Tips Memasak Nasi Tidak Mudah Basi

Tips Memasak Nasi Tidak Mudah Basi

Ekafarm.com – Beras yang kita ketahui adalah makanan pokok di Indonesia, Makanan yang kaya akan karbohidrat ini biasanya dikonsumsi selama tiga kali dalam sehari, baik itu ketika sarapan, makan siang atau makan malam dalam berbagai macam bentuk olahan tertentu. Sebelum dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai macam olahan nasi, tentunya nasi yang awalnya berbentuk beras harus dimasak terlebih dahulu.

Tentu sudah jadi ahlinya bagi Ibu-ibu dan ahli masak Indonesia untuk memasak nasi dengan enak dan pulen. Namun ada satu tips yang ingin saya sharing disini mengenai memasak nasi agar tidak cepat basi.

Seiring dengan berkembangnya zaman, ada banyak alat elektronik yang memudahkan segala aktivitas sehari-hari kita. Apalagi, sebagian besar dari kita sangat tidak suka dengan sesuatu yang membuat ribet dan membuang-buang waktu. Jika zaman dulu, memasak nasi atau sayur harus menyalakan kompor dan memasak nasi di dandang. Kali ini, memasak nasi dan sayur bisa dilakukan dengan sangat mudah yakni menggunakan rice cooker. Pakai rice cooker, nasi pun akan semakin cepat matang dan nggak ribet sama sekali.

Tapi, sayangnya nasi yang dimasak di rice cooker akan lebih mudah basi, berwarna kuning atau bahkan teksturnya jadi kering dan keras. Lantas, bagaimana dong agar nasi yang dimasak di rice cooker dan dihangatkan di sana tak mudah basi, kuning atau kering? Buat kamu yang ingin memiliki nasi tetap enak, putih dan teksturnya tak kering saat dimasak di rice cooker

Tips Membuat Nasi Tidak Cepat Basi:

  1. Cuci Beras Hingga Bersih, Usahakan untuk mencuci beras hingga bersih sebelum memasak. Mencuci beras hingga bersih tak hanya akan membuat nasi menjadi bersih dan putih. Lebih jauh, hal ini juga memungkinkan nasi yang dihasilkan akan semakin enak dan ia pun tak mudah basi serta kering.
  2. Jumlah air, Anda pastinya sudah mahfum bahwa jenis beras yang ada di pasaran berbeda-beda. Ada jenis beras yang membutuhkan banyak air untuk membuatnya matang, sebab ia menyerap air. Ada pula jenis beras yang tak butuh banyak air saat dimasak. Nah, untuk mengetahui mengenai jumlah air yang dibutuhkan untuk jenis beras Anda, maka eksperimenkan sendiri dengan alat masak Anda, ya. Atau tanyakan pada penjual mengenai hal tersebut
  3. Beras merah atau beras putih, Nah, ini juga membutuhkan jumlah takaran air yang berbeda. Beras merah biasanya butuh lebih banyak air ketimbang beras putih untuk membuatnya matang.
  4. Diamkan 5-10 menit, Usai rice cooker menunjukkan tanda matang, jangan terburu-buru mengangkat nasi dari dalamnya. Diamkan dengan kondisi tertutup rapat hingga 5-10 menit agar matangnya sempurna. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsinya seperti biasa. Beri Jeruk Nipis, Iya, Jeruk Nipis akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang menyebabkan nasi lekas basi. Jadi, beri perasan jeruk nipis sedikit di permukaan nasi yang baru matang. Memberi sedikit garam juga boleh dilakukan, untuk menambah rasa gurihnya.
  5. Beri Jeruk Nipis, Iya, Jeruk Nipis akan menghambat pertumbuhan bakteri pembusuk yang menyebabkan nasi lekas basi. Jadi, beri perasan jeruk nipis sedikit di permukaan nasi yang baru matang. Memberi sedikit garam juga boleh dilakukan, untuk menambah rasa gurihnya.

Gimana, tips yang sangat mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat ya

Baca Juga : Tips Menyimpan Beras Agar Tak Berkutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *