Nasi Hitam Untuk Diet

Nasi Hitam Untuk Diet

Nasi Hitam Untuk Diet – Menurut cerita tradisional di negara Tiongkok, beras hitam dahulunya hanya dijadikan makanan kalangan kerajaan. Namun, kini beras hitam tidak lagi menjadi beras “terlarang”. Sekarang beras hitam dapat dikonsumsi siapa saja dan mulai populer karena manfaat kesehatannya yang besar.

Nasi Hitam Untuk Diet

Salah satu manfaat beras hitam adalah menjadi makanan diet Anda. Diet yang sehat tentunya membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Jika sebelumnya Anda tidak memperhatikan beras hitam saat berbelanja, ada baiknya mulai saat ini Anda memasukkan beras hitam sebagai makanan diet. Nasi hitam tidak hanya membentuk tubuh Anda lebih ideal, tetapi juga menyehakan tubuh Anda.

Apa Kandungan Gizi dalam Nasi Hitam?

Nasi hitam yang Anda konsumsi ternyata menyimpan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Warna kehitaman dalam nasi hitam sendiri menunjukkan apabila nasi hitam kaya akan antioksidan. Beras hitam juga mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral. Beberapa mineral nasi hitam diantaranya potasium, selenium, zat seng, zat fosfor, kalsium, magnesium dan mangan. Sedangkan kandungan vitaminnya terdiri dari vitamin B1, B3, B9 dan vitamin E.

Mengapa Nasi Hitam Baik untuk Diet?

  1. Nasi hitam adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Setiap ½ cangkir nasi hitam mengandung sekitar 2 sampai 3 gram serat. Fungsi serat antara lain membantu mengeluarkan sisa kotoran dan toksin dari sistem pencernaan sehingga pencernaan Anda tetap sehat. Nasi hitam menghindarkan Anda dari susah buang air besar, wasir dan diare. Serat beras hitam juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dari biasanya dan mencegah Anda mengonsumsi banyak makanan.
  2. Nasi hitam mengandung senyawa fitonutrien dari antosianin yang bernama C3G (Cyanidin-3-glucoside). Senyawa ini berperan dalam mengontrol berat badan Anda. C3G bertugas untuk menimbulkan efek mengenyangkan dari nasi hitam yang Anda makan. Tubuh Anda akan mendapatkan sinyal jika Anda sudah kenyang dan tidak lagi lapar. Selain itu, penelitian di Jepang juga mengungkapkan bahwa C3G juga membantu membakar lemak di dalam tubuh. Sehingga tubuh Anda sehat dan ideal.
  3. Nasi hitam juga mengandung indeks glikemik yang rendah yaitu di angka 42,3. Kadar glikemik nasi hitam merupakan kadar glikemik yang paling rendah diantara nasi-nasi lainnya. Indeks glikemik yang rendah tersebut bermanfaat menjaga kestabilan gula darah Anda. Anda tidak hanya terhindar dari penyakit diabetes, tetapi juga tidak mudah merasa lapar. Efeknya berat badan Anda lebih terjaga dan Anda tidak mengalami kegemukan.

Bagaimana Mengonsumsi Nasi Hitam untuk Diet?

  1. Awalilah pagi Anda dengan meminum segelas air hangat. Pilihan yang lebih baik sebenarnya adalah air lemon hangat. Air lemon berguna mengeluarkan racun (detoksifikasi) dan mengganti cairan tubuh Anda.
  2. Sarapan pagi dengan menu yang lebih ringan tetapi mengenyangkan yaitu buah-buahan segar. Pilihlah buah-buahan aneka warna dan makanlah di pagi hari.
  3. Makan siang dengan nasi hitam, sayur, ayam, tahu atau tempe. Hal ini membantu Anda mendapatkan energi untuk beraktivitas sampai petang.
  4. Saat lapar di sore hari, jangan konsumsi cemilan tidak sehat. Makanlah cemilan-cemilan yang menyehatkan dan bagus untuk diet. Contohnya adalah buah-buahan, roti gandum utuh, biskuit gandum utuh rendah gula.
  5. Makan malamlah kembali dengan menu yang terdiri dari nasi hitam, sayur dan aneka lauk. Ketika jam makan malam, Anda dapat memilih lauk yang rendah lemak seperti ikan, tahu, tempe, terong dan sebagainya. Jangan lupa untuk minum air yang cukup saat diet.

Nah, demikianlah artikel nasi hitam untuk diet. Yuk, diet sehat dengan nasi hitam!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *