Cara Diet Enak Ala Diet Vegan

Cara Diet Enak Ala Diet Vegan

Ekafarm.com –¬†Vegan, gaya hidup untuk tidak menggunakan bahan dari hewani. Vegan ini juga dikenal untuk melakukan diet sehat. Dikatakan menjadi salah satu jenis diet karena dengan melakukan vegan maka mengonsumsi sayuran dengan kandungan kalori yang rendah. Diet vegan umumnya menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk olahan dari hewan seperti susu, keju, telur, gelatin, madu, dan lain sebagainya yang berasal dari hewani.

Beberapa penelitian menunjukkan kaum vegan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori sehingga berat badan berkurang dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dengan jumlah lemak yang lebih sedikit.

Perbedaan Vegan dan Vegetarian 

Diet vegan ini dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian sehingga dalam melakukan aktivitas fisik masih bertenaga karena dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian akan menyumbang kalori pada tubuh. Ketika tubuh menerima kalori maka akan bertenaga dalam menjalankan segala aktivitas.

Diet Enak Ala Diet Vegan

Langkah yang dilakukan dalam melakukan diet vegan diantaranya pola makan vegan mencakup semua biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan serta jumlah yang tidak terbatas dalam menggabungkan semua produk makanan tersebut. Jika baru memutuskan untuk menjadi kaum vegan, beberapa orang bisa dengan mudah meninggalkan produk daging tapi ada pula yang harus berjuang untuk menghindari produk ini. Tidak ada cara yang benar dan salah dalam melakukan diet ini. Namun untuk langkah pertama mulailah secara perlahan-lahan mengurangi makan daging, telur dan susu. Nantinya tubuh akan terbiasa sendiri untuk tidak mengonsumsi makanan hewani.

Diet vegan ini dilakukan karena banyaknya alasan, diantaranya dengan melakukan diet vegan maka akan lebih rendah kalori. Makanan yang berasal dari tumbuhan mayoritas berasal dari air, sehingga tidak masalah ketika mengonsumsi dalam jumlah banyak. Alasan selanjutnya ialah lebih rendah lemak jenuh. Tanpa melakukan diet vegan, maka akan riskan untuk mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh yang terkandung dalam makanan dari hewani. Makanan tersebut dapat menyumbat arteri dan membuat kadar kolesterol naik. Alasan berikutnya ialah dengan melakukan diet vegan. Maka akan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan kaya nutrisi, makanan dari tumbuhan pada umumnya mengandung serat dan nutrisi terbanyak yang akan memenuhi sel-sel dalam tubuh.

Menu Makanan Diet Vegan

Menjadi vegan biasanya kekurangan banyak vitamin dan mineral yang berasal dari makanan hewani, seperti kalsium dan protein. Padahal, kalsium dan protein sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Ketidakcukupan asupan kalsium biasanya menjadi masalah pada banyak vegan.

Selain oleh kalsium dan protein, kesehatan tulang juga dipengaruhi oleh vitamin D, vitamin K, kalium, dan magnesium. Dimana zat-zat gizi ini dapat ditemukan pada kedelai, buah-buahan,dan sayuran. Sehingga, di lain sisi juga beranggapan bahwa diet vegan dapat memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Selama asupan kalsium dan vitamin D pada vegan terpenuhi dengan baik. Tampaknya kesehatan tulang tidak menjadi masalah bagi vegan karena dalam diet vegan terdapat faktor pendukung lain untuk kesehatan tulang. Vegan dapat memenuhi kebutuhan kalsiumnya dari daun kale, bokcoy, almond, kacang kedelai, dan sumber makanan lain yang telah difortifikasi kalsium.

Baca Juga:

Diet Untuk Ibu Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *