Mau Jadi Vegan? Inilah Tips untuk Pemula

Mau Jadi Vegan? Inilah Tips untuk Pemula

Ekafarm.com – Vegan sebagai gaya hidup sudah tidak asing lagi. Menghindari produk hewani tidak hanya hemat karena harga sayuran relatif lebih murah, tetapi juga diklaim lebih sehat. Banyak orang melakukan diet vegan karena dinilai lebih praktis. Ada beberapa tips bagi pemula untuk melakukan diet vegan.

Bahaya GMO

Tips Jadi Vegan Untuk Pemula

1. Awali dengan niat

Jangan menunda-nunda untuk melakukan diet. Awali dengan niat hati, tanpa adanya niat pasti tidak akan berjalan. Beberapa orang memang masih ragu dan belum percaya diri, sehingga hanya berwacana terus untuk memulai diet ini. Padahal, semakin menunda tidak untuk melakukan diet vegan malah akan menyebabkan keraguan dalam melakukan diet. Oleh karena itu lebih baik langsung mempraktikkan diet ini.

2.Membiasakan tubuh mengonsumsi sayuran

Tubuh yang jarang mengonsumsi sayuran, pastinya akan sulit untuk memulai terbiasa memakan sayuran. Jadi apabila ingin menjadi vegan maka harus menyukai dan membiasakan mengonsumsi sayuran.

3.Melakukan secara bertahap

Ketika sudah berani untuk mengawali diet vegan maka langkah selanjutnya ialah melakukannya secara bertahap. Banyak orang hanya sukses dalam mengawalinya namun tidak dapat meneruskannya secara bertahap.

Makan Sehat Untuk Diabetes

4.Memulai dengan makanan yang sederhana

Agar menarik keinginan untuk melanjutkan diet vegan, maka dilakukan dengan makanan-makanan yang ringan, sederhana, mudah didapatkan dan mudah dibuat. Namun tetap memastikan menu makannya tidak hanya enak, tapi juga kaya akan karbohidrat, protein, dan serat untuk menunjang aktivitas.

5.Memperbanyak konsumsi protein nabati

Agar tubuh tidak kehilangan protein maka dapat mengganti protein hewani dengan protein nabati. Jangan khawatir apabila ingin menerapkan diet vegan, protein nabati banyak dijumpai di kacang-kacangan. Seperti tahu, tempe, biji matahari, buncis, kacang almond, kacang kedelai. Kandungan protein nabati pun sudah bisa mencukupi kebutuhan protein tubuh.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa

6.Tambahkan porsi makan

Ketika mulai transisi ke pola makan vegan, mungkin akan cepat merasa lapar. Hal ii normal, karena meskipun makanan nabati kaya akan berbagai nutrisi, kandungan kalorinya tetap rendah daripada produk pangan hewani, sehingga dapat menambahkan porsi setiap kali makan.  Meskipun menambah porsi makan, tenang saja jangan takut gemuk karena makanan nabati umumnya rendah lemak dan kalori.

7.Bergabung dengan komunitas vegan

Tips terakhir adalah bergabung dan berkumpul dengan sesama orang yang melakukan vegan, karena hal ini bisa menambah motivasi melakukan diet vegan. Lingkungan sekitar memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas dan gaya hidup.

Itu beberapa tips menjadi vegan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba….

Baca Juga: Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *