Yuk Kembali Menanam Umbi Garut

Yuk Kembali Menanam Umbi Garut

Biasanya memang begitu. Sesudah barang tak ada, kita baru heboh. Dulu, ketika stok garut melimpah di mana-mana, sepertinya the kings ini begitu disia-siakan. Baru setelah the kings, tak nampak, kita merasa kehilangan. Ya, umbi garut atau the kings, julukan sementara peneliti. Karena ternyata kandungan gizinya luar biasanya lengkap dan banyak, dibanding umbi-umbian lainnya, sepertti ubi jalar atau ubi kuning.

Setelah melalui banyak penelitian, disimpulkan umbi garut, layak dinobatkan menjadi the kings, di kelas umbi-umbian. Maka, bukan hal yang aneh jika kemudian banyak lembaga, terus mendorong dilakukannya budidaya umbi garut secara besar-besaran. Karena khasiatnya mantap, dan kandungan gizinya tinggi. Satu, kata, kalau demikian : Yuk kembali menanam umbu garut. 

Nutrisi Garut

Berikut ini merupakan beberapa nutrisi dan manfaat yang bisa kita peroleh jika kita mengkonsumsi Garut: Garut merupakan makanan yang mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Dalam setiap 100 gram umbi dapat mengandung beberapa jenis nutrisi diantaranya adalah Protein (4.2 g), lemak (0.4g) karbohidrat (13.4g), Kalsium (6 mg), Tembaga (0,12 mg), Besi (2.22 mg) Magnesium (25 mg), Mangan (0,17) mg, Fosfor (98 mg), Kalium (454 mg), Selenium (0,7mg), Sodium 26 mg, Seng (0,63 mg), Vitamin A (19 mcg), Vitamin C (1,9 mg), Vitamin B6 (0,27 mg), Riboflavin (0,06 mg), Thiamin (0,14 mg), Folat  (338 mcg) Niacin (1,69 mg), Serat (1,3 g) Air (80,75 g) dan Beta Karoten 11 mcg.

Sementara sebuah penelitian lain menyatakan, tepung Arrowroot atau  Tepung Garut mengandung energi sebesar 355 kilokalori, protein 0,7 gram, karbohidrat 85,2 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 22 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Tepungnya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tepung Garut, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Penjaga Kolesterol Dan Berat Badan

Kandungan nutrisi yang tinggi, dan khasiat yang luar biasa dari the kings ini, membuat banyak pakar tergerak untuk merekomendasi tepung the kings menjadi alternatif pengobatan untuk banyak gangguang kesehatan. Seperti kolesterol.

Kolsterol tinggi akan memicu beberapa jenis penyakit terutama yang berhubungan dengan jantung. Untuk menurunkan kolesterol, kita dapat memanfaatkan garut. Hal itu karena Garut dapat meningkatkan produksi empedu, sehingga dapat meningkatkan penyerapan kolesterol oleh kandung empedu karena kolesterol diperlukan untuk sintesis empedu. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi garut membantu dalam menurunkan kolesterol.

Ada yang menarik dari the kings. Karena ternyata the kings bisa diandalkan untuk menjaga berat badan. Menjaga berat badan tetap ideal merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Selain menjaga penampilan, menjaga berat badan juga diperlukan dalam menjaga kesehatan. Jika kita  memiliki berat badan yang berlebih, garut sebagai bahan konsumsi merupakan hal yang tepat bagi kita, karena garut merupakan makanan yang rendah kalori.

Untuk Ibu Hamil Dan Kulit

Garut juga baik dikonsumsi bagi wanita hamil. Yang menjadi alasan adalah karena the kings ini memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Dalam setiah 100 gram garut mengandung 338  mcg atau setara dengan 84% jumlah folat yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari. Folat merupakan komponen penting dalam sintesis DNA dan pembelahan sel. Mencukupi kebutuhan folat selama kehamilan dapat mencegah cacat tabung saraf dan cacat bawaan lainnya pada janin yang dikandungnya.

Pati Garut merupakan salah satu bahan sering digunakan dalam bedak dan pelembab. Hal itu bukan tanpa alasan, penggunaannya sebagai bahan kecantikan karena garut memiliki bahan aktif yang terbukti dapat melembabkan, melembutkan dan menjaga kehalusan kulit kita.

Mengkonsumsi garut juga baik dalam menjaga sistem penceranaan. Karena dapat membantu menenangkan gerakan usus pada orang yang menderita sindrom iritasi usus besar. Selain itu, juga efektif dalam mengatasi diare serta mengatasi mual dan menggantikan nutrisi yang hilang akibat diare dan muntah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *