Beras Merah dan Sejarah Cina

Beras Merah dan Sejarah Cina

Beras Merah Organik dari Eka Farm ini adalah beras merah yang pulen dan rasanya enak. Beras Pulen berarti ketika menjadi nasi merah rasanya empuk ketika dikunyah. Anda juga tidak perlu merendamnya dengan air sebelum ditanak. Lebih praktis dan mudah kan?

Di kalangan masyarakat, Beras Merah memang lebih terkenal dari pada Beras Hitam. Beras Merah sebelumnya lebih dikenal sebagai pakan burung oleh sebagian masyarakat. Namun, setelah penelitian dilakukan oleh para ilmuwan, ternyata Beras Merah mempunyai khasiat kesehatan yang lebih baik dari pada beras putih.

Manfaat Beras Merah

Manfaat beras merah yang paling dikenal adalah untuk diet pelangsingan maupun penggemukan, mengatasi kelebihan kolesterol, mencegah penyakit jantung, mengatasi maag dan menambah stamina tubuh serta masih banyak lagi. Hasil Penelitian manfaat beras merah Organik :

  • Manfaat Beras merah yaitu dapat membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.
  • Sangat baik untuk makanan pendamping ASI dan untuk mendukung aktifitas belajar anak.
  • Kandungan Mineral seperti Magnesium dan Seratnya baik untuk menu diet. Hal ini dilansir oleh jurnal American Diabetes Association dari penelitian tim Prof. Hiroyuki Masuzaki di Univesitas Ryukyu, Okinawa, Jepang, Senin 30 Juli 2012.
  • The Natural Medicines Comprehensive Database menyatakan bahwa Beras Merah mengandung Lovastatin alami yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (HDL) di dalam darah.
  • Experimental Biology annual conference pernah melakukan riset pada tanggal 24-28 April di Anaheim, California, AS. Hasil dari riset tersebut diketahui terdapat dua jenis beras beras yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung, yaitu beras merah dan setengah-giling.
  • Beras merah memiliki kandungan vitamin B yang tinggi yang bermanfaat mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan.
  • Beras merah mampu meningkatkan stamina, memperkuat tubuh, dan mengatasi cepat lelah.
  • Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.

Beras Merah Dalam Sejarah Cina

Dahulu kala, di China beras merah disebut sebagai beras terlarang (forbiden rice). Karena pada masa itu hanya keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya.

Tentu menjadi makin penasaran kan, kenapa beras merah dianggap sebagai barang terlarang di zaman itu. Karena beras merah memang mahal, dibanding beras lainnya. Kenapa? Cara budidaya beras merah lebih rumit dibanding beras lainnya, sehingga harganya mahal, dan stok tidak semelimpah beras putih. Itu sebabnya kemudian menjadi beras “priyayi” yang mahal dan terhormat. Karena memang kandungan nutrisinya sangat banyak dan luar biasa. Dan di zamannya dahulu kala, beras murah hanya ekslusif untuk para raja dan keluarganya.

Apa Itu Beras Merah?

Adalah jenis beras yang dihasilkan dari padi dipanen dan kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kadar airnya sampai mencapai minimal 14 % dan diproses pecah kulit saja atau masih tersisa kulit arinya. Beras merah memiliki rasa yang unik dan bergizi tinggi. Beras merah di lapangan kadang diartikan seperti gulma karena tumbuh berbeda  diantara  di pertanaman padi biasa pada umumnya.

Beras merah unggul mempunyai rasa yang komplek dan tekstur yang lembut serta warna merah yang indah. Beras merah juga tidak mengadung gluten dan membuatnya menjadi pengganti yang sangat baik untuk beras putih.

Beras merah mempunyai harga yang lebih tinggi di pasaran dikarenakan kualitas kandungan nutrisi dan pengolahan pasca panennya yang lebih berat dari proses menghasilkan beras putih. Di berbagai toko modern, beras merah banyak dikemas secara eksklusif untuk konsumennya. Dengan semakin banyakya masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan, penjualan beras merah diperkirakan akan terus meningkat sepanjang waktu.

Beras merah mempunyai aspek sosial budaya di berbagai negara, seringkali kita melihat beras merah sebagai salah satu komposisi di makanan tradisional seperti pecel, kemudian seringkali juga kita melihat beras merah ada di acara adat budaya, hal ini menandakan beras merah mempunyai sejarah yang panjang di negara ini.

Mengenal Beras Merah Lebih Dekat

Beras Merah dan Sejarah China- Beras sebagai sumber utama makanan bagi populasi setengah penduduk dunia maka membuat padi menjadi tanaman yang penting. Sekitar 50 negara di dunia menghasilkan beras setiap waktunya dengan China dan India menyuplai 50 persen kebutuhan dunia. Negara – negara Asia tenggara juga ikut andil mengambil bagian untuk mengisi kebutuhan beras dunia. Lebih dari 300 juta hektar tanah di Asia sudah dimanfaatkan untuk menanam padi.

Budidaya padi yang sekarang mulai marak di banyak negara sudah dimulai sejak 7000 tahun yang lalu. Dua varietas yang pertama kali dibudidayakan adalah beras asia (Oryza Sativa) dan beras afrika (Oryza glaberrrima) yang kemudian diadaptasikan di banyak negara berkultur pertanian seperti di Eropa (Spanyol, Italia, dan Prancis) dan negara – negara Amerika Selatan.

Terdapat lebih dari ratusan jenis beras di seluruh dunia dan diantaranya dikonsumsi sengaja dengan kulit arinya untuk mendapatkan gizi dan serat yang lebih banyak. Lapisan kulit ari beras merah diketahui mempunyai kandungan  95 % mineral yang terdiri atas zat besi, natrium, kalium, Zinc, mangan, dan lain – lain. Bagian dalam beras merah mengandung zat protein dan karbohidrat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *