Tips menjadi atlet profesional

Tips menjadi atlet profesional

Tips Menjadi Atlet Profesional – Adakah dari kalian yang sejak kecil suka melihat para atlet Indonesia maupun dari luar negeri yang sedang bertanding? Dari sekian atlet tersebut pastinya ada satu atau lebih yang Anda idolakan. Bahkan Anda juga sejak kecil mempunyai keinginan untuk menjadi seperti dia.

Jika Anda ingin menjadi atlet tentunya sangat bisa. Tapi apakah bisa Anda yakin apabila menjadi atlet akan bisa sehebat dan seprofesional idola Anda itu? Mengapa tidak, tentu bisa dong. Sebelum menjadi atlet mereka sama seperti kita, sama – sama manusia pada umumnya. Namun yang musti di perhatikan adalah mengetahui potensi diri Anda.

Akan tetapi Anda memang tidak bisa meniru persis kehebatan dan keprofesionalan para atlet tersebut. Hanya saja Anda bisa dan harus menemukan kehebatan dan potensi diri Anda sendiri. Lalu bagaimana caranya mengasah potesnsi diri agar menjadi atlet yang hebat dan profesional?

Yuk simak beberapa tips agar bisa jadi atlet profesional!

Tips Menjadi Atlet yang Hebat dan Profesional

Temukan potensi diri

Sebelum mengasah kemampuan tentunya Anda perlu mengetahui kemampuan Anda berada di bidang apa. Ini sangat penting karena mana mungkin Anda menekuni bidang yang Anda tidak sukai. Menemukan potensi diri gampang-gampang susah, tetapi menurut saya mudah Anda hanya perlu tahu memiliki kesukaan atau kecintaan di bidang apa dan itulah potensi diri Anda.

Berlatih dan terus berlatih

Berlatih dan terus berlatih agar kemampuan kita terus meningkat dan berguna untuk mengurangi bahkan menghilangkan kelemahan serta bisa cepat memahami apa yang sedang dilatih.

Kalau mau jadi atlet profesional itu enggak boleh manja. Alias latihan hanya kalau ada pelatih. Nganggur kalau enggak ada pelatih. Bahkan kalau tim enggak ada, Anda wajib latihan sendiri. Aplikasikan setiap pelajaran atau contoh latihan dari pelatih. Tubuh yang jarang digunakan untuk berlatih akan kehilangan daya tahan setahap demi setahap.

Di akui, menerapkan kiat sukses meniti karier atlet profesional memang enggak mudah. Bahkan setiap kali mau latihan harus berkali-kali berdebat dengan diri sendiri agar konsisten berlatih. Perlu beberapa menit untuk menumbangkan rasa malas. Walau enggak mudah, bukan berarti mustahil yakan?

Menciptakan Rekor Setiap Latihan

“Setiap hari latihan dengan tujuan lebih hebat dari sebelumnya dan yakin bisa melakukannya”. tanamkan di diri Anda prinsip tersebut. Ketangkasan tubuh dan refleksnya perlu dilatih setiap hari. Kalau enggak, dalam waktu sekejap bisa berubah menjadi sendi-sendi yang malas.

Setiap Anda latihan harus mempunyai target diakhir latihan perubahan apa yang musti di ciptakan. Dari situlah Anda akan terlatih mencapai atlet yang hebat karena mempunyai target – target baru yang akan menjadikan Anda melaju terus lebih hebat kedepannya.

Mengembangkan kemampuan

Senada dengan poin diatas mengembangkan kemampuan juga tidak kalah penting kita bisa melakukannya dengan  cara terus berlatih sehingga kemampuan kita bertambah dan terus bertambah, mengambangkan kemampuan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar hasial yang didapat maksimal.

Sering ikut turnamen atau lomba

Latihan dengan pertandingan nyata itu punya perbedaan yang amat besar. Bagi pemula, kerapkali harus dilanda demam panggung. Padahal itulah yang menghalangi kemampuanmu sendiri. Kalau sudah terbiasa ikut turnamen, kondisi demam panggung pun mudah diatasi. Aktiflah dalam setiap sesi latihan agar dipercaya pelatih untuk bertanding di kompetisi.

Mengetahui kelemahan diri sendiri

Ini sangat penting bagi atlet. Mengetahui kelemahan diri adalah hal yang mutlak karena kita bisa memperbaiki bahkan menutupi kelemahan tersebut sehingga kemampuan kita bertambah. Misalnya dalam bermain sepak bola tendangan kita mudah ditepis, setelah mengetahui kekurangan tersebut tentunya kita akan berlatih lebih giat untuk menghilangkannya dengan cara membelokkan tendangan atau menendang dengan lebih keras.

Jangan meremehkan lawan

Jangan meremehkan lawan selemah apapun lawan kita itu karena bisa-bisa lawan memberikan kejutan tak terduga bahkan akhirnya kita bisa kalah karena kita telah meremehkannnya sehingga kita tidak bermain dengan sungguh-sungguh dan akhirnya tidak mendapat hasil yang maksimal. Seperti kata-kata aburame shino “aku tidak akan meremahkan lawanku selemah apapun dia”.

Percaya Diri

Percaya diri sangat penting bagi atlet karena tanpa adanya percaya diri, atlet dengan kemampuan sehebat apaupun bisa kalah dengan atlet yang lebih percaya diri, karena tanpa percaya diri kemampuan yang sesungguhnya tidak akan muncul tapi jangan juga terlalu percaya diri dan membatasi kekuatan.

Dalam setiap pertandingan, usahakan selalu libatkan Tuhan dalam hatimu. Jangan sampai lepas satu inci pun dari-Nya. Kita enggak tahu apa yang terjadi selama pertandingan. Kita juga butuh itu agar hati bisa lega dan menerima kekalahan andaikata memang kalah. Dengan kiat sukses atlet profesional tersebut, saya harap kamu sungguh-sungguh saat menjalani.

Jadi intinya kita harus menemukan potensi kita, mengasah kemudian melatihnya dengan sungguh-sungguh niscaya kita akan bisa menjadi atlet yang hebat tentunya juga rendah hati.

Itulah beberapa tips yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat

Baca Juga: Tips pemilihan menu sehat untuk Atlet

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *