Manfaat Beras merah

Manfaat Beras merah

Manfaat Beras merah- Selama ini nasi merah dianggap lebih baik karena lebih sedikit melewati proses pengolahan.

Karena prosesnya sedikit, beras merah mengandung lebih banyak nutrisi, serat, dan memiliki GI (Glycemic index) yang lebih rendah.

GI rendah sering dikaitkan dengan makanan yang aman untuk  penderita diabetes (diabetesi)

Inilah beberapa fakta yang perlu anda  ketahui tentang nasi merah;

  1. Manfaat beras merah mengandung lebih banyak nutrisi

Asal anda tahu, nasi putih di buat dengan pemurnian yang menghilangkan bagian kulit padi dan bubuk atau dedak di abdingkan denagn komposisi yang terkandung beras merah. Melalui proses ini, sebagian besar seratnya hilang , sedangkan nasi merah mengandung lebih dari 4 kali serat nasi putih.

Permurnian yang lebih sedikit pada beras merah juga menyebabkan masih banyak vitamin dan mineral penting lainnya yang tidak terbuang. Asal anda  tahu, nasi merah mengandung hampir 4 kali lebih banyak magnesium dan 2 kali lebih banyak mangan daripada nasi putih. Karena perbedaan kandungan serat, beras putih memiliki indeks glikemik lebih tinggi daripada beras merah (ini meningkatkan kadar gula darah lebih cepat).

Pola makan yang banyak makanan GI tinggi dapat menimbulkan risiko tingginya terhadap kadar gula darah dan energi. Selain itu, bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, dan kondisi kesehatan lainnya.

  • Beras merah mengandung asam fitat yang memiliki sifat protektif

Bagian kulit padi dari beras merah yang dikeluarkan untuk menghasilkan nasi putih mengandung senyawa yang disebut asam fitat. Asam fitat sayangnya dapat mengikat mineral, seperti seng, magnesium, dan kalsium, sehingga tidak terserap tubuh.

Beberapa orang berpendapat bahwa diet yang banyak mengonsumsi biji-bijian akan menyebabkan tingginya kadar asam fitat ini.

Inilah kenapa beberapa jenis diet mengeluarkan biji-bijian dari menunya, seperti diet paleo.

Akan tetapi, ahli lain menyarankan bahwa asam fitat memiliki sifat protektif terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Bagi kebanyakan orang sehat, bisa jadi efek negatif potensial dari asam fitat pada penyerapan mineral bisa terjadi.

Adapun manfaat beras merah untuk diabetes adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat Beras Merah- Sebagai Sumber Antioksidan

Kandungan manfaat antioksidan yang terdapat di dalam beras merah dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membuat Anda terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan Anda Mengalami berbagai macam penyakit yang berbahaya.

  1. Manfaat Beras Merah- Antosianin

Antioksidan yang terdapat di dalam beras merah salah satunya adalah antosianin. Antosianin merupakan pigmen merah yang terdapat pada lapisan kulit beras yang di mana antosianin tersebut dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes.

  1. Manfaat Beras Merah- Memiliki kandungan serat yang tinggi

Adanya kandungan serat yang tinggi yang terdapat di dalam beras merah dapat membantu anda untuk mengurangi resiko penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan serat yang tinggi tersebut menyebabkan beras merah diserap secara perlahan-lahan sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat.

  1. Manfaat Beras Merah- Mengontrol kadar gula darah

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa di dalam beras merah memiliki berbagai macam kandungan serat serta antioksidan yang tinggi sehingga mengkonsumsi beras merah dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah anda.

  1. Memiliki kandungan vitamin

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam beras merah membantu tubuh anda untuk terhindar dari berbagai macam komplikasi yang disebabkan karena anda mengalami penyakit diabetes. Kandungan vitamin yang ada pada beras merah memang sangat bermanfaat, seperti banyaknya manfaat vitamin lain yang juga perlu diketahui seperti manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E dan manfaat vitamin B6 untuk menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit atau bakteri sehingga tidak menyebabkan diabetes

  1. Memiliki kandungan mineral

Sehingga adanya kandungan vitamin dan mineral ini akan membantu anda untuk terhindar dari penyakit diabetes serta komplikasi dari penyakit diabetes.

Itulah beberapa manfaat beras merah untuk diabetes dilihat dari kandungan-kandungan yang terdapat di dalam beras merah. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *