Rahasia Di Balik Mitos Beras Hitam

Rahasia Di Balik Mitos Beras Hitam

Rahasia Di Balik Mitos Beras Hitam

Rahasia Di Balik Mitos Beras Hitam –Dimanapun kita tinggal pasti terdapat sebuah mitos turun temurun yang dipercaya oleh generasi penerusnya. Terdapat banyak sekali mitos yang bertebaran dikalangan masyarakat tidak terkecuali mitos terhadap beras hitam. Bagi masyarakat cina, beras hitam dipercaya sebagai beras terlarang atau sering disebut forbidden rice. Karena mereka percaya pada zaman dulu, beras hitam hanya boleh dikonsumsi dari kalangan bangsawan kerajaan. Bagi rakyat biasa tidak perbolehkan untuk menikmatinya. Sedangkan di Indonesia sendiri terutama didaerah jawa, memiliki mitos mengenai beras hitam berupa kepercayaan bahwa beras hitam dulunya hanya boleh dikonsumsi oleh keluarga keraton dan ada juga anggapan yang mengatakan bahwa beras hitam merupakan beras yang digunakan sebagai pelengkap ritual tertentu.

Beras Hitam Organik Sehat

Dengan berbagai mitos yang ada tentu kita bisa tahu bahwa beras hitam merupakan beras yang sangat istimewa. Belakangan ini mulai terungkap bahwa salah satu rahasia dibalik mitos beras hitam adalah ternyata beras hitam memiliki keistimewaan berupa kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Banyak ilmuan yang menjelaskan bahwa manfaat beras hitam sangat banyak. Jika anda mengkonsumsi beras hitam sebanyak satu sendok makan, maka anda mendapatkan asupan antioksidan dan antiosianin yang jauh lebih banyak dari pada sesendok buah blueberry. Tidak hanya itu saja, beras hitam juga rendah gula, rendah indeks glikemik, tinggi akan serat serta vitamin E yang kompleks.

Apa Manfaat Beras Hitam?

Kandungan nutrisi berupa antioksidan pada beras hitam memiliki manfaat membunuh berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, jantung dan sebagainya. warna hitam pada beras hitam merupakan produksi aleuron dan endospermia yang menghasilkan antosianin dengan jumlah yang sangat banyak sehingga warnanya hitam.

Beras hitam diproses dangan cara digiling tanpa disosoh sampai habis, sampai kulit atau lapisan ari pemungkus butir beras tersisa. Hal tersebutlah yang menyebabkan warna hitam pada beras tidak hilang. 

Bagi kalangan seorang ahli, beras hitam dikenal dengan nama super FOOD. Hal tersebut mengindikasikan bahwa varian beras hitam merupakan yang terbaik diantara varian beras lainnya. Keistimewaan beras hitam membuatnya memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik di bandingkan beras putih. Kandungan nutrisi pada beras hitam paling banyak dihasilkan dari lapisan air kulit yang berwarna hitam. Nutrisi dalam beras hitam juga mampu membersihkan racun dalam tubuh, membantu dalam menyeimbangkan sistem organ maupun hormon serta menjaga ketahan tubuh.

Nah itu dia ternyata rahasia dibalik mitos beras hitam yang sering kita dengar. Keistimewaan pada beras hitam ternyata adalah karena khasiatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *