7 Makanan Khas yang Wajib Ada saat Nyepi

7 Makanan Khas yang Wajib Ada saat Nyepi

Berbeda dengan hari raya lainnya, Nyepi justru tidak ada acara yang besar. Perayaan besar hanya dilakukan sebelum dan setelahnya. Ada pun rangkaian acaranya seperti melasti, ogoh-ogoh, ritual yoga atau brata, ritual ngembak agni, dan sebagainya.

Namun, seperti halnya perayaan besar di Indonesia, tetap ada makanan yang biasanya wajib disajikan. Tak terbatas di Bali, inilah 7 makanan khas Nyepi di Indonesia.

1. Celorot

Tak hanya di Bali dan Lombok, makanan ini juga cukup terkenal di kawasan Jawa Tengah. Celorot berbahan dasar tepung beras dan gula merah. Rasanya manis dan teksturnya kenyal. Kue ini dibungkus menggunakan cetakan dari janur atau daun kelapa muda dengan bentuk kerucut.

2. Lawar

Sebagai salah satu makanan khas Bali, lawar menjadi makanan wajib saat Nyepi. Lawar merupakan masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata. Agar rasanya semakin lezat, beberapa orang menambahkan lawar dengan darah dari daging yang dia masak.

Selain daging, lawar biasanya juga dibuat menggunakan sayur nangka. Warnanya juga beragam tergantung bahan yang digunakan, seperti merah, putih, dan padamare.

3. Jaja apem

Kata “jaja” mempunyai makna “kue” dalam bahasa Lombok. Kue apem asal Bali ini mempunyai ciri khas tidak ada tambahan gula layaknya daerah lain.

Meski tidak semanis lainnya, kue apem Bali ditambahkan taburan kelapa parut dan gula merah cair. Tidak hanya saat Nyepi, jaja apem juga kerap hadir di setiap upacara adat di Bali.

4. Pulung Nyepi

Sesuai namanya, kue ini memang sering hadir saat perayaan Nyepi. Pulung Nyepi mirip seperti kolak biji salak yang disajikan tanpa kuah santan dan gula merah. Kue ini merupakan makanan khas Desa Sukasada yang berbahan dasar tepung beras dan kanji.

5. Entil

Layaknya Lebaran yang khas dengan ketupat, umat Hindu juga mempunyai entil. Bedanya, entil tidak dibungkus dengan daun pisang, melainkan menggunakan daun nyelep atau talengdi. Proses pembuatannya juga lebih lama daripada memasak ketupat.

Proses yang lama tersebut membuat entil terasa lebih lezat dan awet. Aroma dari daunnya juga sangat harum dan menggugah selera.

6. Nasi tepeng

Bukan ayam betutu, nasi tepeng lebih diharapkan sebagai hidangan berat saat Nyepi. Makanan ini disajikan dengan beberapa sayuran. Misalnya seperti kacang panjang, kacang merah, nangka mudah, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Biasanya nasi tepeng juga disajikan beralas pincuk daun pisang.

7. Ketongkol

Bentuknya sama dengan celorot, bedanya ketongkol dibungkus menggunakan daun pisang. Ketongkol biasanya disantap bersama lauk dan sayur, tak ketinggalan sambal matahnya. Dimakan tanpa tambahan tersebut pun rasanya sudah gurih, sedap, dan nikmat banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *