9 Merk Beras Merah yang Bagus Untuk Dikonsumsi

9 Merk Beras Merah yang Bagus Untuk Dikonsumsi

Beras merah memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, selain kaya akan serat beras merah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagaimana cara mendapatkan beras merah di Indonesia? Apa sajakah merk beras merah yang bagus untuk dikonsumsi? Berikut kami berikan ulasan mengenai manfaat dan beberapa merk beras merah yang bagus dan mudah untuk didapatkan di Indonesia.

Selain beras putih, beras merah merupakan varian makanan sumber karbohidrat kaya nutrisi. Meskipun sama-sama beras, beras merah memiliki genetik yang berbeda dengan beras putih. Dalam prosesnya, beras merah biasanya hanya ditumbuk untuk menghilangkan sekamnya, tanpa menggunakan mesin. Hal ini dilakukan untuk mengurangi hilangnya nutrisi yang ada pada beras merah.

Warna merah pada beras merah merupakan zat warna alami antosianin yang bersifat antioksidan, anti kanker, dan anti hipertensi. Selain keunggulan tersebut, beras merah mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut daftar 9 merk beras merah yang bagus untuk dikonsumsi

Di Indonesia terdapat beberapa merk beras merah yang bagus dan mudah untuk didapatkan. Berikut kami rangkum dari beberapa sumber, merk-merk beras merah yang bagus dan memiliki kualitas yang baik.

  1. Beras merah cap orang sehat.

    Beras merah cap orang sehat dihargai mulai dari Rp 26.000 – Rp 28.000 per kg dan Rp 45.000 s.d Rp 55.000 dengan kemasan 2kg. Beras merah cap orang sehat diproses secara modern dengan kemasan yang menarik. Merk beras yang satu ini dapat dipesan secara online melalui marketplace atau toko online kesayangan Anda ataupun di agen-agen yang sudah ditunjuk.

  2. Beras merah Gasol.

    Produk beras merah Gasol yang banyak ditemui adalah produk makanan pendamping ASI (MP-ASI) berbentuk tepung. Namun beras merah bulir juga disediakan dalam merk ini. Harga beras merah Gasol mulai dari Rp 23.000 s.d Rp 30.000 kemasan 1kg.

  3. Beras merah Jagapati.

    Beras merah Jagapati cocok untuk stok rumahan, karena tersedia dalam kemasan 5kg nan. Beras Jagapati telah teruji oleh Badan Kesehatan dan Pangan Indonesia. Dengan harga Rp 125.000 s.d Rp 200.000, beras Jagapati dapat dipesan secara online di toko online kesayangan anda.

  4. Beras merah Jatiluwih.

    Jatiluwih terkenal sebagai sebuah desa sebagai obyek wisata di Bali. Beras merah Jatiluwih dijual dengan harga Rp 25.000 s.d Rp 39.000 per kg yang bisa didapatkan di toko-toko online kesayangan anda.

  5. Beras merah Ekafarm.

    Beras merah merk Ekafarm memiliki keunggulan, bahwa produk yang dijualnya berkualitas organik. Kualitas beras merah Ekafarm dibuktikan dengan kemasannya yang di vakum, sehingga menjaga higienisnya. Dengan harga mulai Rp 36.000 s.d Rp 40.000 per kg, beras ekafarm dapat dipesan di toko-toko online kesayangan anda, atau di webnya langsung ekafarm.com.

  6. Beras merah Nasa.

    Terdapat dua macam beras merah dari brand Nusa, yaitu beras merah sosoh yang cara memasaknya sama dengan beras biasa, dan beras merah pecah kulit yang harus direndam terlebih dahulu. Harga beras merah Nasa pun bervariasi mengingat banyaknya agen, mulai dari Rp 30.000 s.d Rp 100.000 per kg.

  7. Beras merah Lingkar Organik.

    Beras merah lingkar Organik mempunyai bulir yang panjang dan besar, sehingga membutuhkan banyak air dalam memasak agar menjadi pulen. Harga beras merah Lingkar Organik berkisar antara Rp 24.000 s.d Rp 70.000 per kg nya.

  8. Beras merah cap Hotel.

    Beras merah merek Hotel memiliki kualitas yang premium karena diolah dengan mesin modern dan higienis. Dengan kemasan 2kg, harga beras merah cap hotel berada pada kisaran Rp 59.000 s.d Rp 99.000.

  9. Beras merah Pure Green.

    Anda bisa mendapatkan beras merah Pure Green di Lazada dengan harga Rp 37.000 – Rp 70.000/1 kg.

Demikian beberapa merk beras merah yang bagus di Indonesia yang bisa didapatkan di toko-toko online kesayangan Anda, atau dengan menghubungi agen-agen yang sudah ditunjuk pada setiap merk. Harga yang disebutkan diatas bisa berubah-ubah setiap waktu.

Cara memilih beras merah

Warna mempengaruhi kualitas beras merah

Biasanya pada beras merah akan didapati 2 varian warna, yaitu merah gelap,dan merah terang. Hal ini terjadi karena perbedaan selama proses penggilingan beras. Beras merah yang hanya mengalami satu kali penggilingan akan berwarna lebih gelap ketimbang beras merah terang yang sudah diproses dua kali penggilingan. Tentu saja beras merah gelap memiliki nutrisi yang lebih banyak daripada beras merah terang.

Bentuk dan tekstur beras merah

Beras merah yang berkualitas memiliki tekstur yang keras dan tidak mudah hancur. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara menekan pada bulir-bulir beras, jika beras merah hancur maka menandakan beras merah tersebut diragukan kualitasnya.

Pilih beras merah asli

Beras palsu secara umum terlihat ketika direndam pada air, beras palsu akan banyak mangambang dipermukaan air karena biasanya mengandung plastik. Hal tersebut juga berlaku pada beras merah, jika direndam ke dalam air, banyak beras merah yang mengambang, patut dipertanyakan keasliannya.
Hal kedua yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian beras merah adalah dengan membakarnya atau dipanaskan. Jika beras menjadi lengket dan menyambung satu sama lain, bisa dipastikan bahwa beras tersebut palsu.

Nutrisi dan keunggulan dalam beras merah

Beras merah memiliki banyak nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori sedangkan beras putih memiliki 242 kalori. Beras merah memiliki 4,5 gram protein, sedangkan beras putih memiliki 4,4 gram protein.

Beras merah memiliki 1,8 gram lemak, sedangkan beras putih hanya 0,4 gram. Selanjutnya, beras merah memiliki 3,5 gram serat dan 45,8 gram karbohidrat. Sedangkan beras putih hanya memiliki 0,6 gram serat dan 53,2 gram karbohidrat. Nilai gizi lain dalam beras merah antara lain zat besi, vitamin B kompleks, vitamin A, omega 3, omega 6, dan fosfor.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *