MENGATASI RADANG TENGGOROKAN DENGAN VCO

MENGATASI RADANG TENGGOROKAN DENGAN VCO

Moms, sadarkah Anda cuaca akhir- akhir ini mulai tak menentu? Terkadang mendung atau hujan gerimis beberapa saat, tetapi siang hari matahari terik bersinar. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami musibah banjir, dari banjir biasa hingga banjir bandang. Badan Meteorologi dan Geofisika memprediksi bahwa sebagian besar wilayah di Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai bulan Oktober hingga November 2020.

Musim pancaroba atau pergantian antara musim kemarau dan musim hujan memang menjadi saat banyak orang rentan terkena penyakit, termasuk radang tenggorokan (sore throat). Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus. Selain itu, kebiasaan merokok (termasuk rokok elektrik atau vape), polusi udara, alergi, hingga refluks asam lambung juga dapat menyebabkan iritasi tenggorokan.

Mengutip dari Klik Dokter, berikut gejala- gejala radang tenggorokan:

  • sakit tenggorokan
  • nyeri saat menelan
  • demam
  • benjolan kecil kelenjar getah bening di leher
  • tenggorokan kering
  • bercak kemerahan di langit- langit mulut
  • pembesaran amandel

Jika Anda memiliki radang tenggorokan yang masih ringan atau jika Anda ingin mencegah sakit radang tenggorokan, salah satu cara alami dan aman yang patut dicoba adalah mengkonsumsi minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO).

VCO untuk membantu mengatasi radang tenggorokan

Sebagian besar penyusun VCO adalah asam laurat yang bersifat antimikroba, antiseptik, dan  anti-inflamasi. Kandungan MCT yang kemudian akan diubah menjadi asam lemak rantai sedang (MCFA), khususnya asam laurat, telah terbukti dapat membunuh bakteri dan virus. MCFA ini berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. MCFA akan melindungi tubuh dari inflamasi yang dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Salah satu cara membunuh mikroba termasuk bakteri dan virus yang berada dalam mulut yaitu dengan menggunakan VCO untuk berkumur. Metode ini disebut dengan oil pulling dan merupakan metode Ayurveda, atau metode pengobatan tertua dan sudah dipraktikkan sejak dahulu kala oleh masyarakat India.

Bagaimana cara melakukan oil pulling?

Cara melakukan oil pulling cukup mudah Moms. Tuangkan 1 sendok makan VCO dan pakai untuk berkumur. Berkumurlah dengan VCO sekitar 20 menit, tetapi jika rahang Anda sudah terasa sakit, cukup berkumur 5- 10 menit. Pastikan minyak sudah menyentuh seluruh area dalam mulut Anda. Kemudian, keluarkan minyak dari mulut. Tips tambahan, sebaiknya jangan semburkan minyak ke dalam wastafel atau saluran pipa karena minyak dapat menyumbat saluran pipa. Anda bisa membuang VCO yang telah dipakai untuk oil pulling ke dalam sampah basah atau ke handuk.

Setelah oil pulling, hindari makan dan minum selama 30 menit. Sebaiknya lakukan prosedur oil pulling pada pagi hari sebelum makan dan minum. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine mengungkapkan bahwa mekanisme oil pulling dapat menghasilkan antioksidan yang akan merusak dinding sel mikroorganisme dan membunuhnya.

Dr. Bruce Fife dalam bukunya, “Oil Pulling Therapy: Detoxifying and Healing the Body through Oral Cleansing” mengatakan bahwa metode terapi oral ini dapat mennyembulkan masalah sinus dengan membersihkan mukus yang menutupi tenggorokan. Bersama dengan oil pulling, toksin dalam mulut yang dapat membahayakan tubuh pun dapat diangkut keluar.

VCO untuk melawan penyebab radang tenggorokan

Anda juga dapat membantu mengatasi radang tenggorokan dengan mengkonsumsi VCO secara rutin, sekitar 2-3 sendok makan per hari. Kandungan asam lemak jenuh rantai sedang (MCFA) dan aktivitas antioksidan yang terkandung dalam VCO akan membantu meningkatkan kesehatan.

Selain rutin mengkonsumsi VCO, jangan lupa imbangi dengan makan makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian, istirahat yang cukup, dan kelola stres untuk memulihkan radang tenggorokan Anda. Yuk, Moms, sediakan VCO dalam kotak P3K di rumah ataupun stok dalam lemari dapur Anda.

Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat oil pulling dengan VCO untuk kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga manfaat VCO untuk kesehatan tubuh. VCO bersifat mudah diserap sehingga Anda pun dapat merasakan manfaat seperti mengkonsumsi VCO hanya dengan melakukan oil pulling secara rutin.

  • pembusukan gigi
  • mengatasi bau mulut
  • mengatasi gusi berdarah
  • memperkuat gusi dan rahang.

Menurut pengobatan tradisional Ayurveda, oil pulling akan membantu memberishkan keseluruhan sistem tubuh. Mengapa demikian? Kesehatan mulut berkaitan erat dengan ginjal, jantung, paru- paru- hati, perut, usus kecil dan besar, tulang belakang. Dengan demikian, oil pulling tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan oral, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

National Institute of Dental and Craniofacial Research mengungkapkan bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah refleksi sistem kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Gigi dan mulut yang bermasalah adalah sistem pemberitahuan awal gangguan kesehatan tubuh. So, yuk bersama jaga kesehatan gigi dan mulut Anda dan keluarga mulai dari sekarang. Anda bisa membeli VCO secara online di sini.

 

Tinggalkan Balasan