Khasiat Tepung Garut untuk Penderita Down Syndrom

Khasiat Tepung Garut untuk Penderita Down Syndrom

Khasiat tepung garut untuk penderita Down Syndrome. Down syndrome merupakan syndrome yang menyerang manusia sejak lahir. Penyebabnya adalah karena terjadinya kelainan genetik yang membuat ketidakseimbangan atau ketidakmerataan jumlah kromosom nomor 21, ketidakmeratan tersebut terjadi karena adanya kesalahan didalam proses pembelahan sel tubuh. Pada orang normal hanya memiliki kromosom 21 berjumlah 2 buah, sedangkan pada penderita down syndrome terdapat 3 buah.

Ketika seorang bayi menderita down syndrome, maka secara fisik maupun fungsi tubuh akan mengalami kelainan. Secara fisik, kita bisa mengenali seseorang mengalami down syndrome dari wajahnya yang mirip dengan ras mongol, leher yang besar dan jari tangan pendek. Ketika bayi, penderita down syndrome akan sangat sulit menelan ASI. Hal tersebut disebabkan karena rongga hidung yang kecil serta lidah yang terlalu besar.

Gangguan dalam metobolisme seperti saluran pencernaan, membuat penderita down syndrome harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya berbagai macam produk instan seperti bubur susu yang terbuat dari gandung juga tidak bisa dikonsumsi. Banyak terjadi, bahwa mengkonsumsi produk instan malah akan menyebabkan diare. 

Khasiat Tepung Garut Untuk Down Syndrome

Khasiat tepung garut Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dari LIPI, terdapat bahan makanan yang sangat cocok dikonsumsi penderita down syndrome salah satunya adalah tepung garut. Karena mudahnya tepung garut di cerna oleh tubuh, menjadi alasan kenapa tepung bisa dikonsumsi bagi penderita down syndrome. Menurut seorang Ir. Achmad Subagja dari LIPI menyebutkan bahwa tepung garut memiliki kualitas sebagai tepung komersial.

Khasiat tepung garut berdasarkan Komposisi gizi yang terdapat tepung garut sangatlah seimbang yaitu dalam 100 gr tepung garut, terdapat kalori sebanyak 355 kalori, 85.2 gr karbohidrat, 0.7 gr protein, 0.2 gr lemak serta  8 gr zat kapur. Tidak hanya itu saja, kandungan gizi lainnya seperti fosfor, thiamin, zat besi dan air juga terdapat pada tepung garut. Dengan gizi yang begitu banyak, tentu LIPI merekomendasikan tepung pati garut sebagai sumber makanan bagi seorang bayi yang memiliki gangguan sistem pencernaan seperti penderita down syndrome.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *