Tips Menikmati Kopi Bagi Penderita Maag

Tips Menikmati Kopi Bagi Penderita Maag

Ekafarm.com – Penderita maag tapi pencita kopi, patinya sangat sulit meninggalkan kopi apalagi yang udah benar-benar jatuh cinta. Namun bagi penderita maag salah satu pantangannya ialah meminum kopi. Bagi para penikmat kopi tapi mempunyai penyakit maag pastinya suatu hal yang memberatkan untuk meninggalkan. Ada beberapa tips bagi penderita maag namun tetap ingin menikmati kopi.

Read More: Terapi Menyembuhkan Maag

Tips Menikmati Kopi Bagi Penderita Maag

1. Memilih kopi jenis Arabica

Kandungan kafein Kopi Arabica lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis kopi Robusta. Kadar kafein jenis Kopi Arabica ini setengah dari jenis Kopi Robusta. Jika dibandingkan dengan Kopi Arabica, Kopi Robusta ini lebih pahit. Dari kadar pahitnya inilah yang mencerminkan kandungan kafein Kopi Robusta lebih tinggi dibandingkan dengan Kopi Arabica. Kadar kafein yang rendah di Kopi Arabica ini menjadikan jenis kopi ini sebagai kopi yang paling cocok untuk dinikmati bagi penderita maag.

2. Memilih kopidari biji asli dan masih segar

Ini jugalah sebabnya mengapa rata-rata ahli kopi menyarankan untuk membeli kopi yang diolah dari biji kopi asli. Kopi segar memastikan tidak ada campuran lain yang tersisip ke dalam bubuk kopi. Dengan kata lain, kopi yang akan kita seduh dan nikmati adalah sebenar-benarnya kopi. Bukan minuman lain yang dicampurkan bubuk kopi.

3. Menyeduh kopi secara manual

Kopi-kopi yang diseduh manual, atau istilah kerennya manual brew, umumnya memakai filter untuk menyaring kopi. Filter ini menjadi semacam penyeleksi karakter-karakter baik dari kopi yang bukan hanya membuat karakter aslinya keluar, tapi juga menjadikannya lebih ringan karena proses ekstraksi yang rata-rata hanya sekitar 2-3 menit. Metode seduh manual ini lebih pas dikonsumsi dibandingkan dengan metode tubruk yang biasanya melibatkan proses perendaman cukup lama. Proses ekstraksi lama akan membuat karakter kopi keluar secara berlebihan sehingga tidak baik, bukan hanya untuk penderita maag.

4. Menghindari kopi yang dark roast

Cara penyangraian Kopi yang baik untuk penderita maag  dapat dilihat dari hasil kopi dan biji kopi yang   lama disangrai biasanya warnanya akan semakin hitam/dark. Kopi yang disangrai lama memang baik dan aromanya akan semakin keluar, karena semakin hitam proses sangrainya maka jumlah kafein yang ada di biji kopi tersebut akan semakin rendah. Namun di satu sisi yang terjadi  sebaliknya, jumlah senyawa dari Karbondioksida yang ada  meningkat drastis. Senyawa inilah yang sangat ditakutkan para penderita maag dalam mengkonsumsi kopi. Jadi semakin hitam kopi tersebut, semakin tidak baik untuk para penderita maag. Bagi penderita maag, sebaiknya mengkonsumsi kopi yang disangrai pada level medium.

Itulah beberapa tips cara menikmati kopi bagi para penderita maag. Selamat mencoba….

Read More : Gaya Hidup Penderita Maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *