Gizi

Siapa bilang saat diet kita tidak boleh makan malam? Justru saat diet tersebut kita harus tetap memberikan asupan makanan untuk tubuh di malam hari agar di keesokan harinya tidak lemas dan letih. Tetapi anda harus selektif memilih menu makan malam untuk diet ini. Sebab kalau tidak sama saja anda menimbun cadangan lemak sebelum tidur. Untuk itu simak terus artikel ini hingga selesai. 

Meskipun diet, kita harus tetap makan malam. Itu penting karena bisa menjaga kekenyangan dalam perut anda sehingga di keesokan harinya tidak kalap dengan makanan. Perlu anda ketahui bahwa di saat malam hari inilah waktu di mana pembentukan sel sehingga kita tetap butuh asupan makan. Di sinilah pentingnya kita memilih menu makan malam untuk diet dengan gizi seimbang. Lewat artikel ini akan kami bagikan beberapa menu yang kiranya bisa menjadi pilihan. 

 

REKOMENDASI MAKAN MALAM UNTUK DIET

Kami akan merekomendasikan beberapa bahan makananan untuk makan malam di saat anda menjalani diet. Selengkapnya bisa anda cek di bawah ini. 

 

makan malam untuk diet telur rebus

TELUR REBUS

Ada banyak manfaat apabila anda makan malam untuk diet ini menggunakan telur rebus. Sebab telur terkenal bisa menjaga kekenyangan perut anda sehingga anda tidak tergiur untuk ngemil di saat tengah malam. Di samping itu telur rebus bisa juga menambah asupan protein bagi tubuh anda. Protein ini juga penting untuk tubuh di kala diet karena pembakaran dalam tubuh juga butuh tenaga yang berasal dari protein. Bagi anda yang menjalani diet untuk diabetes, maka menu telur rebus ini juga bisa menjadi pilihan sebab putih telur mengandung sedikit sekali glikemik yang mana itu rendah karbohidrat. Makanan yang rendah karbo ini bagus untuk tubuh yang sedang diet untuk menghindari diabetes.  

makan malam untuk diet sayur berbonggol yang ditumis

SAYURAN BERBONGGOL YANG DITUMIS

Kemudian makan malam untuk diet selanjutnya adalah sayuran berbonggol seperti kembang kol, brokoli, maupun kubis. Jenis jenis sayuran ini sangat tinggi protein walaupun memang tidak setinggi protein yang ada di hewan. Jadi jika anda makan malam menggunakan sayuran berbonggol ini akan membuat perut tetap kenyang namun anda tidak kelebihan karbohidrat dan lemak. Cukup menjadi pilihan bukan? Apalagi dengan bahan sayuran berbonggol ini anda bisa membuat banyak menu varian seperti tumis, rebus, maupun anda buat jus sayuran. 

Sayuran berbonggol juga mengandung zat yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan berat badan lho. Jadi anda bisa sekalian mencicil pembakaran lemak saat tidur nanti. 

makan malam untuk diet daging panggang tanpa lemak

DAGING PANGGANG TANPA LEMAK

Apakah anda masih menghindari daging saat menjalani diet? Jika anda masih menjalani diet tanpa daging maka segeralah membuang mitos tersebut. Seba daging justru bisa membantu menurunkan berat badan anda saat diet. Mengapa daging bisa bantu turunkan berat badan? Sebab daging mengandung protein yang tinggi sehingga bisa membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Jika anda mengkonsumsi makanan tinggi protein juga bisa membakar lebih banyak kalori. 

Poin pentingnya di sini adalah jika anda konsumsi cukup protein adalah anda tidak menjadi cepat lapar ketika malam hari. Jika ini bisa anda lakukan tentu akan menghindarkan dari potensi ngemil yang membuyarkan diet anda hari itu. Namun anda juga harus memilih daging yang rendah lemak. Utamanya pilih yang daging panggang karena rendah lemak jenuh.  

Baca Juga : KENALI BAGIAN- BAGIAN DAGING SAPI UNTUK MENGOLAHNYA

makan malam untuk diet sup bening

SUP BENING

Sup ini memang menjadi menu andalan orang yang sedang menjalani diet. Kandungan protein nabati yang ada dalam menu sup sangatlah tinggi. Selain itu sup bening juga terdiri dari bahan dan rempah yang nikmat sehingga membuat anda tidak lekas lapar di malam hari. Sup ini juga bisa anda campuri dengan kacang polong atau kacang-kacangan lainnya untuk menambahkan protein. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa makan malam untuk diet haruslah tinggi protein. Dengan protein yang tinggi itu membuat anda tidak lekas kenyang. 

makan malam untuk diet alpukat tambahan gula

ALPUKAT TANPA TAMBAHAN GULA

Kandungan protein dalam alpukat sangatlah tinggi. Meksipun di sana juga ada kandungan lemaknya. Namun jangan khawatir, jika anda makan malam untuk diet menggunakan alpukat ini. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau langsung dimakan. Di sini anda tak perlu menambahkan gula karena tambahan gula membuat kadar gula dalam tubuh tinggi sehingga nanti bisa menghambat proses menjalani diet. Alpukat ini bisa menjadi pilihan untuk makan malams saat diet karena alpukat cenderung gampang kita olah sehingga tidak ribet. 

Baca Juga : Buah Buahan Penyebab Diabetes Yang Harus Kamu Hindari

makan malam untuk diet salmon dan tuna

SALMON SAN TUNA

Apabila anda ingin menu yang lebih berprotein tinggi serta lemaknya tidak begitu tinggi maka pilihlah makanan yang berbahan ikan seperti salmon maupun tuna. Kandungan dalam salmon ini sangatlah kaya protein dan mineral. Kandungan protein membuat anda kenyang lebih lama. Lalu kandungan mineral utamanya yodium membuat anda tidak terkena sakit gondong. 

Selain itu salmon dan tuna juga gampang kita olah menjadi makanan yang nikmat. Namun anda harus memperhatikan bahwa dalam proses memasaknya hindari minyak dan margarin berlebihan. Sebab kandungan lemak dari ikan itu sudah cukup untuk tubuh anda malam itu. 

Namun anda perlu menjaga ritme memakan tuna dan salmon untuk makan malam untuk diet ini. Bisa anda beri selang sehari untuk membantu tubuh mencerna lemak dalam salmon dan tuna. Kita tahu bahwa keduanya adalah sumber lemak alami yang itu belum tentu kita butuhkan setiap hari apalagi di saat diet. 

makan malam untuk diet kentang kukus

KENTANG KUKUS

Tahukah anda bahwa kentang menjadi makanan pokok bagi mereka penderita diabetes? Meskipun anda tidak menderitanya namun ketika diet ini perlu menjadi opsi menu buat anda. Kentang merupakan bahan makanan dengan karbohidrat yang cukup serta tidak kebanyakan. Lalu kentang juga bisa menjadi opsi makan malam untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi mampu menjaga anda tetap kenyang di malam hari. 

Anda bisa mengukus kentang untuk mengkonsumsinya ya. Namun anda harus menakar betul porsi kentang ini untuk makan malam. Terutama disesuaikan dengan berat badan anda saat itu sehingga nanti kentang yang anda makan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ini menjaga agar kentang tidak menjadi timbunan gula dalam tubuh. 

makan malam untuk diet kacang kacangan dan bijji bijian

KACANG DAN BIJI-BIJIAN

Jika mungkin anda tidak berminat makan malam di saat diet maka anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi protein nabati. Salah satunya adalah kacang dan biji-bijian seperti jagung, kacang polong, maupun kacang mete. Meskipun tidak begitu mengenyangkan namun kandungan proteinnya yang tinggi membuat anda tetap kenyang di saat malam hari. 

Baca Juga : RESEP BUBUR KACANG MERAH?

Itulah beberapa tips menu makan malam untuk diet agar anda tetap kenyang dan terhindar dari potensi ngemil yang merusak diet. Semoga dengan rutin mengkonsumsi beberapa bahan di atas saat makan malam membuat agenda diet anda menjadi lancar. Selamat mencoba. 

Untuk membiasakan diet memang tidak mudah. Di sini anda bisa melakukan percobaan atau challenge selama 21 hari pertama. Jika selama itu anda bisa menjalankan ketiga tips di atas maka bisa kami pastikan anda akan berhasil di bulan bulan selanjutnya. Selamat mencoba.Semoga artikel dapat membantu masalah kamu dan dan dapat bermanfaat untuk kedepannya. Jika kamu sedang diet dan mencari makanan yang masih bisa kamu konsumsi saat diet hubungi Minka atau Hubungi nomor 08112650296

Tinggalkan Balasan