Ampuh, Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Ampuh, Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

ekafarm.com – Cara mengatasi susah buang air besar dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ataupun mengurangi kebiasaan buruk yang menyebabkan terjadinya sembelit. Susah buang air besar sendiri menjadi kondisi yang sangat tidak menyenangkan dimana penderitanya mengalami rasa sakit pada bagian perut hingga kehilangan nafsu makan karena makanan yang terdapat pada saluran pencernaan belum dapat dikeluarkan dalam bentuk feses.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar secara Alami

Sekedar informasi, susah buang air besar dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kurangnya mengonsumsi makanan berserat, stress, kurang asupan cairan, hingga terjadi masalah pada tiroid. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa cara mengatasi susah buang air besar yang dapat Anda lakukan:

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Serat merupakan zat yang terdapat dalam makanan-makanan seperti buah dan sayur. Senyawa ini memiliki sifat mengikat air. Apabila Anda mengonsumsi makanan kaya serat secara teratur, dapat dipastikan masalah susah buang air besar tidak akan Anda alami.

Air Putih

Asupan air yang cukup setiap hari dapat membantu tubuh untuk menjalankan proses pencernaan. Selain itu, kandungan mineral yang terdapat pada air putih juga dapat membuang sisa metabolisme tubuh serta menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan konsumsi.

Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang rendah serat namun memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. makanan cepat saji juga memiliki risiko yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan cepat saji demi kesehatan Anda sendiri.

Mengonsumsi Kopi dan Air Setelah Bangun Tidur

Minumlah air putih ataupun kopi beberapa saat setelah bangun tidur. Hal ini akan memunculkan sensasi nyaman pada sistem pencernaan tubuh yang nantinya merangsang usus untuk mengeluarkan makanan yang telah berubah menjadi feses.

Konsumsi Tepung Garut

Pati Garut Organik

Kandungan serat halusnya menjaga kesehatan tubuh Anda termasuk sistem pencernaan. Serat pati garut organik melawan penyakit diare dan sembelit. Fungsi serat ialah melancarkan pencernaan, mencegah susah buang air besar dan diare. Toko Eka Fram menyediakan Tepung Garut organik, apabila membutuhkan silahkan kunjungi www.ekafarm.com

Baca Juga: Menangani sakit maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *