Tips berpuasa untuk penderita maag

Tips berpuasa untuk penderita maag

Ekafarm.com – Penderita maag tentunya sangat tidak bisa jauh-jauh dari kekosongan perut dong. Tapi kalau mau puasa gimana ya? Tenang saja, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para penderita maag saat menjalankan puasa. So, puasa tenang tanpa memikirkan rasa sakit di perut.

Read More : Gaya Hidup Sehat untuk Penderita Maag

Tips Puasa bagi Penderita Maag

1. Konsumsi makanan yang tepat

Kurma menjadi sumber gula, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh, terutama mencukupi kebutuhan nutrisi saat puasa. Kacang almond juga kaya akan protein dan serat yang baik pada penderita maag. Bisa juga memilih pisang sebagai sumber karbohidrat.

2. Tidak melupakan waktu sahur

Pada saat sahur merupakan awal waktu perut terisi oleh makanan dan minuman. Tidak melewatkan waktu sahur ini agar tetap menjaga lambung karena apabila menjalankan puasa dengan asam lambung naik akan membuat kerisauan sepanjang hari.

3. Tidak menunda-nunda waktu buka

Pasti saat waktu buka telah tiba banyak orang melewatkan untuk memakan makanan berat hanya cukup menyantap takjil saja rasanya sudah tercukupi. Namun tidak begitu ya, karena setelah tidak makan dan minum selama seharian mengakibatkan perut kosong harus segera diisi dengan makanan. Perut membutuhkan makanan untuk dicerna, sehingga asam lambung yang diproduksi bisa langsung digunakan untuk memecahkan makanan yang masuk.

4. Makan dalam porsi yang kecil

Setelah puasa seharian pasti rasanya saat berbuka puasa ingin menyerbu semua makanan yang ada. Rasa-rasanya ingin menyantap semua hidangan yang ada. Tapi, ini nggak baik buat penderita maag lho. Cara makan seorang yang mengalami penyakit maag ialah mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun sering adalah salah satu kunci untuk mencegah asam lambung naik. Meskipun merasa sangat lapar ketika waktu berbuka datang, usahakan untuk tidak terlalu makan banyak terlebih dahulu. Perut perlu waktu untuk mencerna makanannya. Apabila langsung makan dengan porsi banyak seperti ‘balas dendam’ setelah melakukan puasa sepanjang hari malah akan merangsang naiknya asam lambung. Begitu juga saat sahur jangan sampai makan dalam porsi yang berlebihan ya.

5. Tidak terburu-buru saat makan

Salah satu hal yang harus diingat bila menjalani puasa saat asam lambung naik adalah makan dengan pelan-pelan. Boleh saja lapar saat berbuka puasa, tapi jangan mengikuti nafsu untuk makan terlalu lahap tanpa dikunyah dengan baik. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar, malah akan memicu asam lambung meningkat. Oleh sebab itu, makanlah dengan perlahan, nikmati makanan yang telah dihidangkan. Sehingga tidak akan merasakan sakit akibat asam lambung naik.

Semoga bermanfaat dan puasanya lancar.

Makanan Untuk Penderita Maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *