Pentingnya Mengatur Jam Makan Untuk Diet

Pentingnya Mengatur Jam Makan Untuk Diet

Jam makan untuk diet – Setelah semua menu makanan diet sudah kamu tentukan. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengatur jam – jam makan yang tepat untuk orang yang sedang menjalankan diet.

Perlu kamu ketahui bawah salah satu keberhasilan seseorang menurunkan berat badan adalah memperhatikan jam makan diet. Jadi tidak hanya mengontrol jumlah kalori yang masuk kedalam perut dan olahraga.

Berikut ada beberapa penjelasan mengenai waktu makan yang paling baik untuk orang diet. Semoga bisa kamu jadikan rekomendasi untuk mencobanya di rumah.

JAM MAKAN UNTUK DIET

 

Pentingnya Mengatur Jam Makan Pada Saat Diet

Untuk orang yang tidak menjalankan program diet, mungkin mengatur jam makan tidaklah penting. Intinya kalau lapar makan, kalau ada makanan nganggur makan, yang penting makanan yang ada dihadapan habis.

Berbeda dengan orang yang sedang menjalankan diet. Mereka harus benar – benar menahan nafsu makan dan menerapkan jadwal jam makan yang sudah ada. Supaya program diet dapat membuahkan hasil.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet

Menurut penelitian, seseorang yang jam makannya tidak mengikuti jam biologis tubuh akan membuat metabolisme tubuh terganggu atau kacau. Maksud dari metabolisme adalah proses mengubah makanan menjadi energi. 

Maka jika metabolisme tubuh terganggu yang akan terjadi ialah mulai naiknya gula dalam darah. Produksi hormon insulin yang bertugas menyimpan lemak juga terganggu. Maka terjadilah penumpukan lemak.

PENTINGNYA MENGATUR JAM MAKAN PADA SAAT DIET

Aturan Jam Makan Untuk Diet

Jika hanya dibayangkan, aturan ini mungkin akan membuat kamu pusing dan malas untuk menjalankan program diet. Semoga setelah membaca peraturan jam makan untuk diet ini, kamu menjadi lebih paham dan semangat untuk diet. Soalnya beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jam makan diet yang benar dapat berdampak besar pada keberhasilan penurunan berat badan. Untuk itu pahami aturan jam makan diet berikut ini.

Tidak Melewatkan Sarapan

Ada loh orang tidak terbiasa dengan sarapan pagi. Mereka lebih memilih untuk minum air putih, ngopi dan cemilan lainya. Dengan alasan, perut akan terasa tidak nyaman setelah melakukan sarapan pagi.

Bahkan ada juga yang setiap pagi terburu – buru menjalankan suatu aktivitas luar hingga mereka melewatkan jam sarapan pagi. Dan akhirnya orang tersebut sarapan pagi sekitar jam 9 sampai jam 11.

Jika kamu sedang menjalankan program diet, tolong hindari kebiasan seperti ini. Sebab kebiasaan tersebut tidak akan membantu program dietmu menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sarapan pagi setelah 1 jam setelah bangun tidur. Jam sarapan yang ideal antara jam 7 sampai jam 8 pagi.

Contoh, kamu bangun jam 6, maka jam 7 pagi kamu sudah harus menyantap menu makanan diet pilihanmu. Hindari karbohidrat perbanyak makan yang mengandung protein, agar pencernaan tetap lancar dan sehat.

Khasiat yang bisa kamu rasakan ketika melakukan sarapan di jam 7 sampai jam 8 ialah mencegah penumpukan lemak dan mencegah rasa lapar palsu yang sering muncul pada perut manusia.

Baca Juga : KALORI NASI MERAH 100 GRAM DAN MANFAATNYA

Waktu Makan Siang

Aturan jam makan untuk diet selanjutnya adalah waktu makan siang. Bagi orang yang tidak terbiasa menahan makan dari jam 7 sampai jam makan siang mungkin sedikit berat. Jika sudah terbiasa aturan ini akan biasa – biasa aja.

Waktu makan siang untuk diet yaitu di jam 12 sampai jam 1 siang. Tidak boleh kurang dari jam 12, tidak lewat dari jam 1 siang. Atau makan siang bisa kamu lakukan setelah 4 hingga 5 jam setelah sarapan pagi.

Jika kegiatanmu siang hari sangat padat, sehingga tidak ada waktu untuk makan siang di jam 12 sampai jam 1 siang. Silahkan untuk menyediakan beberapa cemilan khusus untuk diet.

Berdasarkan berita dari American Journal of Clinical Nutrition ada 300 orang yang menjalankan program diet dengan menjalankan waktu makan siang yang lebih awal, hasilnya, berat badan mengalami penurunan yang signifikan.

Makan Malam Tepat Waktu

Aturan jam makan yang terakhir adalah makan malam tepat waktu. Aturan makan malam lebih baik tidak makan 3 jam sebelum tidur malam. Dan waktu yang direkomendasikan adalah jam 6 sore.

Jika kamu menerapkan aturan jam makan untuk diet dengan baik, saya pastikan jam 6 sore kamu sudah merasa lapar. Jadi tidak ada alasan untuk tidak makan karena masih kenyang. Apalagi menu makananmu juga sudah sesuai aturan menu makanan diet.

Jangan sesekali makan malam  1 jam sebelum tidur. Karena hal tersebut akan menyebabkan peningkatan gula darah meningkat dan kamu akan susah untuk tidur. Selain itu juga kurangi begadang pada malam hari.

Perhatikan Waktu Ngemil

Aturan jam makan sarapan, makan siang dan makan malam. Poin terakhir adalah aturan tentang jam waktu ngemil. Langkah ini bisa kamu lakukan ketika tidak kuat menahan lapar. Daripada pingsan di tengah jalan, lebih baik ngemil di tengah perjalanan untuk menuju jam – jam makan yang sudah ditentukan.

Tapi ingat, cemilan ini adalah cemilan sehat. Cemilan sehat yang bisa kamu coba seperti kacang, pisang, apel dan yogurt. Terus kapan waktu ngemil yang pas? Apakah ada aturan waktunya juga?

Jelas ada, waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi jenis cemilan adalah 3 jam setelah sarapan dan 3 jam setelah jam makan siang. Dan hindari ngemil pada waktu malam hari setelah makan. Dengan aturan yang seperti ini program dietmu akan terasa lebih ringan dan happy. Tidak perlu takut lagi, jika kamu sudah tau cara menurunkan berat badan dengan metode mengatur jam makan diet.

Kesimpulan

Selain menjaga waktu makan, untuk bisa menurunkan berat badan, kita perlu yang namanya defisit kalori. Kadang untuk mencapai kondisi defisit kalori orang asal kurangi makan, sehingga pada akhirnya kehilangan massa otot dan kekurangan zat gizi yang diperlukan tubuh. Makanya banyak yang melakukan diet tapi malah merasakan pusing, lemas, lesu, dll.

Oleh karena itu pastikan dulu pola makan sudah mengikuti anjuran gizi seimbang, minimal dalam sehari sudah makan makanan pokok yang mengandung karbohidrat, protein, sayuran, buah, dan air putih. karena untuk memastikan paling tidak pola makan tercukupi makro dan mikro gizinya. 

selain itu, jangan kurangi porsi protein dan serat jika ingin mengurangi kalori. karena tubuh perlu protein dan serat yang cukup ketika tubuh dalam kondisi defisit kalori, lebih baik asupan protein disarankan untuk ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah berkurangnya massa otot, membantu kenyang lebih lama dan juga karena protein berperan penting sebagai zat pembangun dan juga imunitas. dan serat juga membantu untuk mengontrol gula darah.

Kesimpulanya adalah jam makan diet yang tepat memiliki peran penting untuk mencapai keberhasilan diet seseorang. Disiplin dalam waktu jam makan diet akan membuat kamu terbiasa menahan lapar. Dengan sudah terbiasa maka kamu akan lebih gampang untuk mencapai berat badan idea.Semoga artikel dapat membantu masalah kamu dan dan dapat bermanfaat untuk kedepannya. Jika kamu sedang diet dan mencari makanan yang masih bisa kamu konsumsi saat diet hubungi Minka atau Hubungi nomor 08112650296

Tinggalkan Balasan