Ada Bintik Merah pada Wajah Bayi? Jangan Panik Bunda!

Ada Bintik Merah pada Wajah Bayi? Jangan Panik Bunda!

ekafarm.com – Bintik merah pada wajah bayi sering menjadi pertanyaan bagi para orang tua dan terkadang memunculkan kekhawatiran tersendiri. Berbagai penyebab dapat memicu terjadinya bintik merah pada wajah bayi.

Diharapkan dengan adanya artikel ini akan membantu para orang tua mendapatkan informasi lengkap mengenai terjadinya kondisi bintik kemerahan tersebut beserta penanganan tepatnya. Sehingga orang tua maupun pengasuh bayi akan terhindar dari kekhawatiran serta kecemasan yang berlebihan.

Penyebab Terjadinya Bintik Merah pada Wajah Bayi

Bercak merah pada wajah bayi disebut juga dermatitis atopik atau eczema dalam istilah medis. Muncul pada awal usia kelahiran bayi. Bercak kemerahan ini dapat terjadi tidak hanya pada area wajah, lebih sering terjadi pula pada lokasi persendian kaki dan tangan. Kondisi ini sering juga disebut kondisi eksim.
Selain faktor genetis atau keturunan yang menyebabkan terjadinya bintik merah yang disebut dengan dermatitis atopik terdapat berbagai faktor penyebab lain. Seperti halnya, masalah di kulit seperti kurangnya kelembapan yang juga menjadi penyebab bintik merah pada kulit wajah bayi. Hal ini terjadi akibat kurangnya produksi ceramids atau sel lemak pada kulit bayi, sehingga kulitnya kehilangan kelembapan alami dan mengering. Kemudian muncullah bintik merah pada area wajahnya.

Bagaimana Mengatasi Bintik Merah pada Wajah Bayi?

Beberapa cara mudah dapat Anda lakukan untuk mengatasi bintik merah pada wajah bayi. Berikut ini cara mengatasinya

1. Mandikan Bayi dengan Air Hangat.
Memandikan bayi dengan air hangat akan membantu membuka pori pori kulitnya. Melembabkan kulit wajah yang mengalami bintik kemerahan, sehingga rasa gatal akan berkurang.

2. Pilih Sabun Bayi yang Bebas Bahan Iritan.
Perhatikan sabun mandi maupun sabun cuci pakaian yang Anda pilih. Pilihlah bahan sabun hypoallergenic yakni mengandung sedikit iritan.

3. Pilih Pelembab Bayi dengan Bahan Tepat.
Pilihlah pelembab atau moisturizer khusus untuk bayi. Terdapat 3 jenis pelembab yang dapat Anda pilih untuk membantu melembabkan kulit bayi Anda yang berbintik merah. Baby oil, baby cream dan baby lotion.

4. Pilih Pakaian dengan Bahan Nyaman.
Berikan anak pakaian yang cenderung tipis dan menyerap keringat. Bahan katun kaos, bahan baby terry dan baby minky adalah bahan yang baik untuk kesehatan kulit bayi Anda.

5. Oleskan VCO (Virgin Coconut Oil)
Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan sehingga bintik merah akan lebih cepat sembuh sementara kandungan antibakterinya bisa mencegah bintik merah datang kembali.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *