Sembuh dari sakit maag dengan jeruk nipis

Sembuh dari sakit maag dengan jeruk nipis

Ekafarm.com – Ada berbagai macam pengobatan yang dialkukan untuk menyembuhkan sakit maag. Baik itu dimulai dari penanganan sendiri maupun berbagai obat yang disarankan oleh dokter. Bahkan apabila sakit maag telah mengalami kronis dapat dilakukan operasi. Namun ada cara yang mudah, simpel dan murah tentunya dalam pengobatan sakit maag, yaitu menggunakan jeruk nipis.

Sakit Maag? Apa Penyebabnya?

Terapi Maag dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah-buahan yang tidak asing lagi di dengar oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Jeruk nipis sendiri mempunyai segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya manfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis digunakan sebagai salah satu obat untuk sakit maag karena selain mudah dicari jeruk nipis harganya relatif lebih murah.

Menurut Moraes TM serta rekan-rekan dari Department of Physiology Sao Paulo State University, Brasil, temukan bahwa sari jeruk nipis memiliki kandungan zat yang merangsang kelenjar di permukaan dinding lambung untuk menghasilkan lendir.

Lendir itu membuat perlindungan dinding lambung dari rusaknya disebabkan gesekan. Hasil penelitian mereka tunjukkan 99% tikus yang dirangsang dengan etanol absolut serta obat nonsteroid NSAID tak alami rusaknya lambung karena pemberian sari jeruk nipis.

Beberapa orang berfikir bahwa jeruk nipis dapat menimbulkan bahaya apabila dikonsumsi oleh orang yang menderita maag. Zat asam yang terkandung di dalam jeruk nipis menjadi alasan mengapa jeruk nipis dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Padahal, meskipun memiliki rasa yang asam, dan beberapa orang yang menderita penyakit maag menghindari mengkonsumi jeruk nipis, ketika masuk di dalam lambung akan menjadi alkali. Jeruk nipis membantu menetralkan dan menyeimbangkan asam yang ada di dalam lambung.

Bahkan di Amerika, banyak ahli pengobatan yang menjadikan jeruk nipis sebagai komplementer pengobatan lambung. Penelitian di Brazil menyebutkan bahwa jeruk nipis memiliki zat perangsang produksi lendir pada permukaan lambung. Penelitian ini terbukti bahwa beberapa tikus percobaan yang diuji mengkonsumsi jeruk nipis, tidak mengalami kerusakan pada lambung. Dari hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa, lendir yang dihasilkan dari rangsangan yang ditimbulkan oleh air jeruk nipis membentuk perlindungan pada dinding lambung. Sehingga dapat menjadi menghindari kerusakan yang disebabkan karena adanya gesekan pada lambung.

Zat antioksidan yang terdapat dalam jeruk nipis juga dapat membentuk perlindungan yang berfungsi untuk melindungi jaringan tubuh yang rusak. Sehingga manfaat jeruk nipis untuk sakit maag ini juga dapat menyembuhkan dinding lambung yang mengalami kerusakan. Hanya saja, bagi penderita maag akut akan mengalami rasa yang melilit pada lambung.

Read More: Bahaya Maag dan Tanda-tanda nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *