Wajib Tau, Doa Ketika Menerima Zakat

Wajib Tau, Doa Ketika Menerima Zakat

Ekafarm.com – Salah satu Rukum Islam adalah Zakat, yaitu jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Jenis Zakat terbagi menjadi dua yakni Zakat Fitrah dan Zakat Maal (harta).

Adapun beberapa golongan yang berhak menerima Zakat yaitu: 1) Fakir (orang yang tidak memiliki harta), 2) Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), 3) Riqab (hamba sahaya atau budak), 4) Gharim (orang yang memiliki banyak hutang), 5) Mualaf (orang yang baru masuk Islam), 6) Fisabilillah (pejuang di jalan Allah), 7) Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan), dan 8) Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Nah, bagi mereka-mereka yang berhak, ketika menerima zakat maal atau zakat fitrah dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah lafadz doa ketika menerima zakat lengkap bahasa arab, tulisan latin serta terjemahanhya.

Manfaat Membayar Zakat Fitrah

Bacaan Doa Ketika Menerima Zakat

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

“AAJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON”

Artinya :
“Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu”

Itulah bacaan doa ketika menerima zakat baik itu zakat fitrah maupun zakat maal yang dapat Anda panjatkan saat menerima zakat mall dan/atau zakat fitrah. Intinya, kita mendoakan kepada orang yang memberi zakat (mengeluarkan zakat) agar supaya apa yang sudah ia kerjakan (kewajiban zakat) diberi pahala, keberkahan serta diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Dalam doa tersebut ada beberapa makna yang sangat mendalam. Orang yang telah membayarkan zakat fitrah dan mal diberikan pahala yang besar. Demikian sebaliknya, mereka yang mampu berzakat namun tidak menunaikannya makan akan mendapat dosa. Orang tersebut telah lalai dari kewajibannya. Selain mendapatkan pahala dari Allah subhanahu wa ta’ala, orang yang membayar zakat mendapat doa yang mulia dari orang-orang yang menerima zakat. Persis sebagaimana makna doa yang kita bahas ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *