Tumpeng Beras Merah – Putih Special HUT RI-73

Tumpeng Beras Merah – Putih Special HUT RI-73

Menyiapkan pesta di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaaan Republik Indonesia Ke-73, yuk bikin sajian kreatif namun tetap sehat. Seperti tumpeng nasi merah – putih

Tumpeng nasi kuning, yang lazim tersaji pada Malam Tasyakuran HUT Kemerdekaan RI, tentu sudah biasa.

Nah, apa salahnya membuat sajian Tumpeng HUT Kemerdekaan RI, yang baru dan pasti akan lebih manfaat bagi semua warga. Yakni Tumpeng Nasi Merah – Putih, yang dibuat dari bahan beras merah dan beras putih organik, jenis menthik wangi susu.

Dengan Tumpeng Nasi Merah – Putih, yang terbuat dari beras merah dan beras putih organik, dipastikan semua warga bisa menikmati sajian tumpeng HUT Kemerdekaan RI.  Karena nasi beras merah selain baik untuk diet juga baik untuk para penderita diabetes, dan memiliki gangguan kesehatan lain seperti jantung, kolesterol, atau yang lagi takut obesitas.

Beras putih organik menthik wangi susu, selain teksturnya yang pulen tetapi juga menyehatkan. Karena beras organik jenis menthik wangi susu organik, bebas dari paparan kimia bebas mercuri, pestisida serta tidak mengandung kimia lain.

Maka beras putih ini, menjadi paduan yang sehat bagi semua warga saat Pesta Tirakatan HUT RI Kemerdekaan RI, juga akan membuat tampilan Tumpeng  Beras Merah – Putih akan lebih menarik.

Menurut Hasil Penelitian

Sebuah studi yang dilakukan selama enam minggu dan diterbitkan dalam “Nutrition Research” pada bulan Februari 2008 ini, membandingkan manfaat penurunan berat badan dari makanan pengganti nasi putih dengan makanan campuran beras merah dan hitam.

Peserta penelitian yang mengkonsumsi makanan campuran beras merah, kehilangan berat badan dan lemak tubuh lebih banyak, jika dibandingkan dengan partisipan yang mengkonsumsi hanya makanan pengganti nasi putih saja.

Kandungan glikemiks rendah pada nasi merah sangat baik bagi orang yang menjalankan program diet karena mengendalikan penyerapan kalori terlebih pada tubuh.

Bagi orang yang menjalankan program diet mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat tetaplah penting namun pilih yang memiliki kandungan serat seperti pada manfaat beras merah.

Serat yang terdapat pada beras merah berasal dari kulitnya karena beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan sehingga berbeda dengan beras putih biasa yang nutrisi lainnya ikut hilang karena penggilingan.

Zat apa yang dapat mencegah kanker dan terdapat pada beras merah ? Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat tumpeng nasi merah cukup baik untuk kesehatan, terutama bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, diabetes, dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat beras merah untuk diet yang ditempatkan sebagai pengganti manfaat nasi putih, dapat membantu menurunkan berat badan. Biji-bijan bergizi ini mengandung 110 kalori per porsi dan masing-masing 2 gram untuk protein dan serat.

Beras merah merupakan sumber yang baik dari magnesium, fosfor, tiamin, vitamin B-6 dan niacin dan juga menyediakan zat besi dan seng.

Mengapa beras merah baik untuk diet ? Beras merah memiliki karakteristik yang membuatnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan (healthyeating.sfgate.com, Is Brown Rice Good for You to Lose Weight?, diakses 04 Februari 2015)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *