Rekomendasi Menu Makanan Vegan Selama 7 Hari

Rekomendasi Menu Makanan Vegan Selama 7 Hari

Ekafarm.com – Ketika akan memulai menjadi vegan, pastinya bingung menu makan apa yang harus disiapkan. Apalagi menjadi vegan yang dahulunya sangat ketergantungan dengan makanan olahan dari hewani. Ini ada beberapa menu makan yang bisa dilakukan oleh seorang vegan selama satu minggu.

Menu Makanan Vegan Selama 7 Hari

  1. Menu vegan hari pertama
  • Makan Sarapan Pagi

Untuk menu sarapan hari pertama diet vegetarian adalah oatmeal dengan aneka buah dan kacang yang mengandung 297 kalori dalam setiap porsinya. Caranya menaburkan oatmeal dengan cincangan apel, cincangan kacang kenari dan kayu manis bubuk.

  • Makan Siang

Pada makan siang dapat mengonsumsi salad dengan kacang mete panggang.

  • Makan Malam

Hidangan makan malam harusnya yang mengandung rendah gula, rendah kalori, tinggi kalsium dan menambah daya imunitas, misalnya mozarella, basil dan zucchini Frittata.

Manfaat Keju Mozzarella

  1. Menu vegan hari kedua
  • Menu Sarapan Pagi

Untuk menu sarapan di hari kedua, dapat mengonsumsi 1 cup yogurt yang dicampur dengan blueberries segar dengan jumlah kalori sebanyak 264.

  • Menu Makan Siang

Menu makan siang bisa disiapkan dengan roti gandum berisi tomat keju panggang dengan sayuran.

  • Menu Makan Malam

Untuk makan malam dengan pasta bolognese dan kacang yang kaya akan serat.  Ini menu makan yang memiliki kandungan lemak yang sedikit dan sangat cocok untuk dijadikan menu makan malam diet vegan.

  1. Menu makan vegan hari ketiga

  • Sarapan pagi

Sarapan pagi dapat disiapkan dengan sup krim jagung yang dibuat dari sagu yang dicairkan, jagung manis pipilan, wortel yang dipotong menyerupai korek api, telur, jamur shitake yang direndam dan diiris tipis, dan sup krim jagung, serta seledri yang diiris tipis.

  • Makan Siang

Menu makan siang dapat berupa tahu chiffon yang ditambahkan telur, wortel iris dadu kecil, kacang polong beku, bawang merah. Dengan cara pengolahan tumis bawang merah sampai harum dan sisihkan. Campur tahu dengan kuning telur, wortel, kacang polong, garam dan bawang merah lalu campur rata dan tambahkan putih telur kemudian aduk rata kembali. Tuang dalam loyang bulat atau cupcakes yang sudah dioles dengan minyak zaitun dan panggang selama 45 menit, sajikan dengan saus tomat.

Manfaat Beras Merah Untuk Diet

  1. Menu makan vegan hari keempat.
  • Menu makan sarapan

Untuk melakukan diet vegan pada menu makan sarapan dapat disiapkan cheese and vegetable frittata. Cara memasaknya ialah tumis cabai, bawang dan garam sampai lunak selama 5 menit. Tambahkan zucchini, bayam dan basil lalu masak selama 3 menit, sisihkan. Kocok telur, parmesan dan lada dan tambahkan dengan keju kambing dan tuang ke dalam tumisan kemudian panggang selama 8 menit sampai kecoklatan dan siap untuk disantap.

  • Menu makan siang

Menu makan siang dapat disajikan berupa makanan gado-gado yang lengkap dengan sayurannya sehingga vitamin dan nutrisi dapat terpenuhi.

  • Menu makan malam

Menu makan malam dapat berupa BBQ Carrot Hotdogs yang terdiri dari wortel tentunya, kaldu syuran, cuka apel, kecap, bawah putih, roti hotdog gandum panggang.

Masalah Obesitas Pada Anak

  1. Menu makan vegan hari kelima

  • Menu makan sarapan

Roti gandum dan telur, cocok untuk diet vegan pada hari kelima yang dapat dikonsumsi dengan telur rebus, roti gandum dan buah pisang dicampurkan lalu dilengkapi dengan meminum teh hijau.

  • Menu makan siang

Untuk snack siang, kamu bisa mengkonsumsi labu parang rebus dan juga semangkuk kecil edamame sebagai  menu makan siang.

  • Menu makan malam

Menu makan malam dengan opor tahu tempe. Opor tidak harus selalu menggunakan bahan daging sebagai bahan utamanya, namun menu makan malam vegetarian dengan bahan utama tahu dan tempe ini juga sangat lezat untuk disantap. Siapkan 250 gram tempe yang dipotong-potong, 4 buah tahu putih besar potong sesuai selera, 4 sendok makan minyak sayur, 2 cm lengkuas dimemarkan, 2 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk, 2 batang serai, 250 ml santan kental dan 2 sendok makan bawang goreng. Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 4 bawang merah, 4 bawang putih, 3 kemiri, 1 sendok teh ketumbar, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica dan 1 sendok makan gula. Tumis bumbu halus bersama dengan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai sampai harum lalu tambahkan santan, tempe dan tahu kemudian masak sampai kuah mengental dan angkat, siapk untuk disantap.

  1. Menu makan vegan hari keenam
  • Menu makan sarapan

Banana oat bars, ini akan membantu dalam proses diet karena menyajikan sarapan dengan buah-buahan yang mudah diperoleh. Buah-buahan ini juga membantu agar tidak lemas dalam menjalani aktivitas.

  • Menu makan siang

Roll tahu yang dimasak dengan cara merendam kembang tahu dalam air hangat sampai lembu selama 4 menit. Iris tipis wortel, seledri dan jamur. Tumis sayuran secara bergantian selama 4 menit lalu tiriskan dan tambahkan lada serta garam. Isi kembang tahu dengan tumisan sayur kemudian gulung dan tutup kedua ujungnya memakai tusuk gigi kemudian goreng sampai kecoklatan dan siap untuk disantap.

  • Menu makan malam

Untuk hidangan pada malam hari dapat disajikan tempe atau tahu bacem dengan sedikit umbi-umbian.

  1. Menu makan vegan hari ketujuh

  • Menu makan sarapan

Menu sarapan dapat berupa roti panggang alpukat yang dibuat secara praktis.

  • Menu makan siang

Menu makan die vegan di hari ketujuh pada menu makan siang dapat disajikan nasi dan sayur asem. Dapat nasi maupun jagung yang mempunyai kalori sehingga tetap dapat menjalankan kegiatan aktivitas sehri-hari.

  • Menu makan malam

Untuk menutup makan di malam hari dapat menyantap makanan sate jamur sambal kecap.  Setelah tujuh hari bebas dari makan hewani maka dapat membuat sate dari jamur untuk memperbaiki nafsu makan.

Itu beberapa menu makan untuk diet vegan. Selamat mencoba, semoga lancar…

Baja Juga:

Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Manfaat dan Resiko Menjadi Vegan

Tips Pemula Menjadi Vegan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *