NYERI HAID? COBA RESEP MINUMAN SIMPEL UNTUK MENGATASI MASALAH HAID

NYERI HAID? COBA RESEP MINUMAN SIMPEL UNTUK MENGATASI MASALAH HAID

Moms, pernah mengalami masalah nyeri haid, haid tidak lancar atau haid tidak teratur? Badan jadi pegal-pegal? Atau, nyeri saat haid bahkan hingga rasanya tak tertahankan sampai gulung-gulung di kasur? Pernah mengalami gejala-gejala seperti itu, Moms? Masalah haid ini juga dapat menyebabkan aktivitas terganggu.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan nyeri saat haid?

Mengutip dari lama alodoc, nyeri haid muncul sebagai reaksi dari gerakan dinding otot rahim yang menekan pembuluh darah di sekitarnya. Kondisi tersebut menghentikan pasokan oksigen ke rahim sehingga tubuh memproduksi hormon yang meningkatkan rasa sakit.

Lalu, bagaimana sih, cara mengurangi nyeri haid atau mengatasi masalah haid seperti haid telat, tidak teratur, atau sering haid telat? Memang banyak minuman instan pereda nyeri haid ataupun minuman kemasan yang mengklaim membantu memperlancar haid dengan cara meminumnya secara rutin setiap datang bulan/ haid. Namun, apakah minuman seperti itu sehat dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang? Bagaimana jika ada solusi yang lebih murah meriah dan terbukti sehat serta keamanannya. Mengutip resep dari dokter Zaidul Akbar, Eka Farm juga ingin berbagi resep minuman untuk memperlancar haid.

Bahan:

1 ruas jahe

2 jempol kunyit

1 batang serai (sereh)

Asam jawa secukupnya

Gula semut/ gula aren/ madu secukupnya

Air untuk menyeduh secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan dan cuci bersih empon-empon (jahe, kunyit, serai)

  2. Panaskan air hingga mendidih, lalu matikan kompor.

  3. Iris halus jahe, kunyit, dan serai.

  4. Masukkan irisan halus jahe, kunyit, dan serai ke dalam gelas, lalu tuangkan air mendidih.

  5. Diamkan campuran empon-empon dan air beberapa saat hingga hangat-hangat kuku.

  6. Tambahkan asam jawa dan pemanis sesuai selera

Mudah dan simpel kan, Moms? Bahan-bahannya pun mudah didapat di dapur maupun pasar serta sudah terkenal khasiatnya sebagai jamu. Empon-empon memang jadi toga (tanaman obat keluarga) yang kian nge-trend sejak virus Covid-19 muncul. Namun, selain itu, empon-empon tersebut juga menyimpan banyak manfaat, termasuk bagi wanita yang sedang haid. Bahan alami yang pasti sudah lumrah sebagai solusi nyeri haid atau mengatasi masalah haid tidak teratur yaitu kunyit. Di sisi lain, jahe, serai, dan gula semut/ gula aren pun menyumbang khasiat yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

  • Kunyit

Kunyit adalah jenis empon-empon yang sudah dikenal khasiatnya sejak zaman nenek moyang. Mulai dari khasiat untuk kesehatan organ dalam tubuh hingga khasiat untuk kecantikan kulit. Kunyit pun banyak dibuat sebagai jamu yang kita kenal kunir asam. Khasiat kunyit untuk meredakan nyeri saat haid pun sudah terkenal dan teruji.

Apa yang menyebabkan kunyit efektif dalam mengatasi nyeri saat haid?

Menurut National Center for Biotechnology Information, kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon seks wanita. Hormon tersebut berperan penting dalam siklus menstruasi, yakni hormon estrogen. Maka dari itu, kunyit dapat membantu mengatasi masalah saat wanita haid.

  • Jahe

Jahe terkenal sebagai empon-empon multifungsi. Banyak digunakan di berbagai industri pangan, dari permen jahe, wedang jahe, minuman sereal rasa jahe, serta masih banyak lagi yang lainnya. Sama seperti kunyit, jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang efektif mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, menemani kunyit, jahe dapat menjadi bahan alami yang membantu untuk mengatasi nyeri atau kram perut saat haid datang. Selain itu, saat kita meminum minuman yang mengandung jahe, tubuh kita, termasuk perut yang sedang nyeri saat haid pun jadi terasa hangat dan nyaman. Efek menenangkan jahe ini juga dapat membantu mood swing saat kita menyesap minumannya.

Namun, seperti kebanyakan hal yang jika berlebihan menjadi tidak baik, begitu pula dengan konsumsi jahe. Konsumsi jahe secara berlebihan berupa gangguan pencernaan, atau heartburn alias rasa perih di area dada dan perut. Selain itu, konsumsi jahe secara berlebihan juga dapat memicu efek pengencer darah.

  • Gula semut

Salah satu manfaat gula semut yang berkaitan dengan haid yaitu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Saat peredaran darah dalam tubuh kita lancar, maka pasokan kebutuhan organ dalam tubuh pun menjadi optimal. Fungsi gula semut ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat haid dan memperlancar darah saat haid.

Gimana, Moms, simpel dan mudah banget, kan resepnya? Bahan yang super tapi tidak neko-neko dalam resep minuman di atas patut dicoba dan diramu di dapur saat haid. Semoga resep minuman untuk membantu mengatasi masalah haid ini bermanfaat dan manjur ya, Moms. Jangan lupa didukung dengan gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan