Makanan Yang Wajib di Konsumsi Komunitas Gym

Makanan Yang Wajib di Konsumsi Komunitas Gym

Makanan Yang Wajib di Konsumsi Komunitas Gym – Anda sedang melakukan olahraga fitness atau gym? Berarti Anda harus juga mengetahu asupan nutrisi atau makanan yang wajib di konsumsi agar goal fitness Anda berhasil. Bagi Anda yang menginginkan tubuh kembali berenergi serta tubuh berotot lebih cepat, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang tepat usai berolahraga. Pastikan pula makanan yang dikonsumsi berkualitas agar tubuh tak merasakan resiko kesehatan yang mengancam.

Rasa pegal dan lemas setelah melakukan olahraga gym ini memang menjadi hal yang lumrah. Itu semua di sebabkan karena otot – otot yang tegang, terlebih kalau Anda baru sebagai pemula. Jadi di sarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan yang tepat agar lemas dan pegal – pegal tersebut bisa hilang. terlebih dengan asupan yang tepat tubuh Anda juga lebih berotot dengan cepat.

Dalam bebarapa kasus program latihan fitness yang dilakukan tanpa diimbangi dengan pola makan yang baik akan berakibat pada turunnya kesehatan. Mengapa demikian? Karena  tubuh Anda dipaksakan berlatih dan butuh nutrisi tinggi karena fitness akan menguras cukup banyak energi. Dengan demikian penerapan pola makan terbaikpun dibutuhkan untuk dukung program latihan Anda.

Kini saya akan infokan makanan apa saja yang tepat di konsumsi usai melakukan olahraga fitnes, Yuk simak berikut ini.

Baca juga: Tips memulai gym untuk pemula

Makan Fitness Terbaik

Beberapa menu makanan dalam pola makan untuk membentuk otot sebelum fitnes adalah sebagai berikut :

Karbohidrat : Kentang, beras merah, ubi ubian, gandum, oats, sereal, dan roti gandum.

Protein : Putih telur, daging, yogurt, daging ikan, susu protein (whey).

Lemak : Untuk menambah lemak gunakan sedikit minyak pada menu makanan anda.

Buah dan Sayur : Sayuran hijau, kacang kacangan, dan buah buahan tropis.

Setelah menjalankan program latihan fitnes, maka tubuh perlu asupan nutrisi untuk mengembalikan energi yang terkuras habis. Pola makan untuk membentuk otot setelah melakukan program latihan adalah sebagai berikut :

Karbohidrat dan lemak : Buah alpukat, keju, kacang kacangan, mayonaise, minyak kelapa (secukupnya saja).

Protein : Daging, putih telur, daging ikan, ikan yang mengandung minyak, yogurt.

Buah dan Sayur : Strawberry, blueberry, sayuran hijau, apel dan sebagainya.

  • Nasi Merah

Asupan karbohidrat untuk menambah energi yang tepat selain kentang yaitu nasi, lebih tepatnya dengan nasi merah. Nasi merah yang diolah dari beras merah kaya akan vitamin, serat namun rendah gula. Menariknya, nasi merah juga kaya antioksidan yang baik untuk pemulihan otot.

  • Dada Ayam

Dada ayam merupakan sumber protein yang baik sehingga mendukung pertambahan masa otot. Namun, Anda perlu mengombinasikannya dengan sayuran segar seperti wortel atau sawi.

  • Blueberry

Mengandung banyak antioksidan, blueberry mampu memulihkan otot setelah latihan. Oleh karenanya, mengkonsumsi blueberry segera setelah latihan dapat membuat tubuhnya segar lebih cepat.

  • Sayuran

Bukan rahasia lagi jika sayuran merupakan menu yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk otot. Sayuran hijau mengandung banyak antioksidan yang akan membuat tubuh lebih bugar.

  • Infused Water

Sesuadah melakukan olahraga ini pastinya Anda merasakan haus. Minum air putih memang sangat baik. Tetapi saya ada saran Anda juga mengkonsumsi infused water. Pastikan infused water ini meenggunakan air yang biasa jangan yang air dingin. Kenapa? jika dengan air dingin justru akan membuat ketegangan otot, makanan sulit dicerna tubuh, sering buang air kecil hingga hyponatermia yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Pola makan untuk orang fitnes atau Gym

Perhatikan Jam Makan

Salah satu aturan paling penting dalam nutrisi untuk fitnes adalah tidak makan berlebihan di malam hari. Bila hasil fitnes yang Anda inginkan adalah bentuk tubuh indah, bugar dan berat badan berkurang, maka Anda harus memerhatikan makan malam Anda.

Berikan nutrisi pada tubuh kita dengan makan makanan ringan atau makanan kecil setiap hari secara teratur untuk menjaga dan mengatur kadar gula yang terdapat dalam darah agar tetap terkontrol. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menstimulasi perkembangan massa otot.

Kurangi makan makanan olahan

Tips pola makan untuk membentuk otot selanjutnya adalah mengurangi makan makanan olahan. Hal ini disebabkan karena pada makanan olahan yang kita jumpai di minimarket, atau makanan dalam kotak memiliki nutrisi yang kurang atau bahkan telah rusak. Akan lebih baik jika kita makan makanan segar dan sehat seperti buah buahan dan sayuran. Selain itu pola makan untuk membentuk otot yang baik adalah dengan menambah protein, karbohidrat serta mengurangi lemak. Sangat disarankan untuk makan makanan olahan yang segar (buatan sendiri) dibandingkan membeli.

Perbanyak Konsumsi Protein

Bila Anda ingin berolahraga, maka Anda memerlukan otot yang kuat. Untuk mendapatkan otot kuat, Anda harus mencukupi asupan protein. Jika Anda ingin fitnes di pagi hari, santaplah protein di malam sebelumnya. Bila ingin berolahraga di siang hari, maka asupan protein harus Anda perbanyak saat sarapan. Sementara jika fitnes menjelang sore atau malam, Anda harus mengonsumsi protein sebelum dan setelahnya.Protein sehat bisa Anda dapat dari telur, kacang-kacangan, daging dan ikan.

Konsumsi karbohidrat

Untuk menyempurnakan pola makan untuk membentuk otot dengan cepat kita juga harus memperhatikan kebutuhan karbohidrat. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah jagung, kentang, oathmeal, nasi merah dan sebagainya. Kunci utama dalam mengkonsumsi karbohidrat adalah dengan mengkombinasikan kedua jenis karbohidrat dengan tepat. Seperti contoh makan nasi putih sebelum fitnes, lalu setelah fitnes dilanjutkan makan buah alpukat.

Nah itu dia beberapa makanan dan pola makan yang tepat yangharus di konsumsi yang sedang latihan Fitnes atau Gym. Semoga bermanfaat ya. Semangat berolahraga semoga sukses dalam goal fitness nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *