4 Tips Diet ala Atlet

4 Tips Diet ala Atlet

4 Tips diet ala atlet – Menu diet oleh para atlet tentunya akan berbeda dari diet – diet pada umunya. Diet atlet lebih dominan dengan Seimbang Karbohidrat, Protein dan Lemak. Asupan itu berfungsi untuk memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pentingnya gizi pun harus diperhatikan sejak menjadi pemula sampai profesional, karena tingkat aktivitasnya sangat tinggi dengan tuntutan latihan olahraga yang kuat, pasti seorang atlet membutuhkan diet yang lebih tinggi kalori daripada orang biasa, yang jelas makanan mereka harus mengandung padat nutrisi.

Berikut simak menu – menu makanan diet atlet

Makan Pagi

Sarapan sangat penting dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali para atlet. Jika Anda melewatkan sarapan akan berdampak negatif terhadap konsentrasi mental. Di samping itu, saat mulai olahraga tubuh jadi lemas. Menurut Chris, menu sarapan atlet harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sangat ideal.

Mulailah dengan makan blueberry oatmeal, yang dibuat dengan menggunakan 1 cangkir oat gandum, 1 1/2 cangkir susu skim, 1/2 cangkir granola atau satu sendok protein whey, ditambah 2 sendok makan biji rami. Selain itu, siapkan satu porsi Greek yoghurt bebas lemak untuk tambahan protein.

Kalau mau menu yang lebih kenyang, atlet biasanya makan setangkap roti gandum dengan olesan selai kacang. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks, protein dan lemak yang lebih sehat.

Sebagai alternatif, ahli gizi juga merekomendasikan sarapan burrito, yang dibuat dengan campuran telur utuh, sayuran, ditambah olesan mayonese non-lemak atau saus salsa dalam tortilla gandum utuh.

Makan siang

Saat makan siang, kombinasikan campuran tiga makronutrien, dengan banyak buah dan sayuran. Penasihat nutrisi di Colorado State University itu merekomendasikan daging slice tanpa lemak, keju Swiss, selada dan tomat, kemudian letakkan di dalam roti gandum.

Makan sandwich itu supaya tambah bergizi bisa ditambahkan segelas susu skim atau jus apel segar. Makanan ini diklaim rendah kalori dan mengenyangkan. Biasanya bahkan sebelum bertanding, para atlet melahap 6 ons salmon, 3/4 cangkir beras merah, zucchini dan buah stroberi.

Makan malam

Jika selesai latihan di sore hari, para atlet biasanya tetap makan malam untuk mengembalikan energinya. Perbanyak asupan protein seukuran telapak tangan, dua porsi sayuran seukuran kepalan tangan, hingga dua genggam biji-bijian. Pedoman ini disarankan untuk pria, sementara wanita harus setengah porsi.

Contoh makanannya bisa berupa dada ayam, kacang hijau, brokoli, beras merah dan alpukat. Menu steak sirloin yang disajikan dengan kembang kol, asparagus, ubi jalar dan kacang mete juga jadi menu andalan para atlet.

Rahasia tips diet ala atlet

Jangan pernah melewatkan makan

Atlet membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari. Mereka pun makan secara teratur sesuai dengan jadwal dan tidak pernah melewatkan makan. Sebab ketika melewatkan makan, metabolisme tubuh jadi menurun. Kadar gula dalam darah juga turun, sehingga itu menyebabkan seseorang ingin makan berlebihan.

Rajin olahraga

Seperti saran diet pada umumnya, makan bergizi saja tidak cukup untuk membentuk tubuh ideal. Anda perlu olahraga secara rutin untuk meningkatkan metabolisme. Olahraga juga mempercepat pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Hindari makanan cepat saji

Beberapa orang yang sibuk pasti lebih memilih makanan cepat saji untuk dikonsumsi. Kebiasaan ini jelas menjadi penyebab berat badan berlebih. Kalau Anda tidak mau mengalaminya, biasakan diri memasak makanan sendiri di rumah. Pilih menu masakan yang cepat pengolahannya demi pola makan yang lebih sehat.

Kekuatan protein

Atlet butuh protein untuk memperbaiki dan membentuk otot yang rusak selama latihan. Demikian juga dengan tubuh Anda. Protein berguna untuk kesehatan tulang, otot, dan sel demi menunjang aktivitas sehari-hari. Namun Anda juga sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi protein. Konsultasikan dengan ahli diet agar tahu jumlah tepat asupan protein. Sebab usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lain mempengaruhi kadar protein yang harus dikonsumsi.

Itulah beberapa tips dan menu diet atlet yang musti Anda jalankan. Jangan berharap dengan instan Anda bisa mempunyai tubuh yang ideal dan otot yang bagus. Karena semua itu harus di imbangi juga dengan latihan yang super ketat. Selamat mencoba

Baca Juga:
Tips pemilihan menu sehat untuk Atlet
Tips menjadi atlet profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *