MANFAAT VCO UNTUK KOLESTEROL

 MANFAAT VCO UNTUK KOLESTEROL

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) sudah dikenal manfaatnya dalam berbagai aspek kecantikan, mulai dari untuk merawat kulit kering, melebatkan dan merawat kesehatan rambut, bulu mata, serta masih banyak lainnya. Di samping itu, VCO juga terkenal dengan sifatnya yang antimikroba, antifungi, dan juga antiinflamasi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Namun, tahukah Moms jika minyak multifungsi satu ini juga menyimpan manfaat untuk meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein/ HDL) dalam darah?  Banyak penelitian yang telah mendukung pernyataan bahwa mengkonsumsi VCO hingga batas tertentu secara rutin dapat memberikan efek baik terhadap metabolisme lemak dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada seseorang. Sejenak, mari kita singgung mengenai hubungan kadar kolesterol dalam tubuh dengan penyakit kardiovaskular.

Kolesterol dan penyakit kardiovaskular

Saat mendengar kata kolesterol, apa yang langsung terlintas dalam pikiran Anda? Mungkin sebagian besar akan mengidentikkan kolesterol dengan berbagai penyakit menyeramkan seperti penyakit jantung dan stroke. Sebenarnya, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, baik LDL maupun HDL dengan kadar yang berbeda. Kolesterol adalah bahan dasar pembentukan hormon testosteron, progesteron, dan estrogen serta membantu pencernaan lemak. Akan tetapi, jika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas aman, maka bukan tidak mungkin potensi untuk menderita berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung pun meningkat.

Data dari WHO menyebutkan bahwa tingkat mortalitas akibat penyakit kardiovaskular di negara berkembang sejak 1990 hingga 2020 pada diperkirakan meningkat hingga 137% pada pria dan 120% pada wanita. Penyakit kardiovaskular dikontrol oleh beberapa faktor yaitu tingkat kolesterol total, trigliserida, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol baik (HDL). Disinilah peranan VCO dalam tubuh mulai nampak, yaitu untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah sehingga risiko penyakit kardiovaskular pun menurun.

Manfaat VCO untuk kolesterol

1. VCO untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL)

VCO mengandung berbagai asam lemak esensial bagi tubuh, diantaranya asam laurat, asam palmitik, asam caprylic, dan asam capric. Asam laurat memiliki kadar terbanyak penyusun VCO, yaitu sebesar hampir 50%. Asam lemak (fatty acid) yang menyusun VCO didominasi oleh asam lemak rantai pendek (medium chain fatty acid/ MCFA). Perbandingan MCFA: LCFA (long chain fatty acid) dalam VCO yaitu 3:1.

2. Asam lemak rantai sedang (MCFA) dalam VCO membantu meningkatkan HDL

VCO mampu meningkatkan metabolisme tubuh (efek termogenik), meningkatkan respon kenyang, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. MCFA dapat diproses lebih cepat oleh tubuh daripada asam lemak lain (asam lemak rantai panjang/ LCFA) sehingga mampu meningkatkan metabolisme lemak serta mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

MCFA adalah molekul lemak yang mudah terbakar karena diubah menjadi energi oleh tubuh, bersaing dengan glukosa. MCFA akan langsung menuju hati dari saluran pencernaan kemudian diubah menjadi energi dengan cepat. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan MCFA lebih cepat hancur dan diserap usus, bahkan tanpa bantuan katalisator enzim lipase pankreas. MCFA tidak akan masuk ke dalam siklus pembentukan kolesterol dan tidak akan mengendap menjadi lemak dalam tubuh.

Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Sam Ratulangi tentang manfaat VCO untuk kesehatan kardiovaskular menunjukkan dampak positif konsumsi rutin VCO terhadap peningkatan kolesterol baik. Penelitian melibatkan 39 mahasiswa pria berusia 19-20 tahun dan selama 15 hari mengkonsumsi VCO, 2 kali sehari, sebelum makan pagi dan makan malam. Setelah 15 hari, kadar HDL dalam darah meningkat hingga 10,45%.

Setiap peningkatan kadar HDL sebesar 1 mg/dL dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 2-3%. Walaupun kadar trigliserida, kolesterol total, kolesterol low density lipoprotein (LDL-C) rendah, risiko penyakit kardiovaskular tetap tinggi bila kadar kolesterol HDL juga rendah.

3. VCO menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah

Pada beberapa studi, VCO membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular akibat kolesterol tinggi dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hasil penelitian ditunjukkan pada sampel wanita yang rutin mengkonsumsi VCO.

4. VCO mengandung omega 6 dan omega 3

VCO mengandung asam lemak esensial berupa asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3) dalam jumlah yang sedikit. Omega 3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL dalam darah sehingga mampu membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penting diingat dan dicatat jika ingin mengkonsumsi VCO rutin

Meskipun VCO mengandung berbagai nutrisi dan manfaat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin, tetapi pembatasan konsumsinya perlu diperhatikan. Mengapa? Karena VCO mengandung lebih dari 90% lemak jenuh. Walaupun lemak jenuh tersebut adalah lemak jenuh MCFA, tetapi tentu saja jika asupannya berlebih akan berdampak buruk bagi tubuh. Anjuran lembaga kesehatan yaitu untuk membatasi konsumsi lemak jenuh dalam rentang 5-6% dari kebutuhan harian.

Batasi asupan VCO hanya 20-30 mL per hari. Jika Anda baru memulai mengkonsumsi VCO, jangan langsung konsumsi rutin dalam volume banyak. Anda bisa memulai dari 2 kali sehari mengkonsumsi VCO atau mencampurnya dalam berbagai resep makanan dan minuman. Setelah itu, perhatikan efeknya pada tubuh Anda. VCO dapat memberikan efek laksatif seperti diare pada beberapa orang.

Jadi, Moms, konsumsi rutin VCO dapat membawa manfaat baik untuk kolesterol dalam tubuh. Akan tetapi, tentu saja, ingat untuk selalu membatasi jumlah asupan VCO harian untuk menjaga manfaat baik dari minyak satu ini. Pastikan juga keamanan dan kemurnian VCO yang Anda konsumsi. Eka Farm menyediakan VCO yang sudah terjamin kualitas dan kemurniannya untuk keluarga Anda. Yuk, pesan sekarang.

Tinggalkan Balasan