Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kesehatan

Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kesehatan

ekafarm.com – Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya. Diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Penyulingan minyak kelapa tersebut berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Virgin Coconut Oil (VCO) adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah. Berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Berikut ini beberapa manfaat virgin coconut oil untuk kesehatan :

Meningkatkan kekebalan tubuh

Di dalam tubuh manusia asam laurat diubah menjadi monolaurin. Seperti kebanyakan monoasilgliserol lainnya, monolaurin dapat digunakan sebagai emulsifier non ionik dalam industri pangan dan farmasetikal karena memiliki aktivitas antimikroba yang cukup tinggi. Ia memiliki kemampuan untuk membunuh berbagai patogen host berbahaya dalam tubuh, sehingga merupakan cara yang efektif untuk membantu mengobati atau mencegah infeksi, virus, gangguan pencernaan dan penyakit kronis.

Kesehatan kardiovaskular

Walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi menemukan bahwa memakan virgin coconut oil dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung. Para peneliti menemukan, kaum Polinesia yang memiliki pola makan sangat tinggi akan minyak kelapa memiliki kolesterol yang rendah. Dan rendahnya kasus serangan jantung dibandingkan dengan orang-orang lainnya di New Zealand yang tidak banyak mengkonsumsi minyak kelapa.

Mengobati jerawat

Sifat bakterisida kuat asam laurat dapat digunakan secara efektif dan alami mengobati jerawat. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam laurat bekerja sebagai metode pengobatan antibiotik terhadap bakteri Propionibacterium yang menyebabkan jerawat pada kulit. Dan manfaat ini datang tanpa efek samping seperti kemerahan, pembengkakan, mengupas dan kekeringan.

Untuk memperoleh khasiat tersebut, virgin coconut oil dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng atau dioleskan langsung sebagai obat jerawat.

Baca Juga:

VCO mampu mengatasi bibir pecah-pecah

VCO membantu merawat bekas jahitan agar cepat kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *