Makanan Untuk Penderita Maag

Makanan Untuk Penderita Maag

Ekafarm.com – Penderita maag harus menjaga pola makannya agar tidak sering kambuh penyakit maagnya. Makanan yang akan dimakan pun perlu dipilah-pilah, mana yang diperbolehkan untuk dikonsumsi maupun yang dilarang. Ada beberapa makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi bahkan dianjurkan.

Baca Juga: Gejala, Penyebab Maag

Baca Juga: Bahayakah obat maag untuk ibu hamil?

Makanan Penderita Maag

1. Buah Pisang
Buah pisang adalah buah alami yang memiliki tingkat asam rendah. Ini adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi jika merasakan gejala sakit maag. Seorang ahli kesehatan pencernaan dan penulis, Gerard E. Mullin, MD mengatakan bahwa “Sebuah pisang yang lembek bagus untuk membantu meringankan ketidaknyamanan, karena ia dapat menempel pada lapisan esofagus yang mengalami gangguan dengan membentuk lapisan pelindung.”

2. Kentang Rebus
Para penderita penyakit maag dapat mengurangi rasa sakit ketika maag menyerang dengan mengonsumsi kentang. Kentang bisa dikonsumsi untuk mengganti karbohidrat dalam tubuh. Tentunya, kentang bisa memberi rasa kenyang pada perutmu. Kentang yang direbus bersifat alkali dan akan menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Rasa sakit akibat maag tentu akan berkurang.

3. Lidah Buaya
Mengonsumsi lendir bening pada lidah buaya mampu menyembuhkan luka pada lambung, sehingga sangat cocok dikonsumsi pada penderita maag. Lidah buaya ini berkhasiat sebagai antibiotik dan menghilangan rasa sakit.

4. Brokoli
Sayuran brokoli ini mengandung kalium, vitamin C dan sulfur yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat maag. Sayuran brokoli ini sangat baik dikonsumsi pada penderita maag, apalagi maag yang sudah kronis.

5. Sayur kol
Sayur kol memiliki fungsi untuk memberi nutrisi bagi sel di dalam lambung. Selain itu, kandungannya juga membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung dan mengobati luka pada saluran pencernaanmu. Sayuran ini juga dimanfaatkan untuk mengatasi sakit maag.

6. Seledri
Seledri hampir tidak memiliki kalori karena kandungan airnya yang tinggi, sehingga merupakan pilihan terbaik bagi para penderita gangguan di lambung seperti maag. Selain itu, seledri juga dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

7. Nanas dan Pepaya
Nanas mengandung bromelain dan pepaya mengandung papain. Kedua zat tersebut dikenal sebagai prostease, yaitu enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein. Biasanya tubuh akan menggunakan pepsin untuk mencerna protein, namun enzim ini ternyata sangat efektif dalam lingkungan yang sangat asam, seperti pada perut. Menggabungkan nanas dan pepaya untuk dikonsumsi dapat membantu untuk meringankan sakit maag dengan melakukan pemecahan protein.

Itulah makanan yang diperboehkan dan bahkan dianjurkan untuk para penderita penyakit maag. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara mengobati sakit maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *