Beras Hitam Dalam Sejarah Pengobatan Cina

Beras Hitam Dalam Sejarah Pengobatan Cina

Manfaat beras hitam bagi kesehatan – Meskipun beras hitam terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi keberadaanya tidak sepopular varian beras lainnya seperti beras putih dan beras merah. Banyak orang terutama masyarakat Indonesia yang hanya mengenal beras putih sebagai bahan makanan pokok setiap harinya. Berawal dari situ, membuat seorang peneliti dari universitas sebelas maret melakukan penelitian lebih mendalam mengenai manfaat beras hitam, dari penelitan yang dilakukan tersebut terbukti bahwa beras hitam memiliki kandungan nutrisi atau gizi yang sangat banyak sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat beras hitam bagi kesehatan

Kandungan Nutrisi Beras Hitam

Salah satu kandungan nutrisinya antosianin yang berfungsi sebagai zat antioksidan serta antikolestrol. Di setiap 100 gr beras hitam, terdapat hingga 400 mg kandungan antosianin. Tentu hal tersebut membuktikan bahwa antosianin pada beras hitam lebih tinggi dari pada beras merah terlebih lagi beras putih.

Selain antosianin, beras hitam juga masih memiliki sejuta nutrisi lainya seperti zat besi yang berjumlah hingga 3x lipat dari beras putih. Selain itu terdapat beberapa kandungan lainnya seperti kadar gula yang rendah, tinggi serat, vitamin E dan lain sebagainya. 

Namun, jika anda ingin mengkonsumsi dan merasakan manfaat dari beras hitam. Anda bisa mendapatkannya di Eka Farm. Eka Farm menyediakan produk berupa beras hitam organik yang bisa anda jadikan alternatif makanan pengganti beras putih. Atau jika anda ingin membuat bubur atau sereal, anda bisa membeli produk dari Eka Farm yang berupa Tepung Beras Hitam Seral Black Fit. Meskipun telah dijadikan menjadi tepung, produk Tepung Beras Hitam Sereal Black Fit dari Eka Farm tetap memiliki manfaat yang sama seperti beras hitam, pasalnya tepung tersebut hanya bentuk halus dari beras hitam sehingga para konsumen lebih mudah dalam mengkonsumsinya.

Berikut beberapa manfaat dari tepung beras hitam sereal black fit :

  • Mencegah serta mengatasi penyakit kanker
  • Membantu proses penyembuhan penyakit diabetes
  • Mencegah terjadinya peradangan
  • Mencegah penuaan dini ada kulit dan menjadikannya lebih kenyat serta awet muda
  • Bagus untuk program diet
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Beras Hitam

Beras hitam berbeda dengan ketan hitam, bulir beras hitam lebih mengkilap dan berukuran lebih panjang dan langsing. Warna beras akan sedikit luntur dan berubah menjadi ungu setelah dimasak. Varietas beras hitam memiliki manfaat gizi yang lebih tinggi dibanding dengan beras merah dan beras cokelat, bahkan ketika keduanya digabungkan.  Beras ini kaya akan serat dan mengandung antioksidan, fitonutrien, phytochemical, vitamin E, protein, zat besi, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk hati, ginjal dan lambung. Kandungan anthocyanin dipercaya membantu mencegah risiko kanker, beras ini juga rendah gula dan memiliki nilai glikemik yang rendah.

Beras ini sangat dianjurkan bagi pasien penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi. Dalam catatan ahli, beras hitam memiliki sejarah budaya yang disebut-sebut beras Terlarang atau beras Kaisar. Karena olahan beras ini hanya disediakan untuk Kaisar di Cina kuno dan digunakan sebagai makanan upeti. Sejak masa itu sejarah beras hitam menjadi populer di daerah-daerah tertentu China, dan baru-baru ini permintaannya telah meningkat di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan antioksidan.

Warna bulir padi ditentukan oleh pigmen berwarna yang menumpuk atau spesis ini gagal mengumpulkannya, khususnya dalam kasus beras putih. Misalnya, Pro-Anthocyanidins yang dihasilkan butir padi dengan karakteristik warna merah tidak diproduksi dalam beras putih karena mutasi dalam gen mengendalikan Biosintesis Pro-anthocyanidin. Kemudian, warna beras dikenal karena pigmen Antosianin, tapi ilmuwan masih belum mengetahui asal usul karakteristik tanaman ini muncul dan berkembang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *