MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG CEPAT DAN AMPUH

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG CEPAT DAN AMPUH

Menu diet seminggu turun 10 kg yang patut kamu coba. Mempunyai penampilan menarik dengan berat badan yang ideal adalah dambaan hampir semua orang. Ada banyak cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan melakukan diet sehat nih. 

Banyak orang salah mengartikan bahwa diet hanya sekedar mengurangi porsi makan. Namun hal itu tidaklah tepat. Diet merupakan program pola makan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. Jika hanya makan sedikit tetapi kalori dan nutrisi yang masuk ke tubuh tidak seimbang maka akan menjadi percuma. Tujuan dari program diet itu sendiri tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama mengontrol berat badan. Karena berat badan berlebih atau obesitas tidak hanya akan mengganggu penampilanmu tetapi juga memicu munculnya penyakit. Seperti halnya penyakit diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit pencernaan dan lainnya.

Diet tidak boleh kamu lakukan secara sembarang, apalagi jika kamu lakukan secara ketat. Kenapa? Karena diet ketat dapat mengganggu metabolisme tubuh karena kamu paksa untuk bekerja lebih keras. Jika kamu sedang mengalami masalah berat badan maka menerapkan program menu diet seminggu turun 10 kg bisa jadi solusi yang tepat. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir. 

PILIHAN MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG

Diet yang sehat tidak hanya sebatas mengurangi jumlah asupan makanan ya sob. Kamu perlu mengatur jumlah kalori yang akan kamu konsumsi dan berapa kalori yang harus kamu bakar melalui aktivitas fisik. Hal tersebut dinamakan defisit kalori yaitu ketika kamu membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu makan dalam sehari.

Defisit kalori akan membantu kamu menurunkan berat badan sehingga diet akan berjalan sukses. Cara mengatur defisit kalori adalah dengan mengubah pola makan, ditambah dengan olahraga. Inilah mengapa kamu memerlukan menu diet yang tepat untuk membantu kamu menjaga pola makan. Salah satunya dengan menu diet seminggu turun 10 kg. 

Menu diet ini tidak perlu menggunakan bahan yang mahal dan mewah. kamu bisa kok menggunakan bahan makanan sederhana atau membelinya dengan mudah di pasar terdekat. Pilihan menu diet sehat ini mencakup sayuran, biji-bijian, buah-buahan, susu rendah lemak, dan protein seperti daging; telur, kacang-kacangan atau seafood. 

Perlu kamu ingat, di samping menu diet sehat cobalah untuk memperbanyak konsumsi air putih agar kamu tetap terhidrasi dan tidak mudah lapar. Kamu juga sebaiknya menghindari makanan yang digoreng, atau kamu bisa mengganti minyaknya dengan minyak zaitun yang merupakan lemak sehat. Selain itu hindari juga minum minuman manis seperti minuman kemasan  dan hindari juga junk food.

Sebelum melakukan diet, buatlah jadwal makan agar diet lebih terarah. Sebaiknya lakukan sarapan sebelum pukul 10 pagi untuk menghindari penumpukan lemak. Lalu makan siang sebelum pukul 2, dan makan malam maksimal 3 jam sebelum tidur atau maksimal pukul 8 malam. Di sela-sela waktu selain itu kamu dapat makan cemilan sehat seperti buah, yoghurt, kacang, chia pudding dan lainnya yang rendah kalori.

Baca Juga : Pentingnya Mengatur Jam Makan Untuk Diet

Berikut ini pedoman menu diet seminggu turun 10 kg yang bisa kamu ikuti mulai dari hari senin hingga minggu. 

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI SENIN

Pada hari pertama diet, tubuh masih dalam masa adaptasi dengan pola makan yang baru. Agar tubuh tidak kaget, cobalah untuk lebih banyak memakan buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi gizi harianmu. Lalu kamu bisa mengganti nasi dengan kentang. 

  • Menu sarapan : Banana oat milk. Kamu hanya membutuhkan oat, pisang, madu, air atau susu rendah lemak. 
  • Menu makan siang : bayam atau brokoli rebus, dada ayam panggang, dan kentang untuk sumber karbohidratnya.
  • Menu makan malam : Telur orak arik dengan tambahan sayuran wortel atau jagung rebus. 

Kamu tetap boleh mengkonsumsi camilan ya di selain waktu makan. 

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI SELASA

Masuk ke diet hari kedua, tambahkan buah-buahan yang memiliki rasa manis dalam daftar menu diet kamu. Jangan mengkonsumsi makanan asam agar sistem pencernaanmu aman. Konsumsilah buah dalam jumlah porsi yang wajar ya sob, secukupnya dan tidak berlebihan. Selain itu buah juga bisa kamu jadikan cemilan sehat. 

Berikut menu pada hari selasa:

  • Sarapan : roti gandum, 1 telur rebus, 1 cangkir kopi tanpa gula
  • Makan siang : 2 potong roti gandum, 2 ons daging sapi panggang/ dada ayam fillet panggang,  brokoli rebus, dan nasi merah
  • Makan malam : buah pepaya potong, Greek yoghurt, dan smoothies buah naga.

Baca Juga : KALORI NASI MERAH 100 GRAM DAN MANFAATNYA

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI RABU

Kombinasi buah dan sayur dapat kamu terapkan pada hari ketiga ini. Hal ini mampu membantu menurunkan berat badan hingga 10 kg. Harap hindari sayuran yang dimasak dengan minyak dan kurangi pemberian garam dan gula dalam sayuran.

  • Menu sarapan : roti gandum, buah pepaya, brokoli dan jagung rebus
  • Menu makan siang : cah sawi telur, tempe dan jagung rebus
  • Menu makan malam : telur orak-arik, tumis pakcoy, dan kentang rebus

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI KAMIS

Di hari keempat, kamu bisa makan sedikit lebih leluasa sesuai dengan makanan harian. kamu sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang dengan tambahan krim atau susu skim. Pilihan lainnya, kamu juga bisa mengkonsumsi yogurt atau susu. Pastikan kamu tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut.

  • Menu sarapan : roti gandum,telur dadar, dan buah pisang
  • Menu makan siang : sayur bening bayam dan jagung, lauk ayam dan nasi merah 
  • Menu makan malam : smoothies buah, bisa buah pisang atau buah naga.

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI JUMAT

Pada diet hari kelima tubuhmu akan mulai terbiasa dengan pola makan yang baru. Pada hari ini kamu boleh makan nasi 5 sendok untuk sarapan di pagi hari. Atau jika kamu enggan makan nasi, bisa kamu ganti dengan kentang atau ubi rebus. Tidak lupa tetap lengkapi menu sehat dengan buah dan banyak minum air ya. 

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI SABTU

pada hari sabtu atau hari kelima menu diet bisa lebih bervariasi. Kamu bisa tetap menerapkan menu diet hari jum’at. Namun, hindarilah cemilan dengan kadar gula tinggi dan berminyak, ganti dengan cemilan seperti yoghurt, buah-buahan segar. 

  • Menu sarapan : salad sayur atau ketoprak
  • Menu makan siang : kimbap 
  • Menu makan malam : salad buah

MENU DIET SEMINGGU TURUN 10 KG HARI MINGGU

Di hari terakhir kamu bisa makan kombinasi beberapa makanan dari hari sebelumnya. Misalnya, sayuran buah dan sedikit nasi. Ingat, lakukan diet secara bertahap dan secara konsisten ya sob. Hal ini agar membantu mengatur sistem pencernaan tubuh mu untuk beradaptasi dan tidak terlalu kaget.

Itulah beberapa menu diet seminggu turun 10 kg hari agar anda tetap kenyang dan terhindar dari potensi ngemil yang merusak diet. Semoga dengan rutin mengkonsumsi beberapa bahan di atas saat makan malam membuat agenda diet anda menjadi lancar. Selamat mencoba.

Jika masih ragu untuk memilih makanan yang cocok untuk diet, diskusikan dengan teman atau kerabat yang sudah pernah diet menggunakan salah satu jenis makanan tersebut. Akan kamu lebih yakin dan mendapatkan ilmu baru untuk proses menurunkan berat badan. Semoga artikel dapat membantu masalah kamu dan dan dapat bermanfaat untuk kedepannya. Jika kamu sedang diet dan mencari makanan yang masih bisa kamu konsumsi saat diet hubungi Minka atau Hubungi nomor 08112650296

Tinggalkan Balasan